Coba 8 Cara Alami Mengatasi Komedo di Wajah Ini, Agar Wajah Bebas dari Komedo

Apabila pori-pori kulit wajah tertutup atau tersumbat oleh sel kulit mati, sebum, atau kotoran akan mengakibatkan timbulnya komedo. Komedo merupakan salah satu masalah umum pada wajah yang dialami oleh banyak orang. Untuk menghilangkan komedo tersebut, simak cara alami mengatasi komedo di wajah pada artikel berikut.

Komedo berasal dari kelenjar sebaceous yang memproduksi minyak pada kulit yang kemudian bercampur dengan sel-sel kulit dan debu.

Meskipun ukuran komedo tersebut kecil, namun keberadaan komedo di wajah tersebut bisa menyebabkan seseorang menjadi tidak percaya diri. Biasanya adanya komedo ditandai dengan bintik hitam atau putih pada wajah terutama di zona T (dahi, hidung, dagu), leher, dada, atau punggung.

Untuk menghilangkan komedo, tentunya membutuhkan perawatan kulit yang tepat. Langkah pertama adalah dengan membersihkan wajah wajah secara teratur dengan menggunakan pembersih wajah yang lembut. Kemudian setelah wajah bersih, gunakan toner wajah. Gunakan juga pelembab wajah untuk menjaga kelembaban kulit wajah.

Cara alami mengatasi komedo di wajah

Selain cara tersebut, berikut terdapat cara alami mengatasi komedo di wajah lainnya agar wajah bersih dan terhindar dari komedo.

1. Lidah buaya

Pada lidah buaya terdapat kandungan aloin dan antioksidan yang baik untuk membantu membersihkan komedo pada wajah. Caranya pun cukup mudah, hanya dengan mengoleskan gel dari daging lidah buaya ke wajah.

2. Lemon dan madu

Campuran antara lemon dan madu juga bisa membantu mengatasi komedo pada wajah. Oleskan secara merata campuran lemon dan madu tersebut pada bagian-bagian yang ada komedonya. Kemudian pijat dengan gerakan memutar selama 1 hingga 2 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

3. Putih telur

Kandungan protein yang terdapat pada putih telur juga bisa membantu untuk menghilangkan komedo pada wajah. Untuk menghilangkan komedo dengan putih telur bisa dengan cara mencampurkan putih telur tersebut dengan lemon.

Artikel Terkait  Mudah! 9 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Oleskan campuran putih telur dengan lemon tersebut ke seluruh wajah dan tunggu hingga lima menit atau hingga campuran tersebut mengering. Apabila sudah mengering, pijat wajah dengan lembut untuk merontokkan campuran putih telur dan lemon yang telah kering.

4. Es batu jeruk nipis

Untuk menghilangkan komedo dengan jeruk nipis ini yaitu dengan cara air perasan jeruk nipis yang telah direbus hingga mendidih lalu setelah dingin masukkan ke dalam freezer agar menjadi es batu. Apabila sudah menjadi es batu, gunakan es batu jeruk nipis tersebut mengompres daerah yang ada komedonya. 

5. Teh hijau

Teh hijau memiliki sifat antioksidan yang bisa mengurangi peradangan pada wajah serta bisa membersihkan komedo. Caranya pun cukup mudah, gunakan air seduhan teh hijau dengan menyemprotkan atau mengoleskannya dengan kapas pada wajah.

6. Pepaya

Buah pepaya yang memiliki kandungan vitamin E, A, dan C bisa membantu meregenerasi kulit, melembabkan serta menutrisi kulit secara alami bahkan untuk menghilangkan komedo. Pepaya bisa digunakan sebagai masker alami.

7. Tomat

Vitamin A dan C yang terkandung dalam tomat dapat membantu mencerahkan wajah, menyerap keringat, dan mengecilkan pori. Selain itu, tomat juga bisa menghilangkan komedo.

8. Bubuk kopi

Campuran bubuk kopi dengan minyak kelapa bisa juga membantu untuk menghilangkan komedo yang membandel. Caranya adalah dengan mengoleskan campuran tersebut pada wajah dan biarkan hingga lima menit. Kemudian bilas dengan air dingin.

Selain dengan menggunakan bahan-bahan alami tersebut, untuk mengatasi komedo juga membutuhkan pola hidup yang sehat serta selalu menjaga kebersihan wajah. ***


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar