Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah dan Rambut

Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah dan Rambut – Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang bisa dikatakan sebagai tanaman sejuta manfaat.

Bagaimana tidak, tanaman yang identik berwarna hijau ini memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Salah satu manfaat lidah buaya adalah untuk wajah dan rambut. Tentu kawan cantik sudah paham bahwa banyak produk shampo di Indonesia menggunakan lidah buaya sebagai salah satu formulanya. Namun, bukan hanya untuk rambut saja, lidah buaya juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Kandungan di dalamnya seperti vitamin A, vitamin C, enzim, antioksidan, dan antiradang membantu kesehatan wajah dan rambut. Apakah kamu penasaran dengan manfaat lebih jelasnya? Simak artikel ini!

Ini Dia Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Rambut

Melembapkan Kulit

Lidah buaya mengandung vitamin A, vitamin C, serta vitamin E yang dipercaya mampu membantu melembapkan serta menghidrasi kulit. Pemilik kulit wajah kering sangat dianjurkan untuk menggunakan lidah buaya sebagai masker.

Selain menggunakan tanaman lidah buaya secara langsung, kamu juga bisa menggunakan pelembap kulit yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan utama. Sebaiknya gunakan setelah mandi agar hasilnya maksimal.

Meredakan Kulit Terbakar Sinar Matahari

Sinar matahari memang memberikan efek buruk pada kesehatan wajah apabila terkena paparannya dalam jangka waktu lama. Salah satu efek sinar matahari adalah sunburn yang menyebabkan kulit wajah memerah, terasa perih, dan bahkan hingga terlihat melepuh.

Masker lidah buaya ternyata bisa meredakan kulit terbakar akibat sinar matahari. Pasalnya bagian gel lidah buaya memiliki efek dingin yang menenangkan dan dapat membantu mempercepat pemulihan kulit yang terbakar. Jadi untuk kamu yang lebih sering beraktivitas di luar sebaiknya gunakan lidah buaya sebagai solusinya.

Artikel Terkait  Rekomendasi Skincare Glowing Lokal Terbaik

Memperlambat Tanda Penuaan

Bukan hanya sunburn saja, sinar matahari dalam jangka panjang juga bisa mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan. Hal tersebut karena sinar UV bisa memecah kolagen sehingga merusak serat elastin di lapisan dermis.

manfaat lidah buaya untuk wajah dan rambut eca

Lidah buaya memiliki kandungan yang bisa meningkatkan produksi kolagen dan elastin. Oleh sebab itu, tanaman ini membantu memperlambat tanda penuaan seperti keriput, garis halus, atau kulit kendur.

Mengobati dan Mencegah Jerawat

Manfaat lidah buaya untuk wajah selanjutnya yaitu membantu mencegah sekaligus mengobati jerawat. Meskipun tidak memiliki jerawat, kamu bisa menggunakan masker lidah buaya untuk melakukan pencegahan.

Sedangkan pada pemilik kulit berjerawat, kandungan asam salisilat dalam lidah buaya bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Biasanya masker akan memberikan manfaat yang lebih efektif apabila dikenakan di pagi dan malam hari.

Mengatasi Ketombe

Untuk kesehatan kulit, lidah buaya mampu membantu mengatasi ketombe. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, masker lidah buaya bisa menghilangkan ketombe. Kandungan enzim, antiradang, serta asam lemak juga mengurangi masalah kulit kepala lainnya.

Cara menggunakannya yaitu dengan mengambil bagian gel lalu mengoleskan ke rambut dan kulit kepala. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

Mengurangi Rambut Rontok

Penggunaan lidah buaya untuk perawatan rambut bisa meminimalisir rambut rontok. Jadi rambut milikmu akan terlihat lebih sehat dan juga tebal. Sama seperti manfaat lainnya, kamu harus menggunakan bagian gel untuk mengurangi rambut rontok.

Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Memiliki rambut tebal dan sehat merupakan impian semua wanita. Lidah buaya memiliki kandungan bernama enzim proteolitik. Manfaat enzim tersebut yaitu menyembuhkan serta memperbaiki sel-sel rusak di kulit kepala. Ketika sel-sel rusak diperbaiki, maka kesehatan folikel rambut akan meningkat sehingga pertumbuhan rambut lebih cepat.

Artikel Terkait  Rekomendasi Krim Pemutih Wajah yang Aman di Apotik dan Harga

Bagi kawan cantik yang memiliki masalah rambut rontok sebaiknya gunakan lidah buaya untuk mempercepat pertumbuhan rambut kembali.

Membuat Rambut Halus dan Lembut

manfaat lidah buaya untuk wajah dan rambut

Manfaat lidah buaya untuk rambut ini pasti akan sangat kamu sukai. Pasalnya dengan rambut yang lembut dan halus, maka rambut akan terlihat lebih indah. Selain itu, rambut lembut dan halus cenderung lebih mudah untuk diatur. Untuk mendapatkan rambut yang halus dan lembut, kawan cantik harus mengaplikasikan lidah buaya pada rambut secara rutin.

Bukan hanya bisa menghemat biaya daripada menghabiskan uang untuk membeli produk mahal selain itu perawatan menggunakan lidah buaya juga lebih aman dan jauh dari efek samping.

Itulah berbagai manfaat lidah buaya untuk wajah dan rambut yang perlu diketahui. Kamu bisa menanam sendiri lidah buaya karena perkembang biakan dan perawatannya terbilang cukup mudah. Bahkan lidah buaya juga tidak membutuhkan banyak air setiap harinya. Bagaimana? Minat mencobanya?

Tinggalkan komentar