7 Tips Menjaga Kesehatan Mental di Era Digital

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tetap harus menjaga kesehatan. Selain menjaga kesehatan fisik, kita juga harus menjaga kesehatan mental apalagi di era digital saat ini. Simak tips menjaga kesehatan mental di era digital berikut.

Dengan menjaga kesehatan mental, maka kita juga akan menjaga kehidupan kita untuk lebih baik dan bahagia. Di era digital saat ini, teknologi memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari.

Hadirnya teknologi dalam kehidupan sehari-hari selain memberikan banyak manfaat apabila penggunaannya berlebihan justru tidak baik. Penggunaan teknologi yang berlebihan justru bisa berdampak negatif pada kesehatan mental.

Tips menjaga kesehatan mental di era digital

Untuk bisa menjaga kesehatan mental di era digital saat ini, beberapa tips berikut bisa Anda lakukan.

1. Batasi waktu penggunaan teknologi

Terlalu banyak menggunakan teknologi tentunya tidak baik bagi kesehatan mental, maka sebaiknya batasi waktu penggunaan teknologi. Hal ini termasuk mengurangi penggunaan media sosial, menonton televisi, bermain game online, dan lain sebagainya.

Gunakan waktu tersebut untuk melakukan aktivitas lain seperti berolahraga, bersosialisasi dengan keluarga dan teman, atau melakukan hobi. 

2. Jadwalkan waktu tanpa gadget

Saat ini gadget menjadi salah satu barang yang selalu dibawa dimanapun kita berada. Sehingga secara tidak langsung kita merasa terikat dengan gadget sepanjang waktu.

Agar bisa menjaga keseimbangan dan kesehatan mental yang baik, sebaiknya sediakan waktu saat kita tidak tergantung pada gadget. Buat jadwal kapan kita tidak menggunakan gadget seperti ketika sebelum tidur, saat makan bersama keluarga, dll. Batasi waktu penggunaan teknologi di malam hari, dan cobalah untuk tidak menggunakan perangkat elektronik selama 30-60 menit sebelum tidur.

3. Istirahat yang cukup

Saat menggunakan teknologi secara berlebihan, bisa menyebabkan waktu istirahat terganggu. Padahal ketika kurang istirahat dan kurang tidur dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik kita. Maka pastikan untuk istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatan mental dan fisik kita.

Artikel Terkait  Manfaat Diet Mayo yang Perlu Kamu Ketahui!

4. Jaga privasi online

Saat ini banyak orang yang ketika menggunakan media sosial tidak menjaga privasinya. Mereka menunjukkan kegiatan apapun yang mereka lakukan di media sosial.

Padahal jika terlalu banyak privasi kita yang terbuka di media sosial atau dunia digital, bisa meningkatkan tingkat kecemasan, ketidakamanan dan tekanan sosial. Untuk menghindari hal tersebut, jagalah privasi online Anda.

5. Bangun hubungan yang sehat dengan orang lain

Manusia merupakan makhluk sosial yang tentunya butuh berinteraksi dengan orang lain. Selain berinteraksi melalui gadget seperti video call atau chat, sebaiknya tetap usahakan untuk bisa bertemu secara langsung apabila memungkinkan.

6. Ikut terlibat dalam kegiatan di luar ruangan

Saat fokus dengan penggunaan teknologi, biasanya membuat kita terisolasi dari dunia luar. Maka cobalah untuk ikut terlibat dalam kegiatan di luar ruangan seperti olahraga, mengunjungi tempat wisata, atau hanya sekedar jalan-jalan. Kegiatan di luar ruangan ini bisa membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati.

7. Jangan segan meminta bantuan

Ketika segala sesuatu terasa begitu berat atau banyak, berbicara dengan orang terdekat dapat membantu kita dalam menghadapinya. Dengan meminta bantuan kepada orang lain, kita dapat memperoleh perspektif baru yang mengubah cara kita memandang dan merasakan suatu situasi yang sulit menjadi hal yang bisa kita hadapi dan selesaikan.

Demikianlah beberapa tips menjaga kesehatan mental di era digital saat ini. Karena menjaga kesehatan sangatlah penting. BIjaklah dalam menggunakan teknologi digital yang ada di sekitar kita saat ini. ***

Tinggalkan komentar