6 Aplikasi Edukasi Menyenangkan untuk Mengisi Liburan Sekolah

Waktu liburan sekolah biasanya merupakan momen bagi para siswa untuk bersantai sejenak. Mereka bisa berlibur dan melakukan kegiatan yang mereka sukai setelah sebelumnya menjalani rutinitas sekolah sehari-hari.

Namun ketika liburan sekolah, bukan berarti para siswa terus-terusan bersantai sepanjang waktu. Para siswa juga perlu terus belajar dan meningkatkan keterampilan meskipun pada waktu liburan sekolah.

Realitanya saat liburan sekolah, para siswa enggan untuk belajar. Mereka lebih memilih menghabiskan waktu liburan sekolah untuk bersantai tanpa memikirkan pelajaran di sekolah.

Padahal untuk mengisi waktu pada masa liburan sekolah, saat ini sudah banyak terdapat berbagai aplikasi edukasi yang dapat membantu para siswa memanfaatkan waktu libur sekolah. Dengan aplikasi-aplikasi tersebut, para siswa juga bisa belajar dengan menyenangkan.

Aplikasi edukasi untuk mengisi waktu liburan sekolah

Berikut ini merupakan aplikasi-aplikasi edukasi yang bisa para siswa manfaatkan untuk mengisi waktu liburan sekolah.

1. Duolingo

Aplikasi Duolingo merupakan sebuah aplikasi yang dirancang untuk mempelajari bahasa asing dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Ketika menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat memilih bahasa asing yang ingin mereka pelajari. Mereka bisa mengikuti materi pelajaran sesuai dengan tingkat kemampuannya.

2. Skillshare

Pada aplikasi Skillshare akan menyediakan kelas online yang berfokus pada keterampilan kreatif, seperti desain grafis, fotografi, seni digital, penulisan, dan lain sebagainya. Dari aplikasi ini, pengguna bisa belajar dari para profesional di bidangnya serta bisa mengembangkan keterampilan baru.

3. Khan Academy

Khan Academy ini menyediakan ribuan video pembelajaran yang mencakup berbagai mata pelajaran, mulai dari matematika, sejarah, ilmu pengetahuan, hingga seni dan musik. Dengan berbagai video tersebut, siswa bisa belajar secara mandiri dan mengukur perkembangan mereka melalui tes dan tugas.

Artikel Terkait  Social Anxiety Disorder: Gejala Sosial yang Perlu Ditangani

4. TED

Aplikasi TED juga menyediakan berbagai video inspiratif dari berbagai bidang, termasuk teknologi, ilmu pengetahuan, seni, dan motivasi. Dengan menonton video inspiratif tersebut, siswa bisa mendapatkan inspirasi serta wawasan baru.

5. SoloLearn

Bagi siswa yang tertarik untuk mempelajari pemrograman, aplikasi SoloLearn ini sangat cocok. Dalam aplikasi ini, siswa akan mempelajari pemrograman melalui pelajaran interaktif.

Para siswa dapat belajar bahasa pemrograman seperti Python, Java, HTML, dan masih banyak lagi. Selain itu, para siswa juga dapat berlatih dengan tantangan kode dan berinteraksi dengan komunitas pemrograman.

6. Photomath

Bagi siswa yang suka dan ingin meningkatkan kemampuan matematika, aplikasi Photomath ini bisa membantu. Pada aplikasi ini, pengguna akan bisa memindai soal matematika dan langsung mendapatkan jawabannya beserta langkah-langkah penyelesaiannya hanya dengan kamera ponsel.

Itulah beberapa aplikasi edukasi yang bisa digunakan untuk mengisi waktu liburan sekolah. Selain bisa mengisi waktu dengan bermanfaat, aplikasi-aplikasi tersebut bisa membantu belajar dan menambah pengetahuan dengan lebih menyenangkan.

Aplikasi-aplikasi di atas juga bisa membantu mengembangkan keterampilan baru, serta meningkatkan pemahaman dalam berbagai hal.

Para siswa juga bisa lebih tertarik belajar melalui aplikasi edukasi karena bisa belajar melalui ponsel. Karena saat ini belajar bisa dari mana saja dan tidak harus selalu dari buku.

Apabila waktu liburan sekolah sedang melakukan perjalanan wisata ke luar kota bersama keluarga pun siswa masih tetap bisa menambah pengetahuan melalui aplikasi-aplikasi edukasi di atas.

Harapannya dengan aplikasi edukasi tersebut, para siswa lebih bersemangat dalam belajar. Dengan begitu ketika kembali masuk sekolah mereka akan lebih siap untuk menerima materi baru dari guru, karena telah mendapatkan banyak pengetahuan baru dari aplikasi edukasi. ***


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar