Cara Membersihkan Usus Kotor

Mengenali tanda usus kotor adalah hal yang penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Jika mengalami tanda-tandanya maka tindakan yang disarankan untuk mengatasinya adalah menerapkan cara membersihkan usus kotor. Membersihkan usus yang kotor dapat dilakukan dalam berbagai cara, salah satunya adalah penggunaan bahan-bahan alami.

Lantas, apa saja yang perlu dilakukan untuk membersihkan usus yang kotor? Simak selengkapnya di bawah ini!

4 Cara Membersihkan Usus Kotor

Seperti yang disebutkan sebelumnya, mengenali tanda usus kotor merupakan kunci dalam menjaga kesehatan pencernaan. Beberapa tanda bahwa seseorang memiliki usus yang kotor yakni sembelit, mengalami nyeri dan sakit di beberapa bagian tubuh, merasa lelah, serta bau mulut.

Jika seseorang mengalami tanda-tanda di atas cara membersihkan usus kotor yang dapat diterapkan adalah sebagai berikut:

1. Menerapkan Pola Makan yang Sehat

Menerapkan pola makan yang sehat merupakan cara alami membersihkan usus kotor. Hal ini bisa dimulai dengan konsumsi makanan yang kaya serat seperti buah dan sayur. Serat dapat meningkatkan ukuran dan massa kotoran serta menyerap air, sehingga kotoran lebih mudah dikeluarkan dari tubuh.

Dengan begitu, tubuh akan secara alami mengatasi dan mengeluarkan racun dari sisa makanan. Selain itu, langkah ini juga perlu didukung dengan pengurangan konsumsi daging merah atau makanan yang digoreng. Sebab, dua jenis makanan ini bisa meningkatkan risiko kanker usus apabila dikonsumsi berlebihan.

2. Berolahraga

Untuk membersihkan usus kotor, seseorang perlu menjaga persentase lemak tubuh. Nah, cara membersihkan usus kotor dengan alami agar dapat mencapai hal tersebut adalah berolahraga. Dengan berolahraga, aliran darah ke otot di dalam sistem pencernaan dapat ditingkatkan. Hal tersebut bisa membuat otot dapat bekerja lebih efektif serta mempermudah proses pergerakan makanan di sepanjang saluran pencernaan.

Artikel Terkait  Cara Mengatasi Perut Kembung ala SehatQ

3. Minum Air Garam

Selanjutnya, cara alami dalam membersihkan usus kotor adalah dengan minum air garam. Langkah tersebut sangat berpengaruh dalam proses pembersihan usus, terutama bagi seseorang yang mengalami sembelit. Pasalnya, minum air garam dapat membantu melancarkan pergerakan usus dan membersihkannya dari kotoran yang menumpuk.

Selanjutnya, untuk membuat air garam, hal yang perlu dilakukan adalah mencampurkan 2 sendok teh garam dalam air hangat. Lebih lanjut, minuman air garam lebih baik dikonsumsi pada saat kondisi perut masih kosong. Namun, bagi seseorang yang memiliki hipertensi, sebaiknya cara membersihkan usus kotor dengan minum air garam tidak diterapkan.

4. Minum Smoothie atau Jus Sayur dan Buah

Terakhir, untuk membersihkan usus kotor, langkah yang bisa dilakukan adalah minum smoothie atau jus sayur dan buah. Hal tersebut merupakan salah satu cara yang kerap kali dilakukan oleh banyak orang. Sayangnya, secara ilmiah, masih belum ada bukti yang kuat tentang efektivitas metode ini.

Meskipun begitu, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi jus sayuran dan buah dalam jumlah yang cukup. Sebab kandungan vitamin, serat, dan mineral di dalamnya baik bagi kesehatan pencernaan serta tubuh secara keseluruhan.

cara membersihkan usus kotor enesis scrubber

Itu dia beberapa cara membersihkan usus kotor bagi seseorang yang mengalami gejala gangguan pencernaan. Selain menerapkan cara di atas, satu hal lain yang bisa digunakan adalah mengonsumsi minuman kaya akan serat seperti Scrubber.

Scrubber merupakan minuman yang terbuat dari jeruk asli serta mengandung bakteri baik. Minuman ini sangat cocok dikonsumsi oleh orang dengan gangguan pencernaan sebab, beberapa kandungan serat di dalamnya seperti Psyllium husk dan Polidekstrosa sangat bermanfaat dalam membersihkan sisa makanan di usus.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat!


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar