Manfaat Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman yang populer digunakan untuk berbagai macam produk kecantikan dan kesehatan.

Penggunaan lidah buaya pada produk-produk tersebut lantaran manfaatnya yang sangat beragam. Anda mungkin sudah mendengar beberapa manfaat dari tumbuhan yang memiliki gel ini. Adapun manfaat lidah buaya yaitu sebagai berikut:

Melembapkan Kulit Kering

Mengoleskan lidah buaya ternyata mampu membantu mengatasi masalah kulit kering. Pasalnya tanaman ini mengandung antioksidan, enzim, mineral, dan vitamin yang berfungsi melembapkan. Lidah buaya bisa digunakan setelah mandi sebagai pelembap. Gunakan secara rutin agar kulit kering menjadi lebih lembap.

Menghilangkan Jerawat

Jerawat merupakan masalah kesehatan kulit yang sering terjadi pada wanita. Bahkan banyak orang sulit mengatasi masalah kulit satu ini. Anda bisa menggunakan lidah buaya untuk mengobati jerawat. Kandungan anti-inflamasi di dalamnya mampu mengatasi jerawat yang sedang meradang. Oleskan lidah buaya menggunakan cotton bud pada bagian kulit yang berjerawat. Lakukan sebanyak sekitar tiga kali sehari untuk hasil maksimal.

Melancarkan Pencernaan

manfaat lidah buaya

Manfaat dari tanaman lidah buaya selanjutnya yaitu melancarkan pencernaan. Cara memanfaatkan tanaman ini yaitu dengan menjadikannya sebagai jus. Kandungan antrakuinon di dalam lidah buaya memiliki efek pencahar sehingga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Meskipun begitu, Anda tetap harus memperhatikan cara mengkonsumsi yang tepat. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi jus lidah buaya. Selain itu, bersihkan dan olah lidah buaya dengan tepat.

Sumber Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu kandungan nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya yaitu berperan sebagai antioksidan untuk melawan efek buruk radikal bebas. Bukan hanya itu saja, vitamin C juga bersifat anti-inflamasi serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang memiliki kandungan vitamin C tinggi.

Artikel Terkait  OOtD Nonton Bioskop bersama Bestie Cek!

Mencegah Tanda Penuaan

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, gel pada lidah buaya membantu mencegah munculnya tanda penuaan dini. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa aloe vera seringkali dijadikan bahan utama pembuatan produk kecantikan. Lidah buaya bisa mencegah tanda penuaan karena memiliki kandungan yang bisa meningkatkan elastisitas kulit dan memproduksi kolagen. Jadi tanda-tanda penuaan dini seperti keriput bisa dicegah.

Sebagai Pembersih Makeup

Lidah buaya memiliki tekstur yang lembut dan konsistensi seperti gel sehingga bisa digunakan sebagai makeup remover atau pembersih makeup alami. Haluskan bagian gel atau daging, lalu gunakan handuk untuk membantu mengoleskan ke bagian wajah. Selain membersihkan makeup, kulit Anda yang kering setelah mengaplikasikan riasan juga bisa lebih lembap. Akan tetapi wanita dengan kulit wajah sensitif perlu berhati-hati saat menggunakannya.

Mencerahkan Kulit Wajah

manfaat lidah buaya untuk wajah dan rambut

Semua orang pasti ingin memiliki kulit wajah yang cerah dan bersinar. Kandungan vitamin C dan mineral di dalam lidah buaya membantu mencerahkan wajah. Bukan hanya itu saja, lidah buaya juga bisa menyamarkan noda hitam di wajah, membuat kulit lebih kenyal, serta melembutkan kulit. Anda perlu menggunakannya secara rutin untuk mendapatkan manfaat-manfaat di atas.

Menjaga Kesehatan Rambut

Selain digunakan pada produk skincare atau perawatan kulit wajah, lidah buaya juga sering terkandung pada produk perawatan rambut. Pasalnya lidah buaya memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok, kulit berminyak, dan gatal di kulit kepala. Selain itu, lidah buaya juga bisa memperkuat rambut dan membuatnya terlihat berkilau.

Cara memanfaatkan lidah buaya untuk kesehatan rambut yaitu menggunakannya sebagai masker rambut. Ambil bagian gel, oleskan pada kulit kepala lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam. Setelah 1 jam, bilang rambut hingga bersih.

Artikel Terkait  Yakin Nih! Bumbu Dapur yang Bisa Bantu Jaga Kecantikan Kamu

Mengatasi Iritasi Kulit

manfaat lidah buaya untuk kecantikan

Beberapa masalah kesehatan kulit kepala seperti psoriasis, eksim, dan rosacea dapat membuat kulit kepala menjadi kering serta teriritasi. Lidah buaya memiliki kandungan enzim bradikinin dan asam lemak yang membantu melembapkan kulit kepala serta mengatasi iritasi dan masalah kulit tersebut.

Mengatasi Mata Bengkak

Manfaat lidah buaya yang terakhir dalam daftar ini adalah membantu mengatasi mata bengkak. Tanaman hijau ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan aliran darah. Jadi perpindahan cairan yang menumpuk menjadi lebih lancar. Anda bisa mengoleskan lidah buaya pada area bawah mata untuk mengatasi mata bengkak.

Itulah berbagai manfaat lidah buaya yang perlu Anda ketahui. Selain manfaat-manfaat di atas, masih banyak manfaat lain dari lidah buaya. Tidak heran jika tanaman satu ini dikenal sebagai tanaman sejuta manfaat.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar