Apa Aja Sih Manfaat Vitamin E?

Kawan cantik, tahu gak Apa Aja Manfaat Vitamin E? Vitamin E dikenal sebagai salah satu nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia. Beberapa manfaatnya yaitu keseimbangan hormon, kesehatan mata, mengatasi penyakit hati serta ginjal, dan lain sebagainya. Bukan hanya untuk kesehatan saja, vitamin E juga bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

Ini dia Manfaat Vitamin E

Tidak heran apabila Kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan mengandung vitamin E atau menggunakan skincare yang mengandung vitamin ini. Lebih jelasnya, berikut ini adalah manfaat vitamin E:

Mengatasi Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi merupakan bercak hitam di kulit yang disebabkan terlalu banyaknya pigmen melanin. Hal tersebut bisa karena hormon, bekas luka, bekas jerawat, atau penyebab lainnya. Menggunakan vitamin E secara topikal atau oles ternyata mampu membantu mengatasi hiperpigmentasi tersebut.

masalah vitamin E hiperpigmentasi

Meskipun tidak bisa menghilangkan sepenuhnya tanpa perawatan lain, namun vitamin E mampu menyamarkannya dengan baik. Jika menginginkan hasil yang maksimal, kombinasi vitamin E dan vitamin C pada produk skincare adalah cara yang baik.

Mencegah Penuaan dan Kerutan

Vitamin E memiliki fungsi antioksidan yang membantu memengaruhi sirkulasi darah. Jadi kulit wajah akan tampak lebih awet muda dan kencang. Bahkan sebuah studi yang dimuat pada International Scholarly Research Notice menyebutkan jika vitamin E yang dikombinasikan dengan nutrisi tinggi antioksidan lain bisa memperlambat munculnya keriput atau photoaging. Jadi jangan heran apabila banyak skincare anti aging yang mengandung vitamin E.

Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Salah satu manfaat utama dari vitamin E yaitu melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas. Vitamin ini mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan tersebut diyakini mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Radikal bebas bisa berasal dari paparan lingkungan buruk maupun sisa metabolisme tubuh. Meskipun begitu, Kamu juga harus memberikan perlindungan dengan tidak terlalu lama beraktivitas di bawah paparan sinar matahari.

Artikel Terkait  9 Cara Merawat Rambut Berketombe

Mencegah Kulit Kering

Tubuh ternyata bisa memproduksi vitamin E secara alami. Biasanya vitamin E tersebut diproduksi melalui minyak alami yang muncul melalui pori-pori kulit. Apabila jumlahnya seimbang, maka minyak alami tersebut bisa menjaga kulit agar tidak kering. Di samping itu, vitamin E juga memiliki sifat antiradang sehingga bisa memberikan efek menenangkan kulit yang kering, meradang, merah, maupun gatal.

Mengatasi Jerawat

penyebab jerawat dan cara mengatasinya

Sudah bingung mengatasi jerawat yang membandel? Kamu harus banyak-banyak menggunakan vitamin E atau mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E. Sifat antiradang yang disebutkan sebelumnya membantu regenerasi kulit sehingga membantu mengatasi jerawat. Selain itu, vitamin E juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh untuk mencegah munculnya jerawat membandel.

Memperbaiki Kerusakan Kulit Akibat Sinar UV

Sinar UV baik itu UVA maupun UVB memberikan efek buruk bagi kulitmu. Manfaatnya ini juga tidak jauh-jauh dari sifat antioksidan yang dimiliki oleh vitamin E. Sifat antioksidan tersebut ternyata membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UV. Vitamin E bisa mengembalikan kondisi sel kulit yang rusak karena terkena paparan sinar matahari. Biasanya vitamin E juga terkandung pada produk sunscreen.

Meredakan Gatal di Kulit Wajah

Pemilik kulit kering lebih mudah mengalami gatal atau iritasi pada kulit wajahnya. Manfaat vitamin E selanjutnya yaitu bisa meredakan gatal karena kulit kering tersebut. Pasalnya vitamin E memberikan efek melembapkan. Sedangkan kulit kering biasanya terjadi karena kulit yang kekurangan kelembapan. Akan tetapi vitamin ini belum terbukti mampu mengobati infeksi atau alergi pada kulit.

Mengobati Eksim

manfaat vitamin e mengobati gatal eksim

Beberapa peneliti yang berasal dari Isfahan University of Medical Sciences menemukan jika mengonsumsi vitamin E bisa membantu memperbaiki gejala eksim secara signifikan. Gejala eksim yaitu peradangan kulit sehingga menyebabkan rasa gatal. Eksim sering terjadi juga pada kulit wajah wanita. Minyak yang mengandung vitamin E mengurangi gatal, kekeringan, dan pengelupasan karena eksim.

Artikel Terkait  Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya

Mengobati Bekas Luka

Manfaat yang terakhir untuk kecantikan dan juga kesehatan kulit yaitu mengobati bekas luka. Sebuah studi menemukan jika salep vitamin E bisa mengobati luka pada anak-anak. Namun untuk manfaatnya ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut, apakah vitamin E efektif atau belum efektif untuk mengobati bekas luka.

manfaat vitamin e

Itulah berbagai manfaat vitamin E yang perlu Kamu ketahui. Sumber vitamin E sangat banyak sekali. Namun harus seimbang juga dengan nutrisi lainnya agar memberikan manfaat yang baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah.

Tinggalkan komentar