Cara Menjaga Kesehatan Kuku

Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang dikatakan sebagai sumber penyakit apabila tidak dirawat dengan baik. Pasalnya kuku yang panjang dan kotor menjadi tempat terbaik bagi kuman penyebab penyakit. Kriteria kuku yang sehat yaitu kuat, memiliki permukaan halus dan rata, bersih, warnanya jernih, dan tidak berbau.

Tips Menjaga Kesehatan Kuku

Untuk mendapatkan kuku yang sehat, maka Anda harus melakukan perawatan yang tepat. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan kuku, di antaranya yaitu:

Memotong Kuku Secara Rutin

Hal terpenting yang perlu Anda lakukan jika menginginkan kuku yang sehat adalah memotong kuku secara rutin. Paling tidak Anda harus memotong kuku sekali dalam seminggu.

cara menjaga kesehatan kuku

Kuku yang terlalu panjang bisa menyimpan bakteri maupun kuman berbahaya. Tangan yang sering digunakan untuk kontak dengan bagian tubuh lain juga bisa menyebarkan kuman. Bukan hanya tangan saja, Anda juga harus memotong kuku jari kaki secara rutin.

Memotong Kuku dengan Benar

Selain memotong kuku secara rutin, Anda juga harus mengetahui cara memotong kuku dengan benar. Pasalnya Anda tidak boleh sembarangan memotong kuku karena bisa menimbulkan masalah tertentu.

Pastikan bahwa Anda tidak memotong kuku terlalu pendek hingga melewati bagian putih kuku. Jika kuku dipotong terlalu pendek, bisa saja pertumbuhan kuku akan salah. Bahkan kuku yang terlalu pendek bisa menyebabkan infeksi atau iritasi. Potong kuku mengikuti lekukan tumbuhnya dan jangan sampai menekan daging kuku.

Tidak Menggigiti Kuku

Siapa yang memiliki kebiasaan menggigit kuku? Kebiasaan tersebut adalah kebiasaan buruk yang wajib Anda atasi sekarang juga.

Menggigit kuku bisa membuat kuman dari kuku berpindah ke mulut. Jadi Anda mungkin akan mengalami beberapa masalah seperti gangguan pencernaan dan sakit perut. Bahkan menggigit kuku juga bisa menyebabkan masalah yang lebih serius misalnya kerusakan pada gigi.

Artikel Terkait  Benjolan di Bawah Dagu

Sering Merendam Jari dengan Air Hangat

Cara menjaga kesehatan kuku selanjutnya yaitu rutin merendam jari kaki maupun tangan di dalam air hangat. Lebih baik lagi jika air hangat yang Anda gunakan dicampur dengan garam.

Air hangat dan garam bisa membantu membersihkan kuku dari kuman dan bakteri penyebab penyakit. Selain itu, komposisi tersebut juga bisa memberikan efek relaksasi sehingga kuku bisa tumbuh dengan baik.

Menggunakan Minyak dari Bahan Alami

Perawatan kuku tidak hanya menggunakan air hangat dan garam saja, Anda juga harus melakukan perawatan menggunakan minyak dari bahan alami.

Ada dua jenis minyak yang paling sering digunakan yaitu minyak biji rami dan minyak jojoba. Kandungan asam lemak omega 3 pada minyak biji rami membantu meningkatkan kesehatan sel kuku. Sedangkan minyak jojoba membantu meningkatkan kekuatan lapisan kuku dan melembapkan kuku.

Hindari Penggunaan Kuteks yang Berlebihan

Beberapa orang sangat suka menggunakan kuteks karena bisa mempercantik tampilan. Biasanya wanita menggunakan kuteks ketika akan keluar. Namun ada juga yang suka menggunakan kuteks meskipun ada di rumah saja.

cara menjaga kesehatan kuku

Jika menginginkan kuku yang sehat, Anda dianjurkan untuk tidak sering-sering menggunakan kuteks. Produk kuteks mengandung bahan kimia yang bisa membuat iritasi, bahkan merusak kuku.

Gunakan kuteks sesekali saja ketika memang sangat dibutuhkan. Selain itu, pilih kuteks yang mengandung bahan ringan sehingga tidak merusak kuku. Sedangkan penghapus kuteks sebaiknya yang bebas kandungan aseton.

Menjaga Kuku Selalu Kering

Pastikan bahwa kuku Anda selalu kering dan bersih. Pasalnya kuku dan area sekitar yang lembap bisa memicu tumbuhnya bakteri maupun jamur. Keduanya bisa menyebabkan infeksi apabila dibiarkan begitu saja.

Bukan hanya itu saja, kuku yang sering terkena air dalam jangka waktu lama lebih mudah patah. Gunakan sarung tangan ketika mencuci untuk menjaga kuku dari paparan bahan kimia dan air.

Artikel Terkait  5 Tips Mengatasi Rambut Kering Tanpa Perawatan Salon

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Hal penting terakhir yang perlu dilakukan adalah selalu mengonsumsi makanan bergizi. Penuhi kebutuhan gizi harian, terutama zat besi karena berperan dalam meningkatkan kekuatan kuku.

Kekurangan asupan zat besi ternyata bisa membuat kuku mudah patah. Contoh makanan yang bisa Anda konsumsi yaitu pisang, aprikot, kiwi, daging, kacang polong, sayuran berdaun hijau, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa menggunakan bantuan DeBiuryn Hand & Nail Essential Cream Lemon 30ml, yang mampu menjaga kuku dari kerapuhan serta mencerahkan kulit yang kusam. Dengan kandungan ekstrak krim lemon yang wangi dan segar, Anda bisa terus menjaga kesehatan kuku Anda.

cara menjaga kesehatan kuku DeBiuryn Hand & Nail Essential Cream Lemon 30ml

Cara penggunaan DeBiuryn Hand & Nail Essential Cream Lemon ini pun cukup mudah, cukup dengan mengusapkan cream secara merata di tangan dan kulit sekitar kuku dengan gerakan rotasi. Cream ini juga aman untuk Anda yang sedang hamil maupun menyusui

Itulah cara menjaga kesehatan kuku yang bisa Anda lakukan. Pastikan kuku jari kaki maupun tangan selalu berhasil. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari berbagai jenis kuman penyebab penyakit.

Tinggalkan komentar