Apa Ciri Ciri Haid Pertama?

Apa Ciri Ciri Haid Pertama? – Haid pertama atau yang juga dikenal dengan istilah menarche merupakan salah satu fase yang menunjukkan bahwa remaja akan mulai dewasa. Beberapa remaja merasa khawatir dengan ciri ciri haid pertama, apakah akan terasa nyeri di bagian perut, payudara menjadi kencang, dan lain sebagainya.

Mengetahui ciri-ciri haid pertama memang sangat penting untuk mempersiapkan diri. Pasalnya haid pertama bagi remaja tidak mudah karena kurangnya pengetahuan.

Kapan Haid Pertama?

Salah satu pertanyaan yang sering muncul di benak banyak orang adalah kapan haid pertama akan muncul pada remaja putri? Tidak ada yang tau kapan mereka akan mendapatkan haid pertama. Akan tetapi haid pertama pasti datang saat masa pubertas.

Pubertas adalah masa yang terjadi saat anak-anak mulai beranjak menjadi dewasa. Ada banyak perubahan yang terjadi pada mereka mulai dari fisik hingga mental dan kepribadian.

tanda gadis siap mengalami haid pertama

Meskipun tidak ada yang bisa memastikan kapan terjadinya haid pertama, namun menurut Kids Health, haid pertama terjadi antara rentang usia 10-15 tahun. Rata-ratanya yaitu pada saat anak berusia 12 tahun.

Ada beberapa hal yang berpengaruh pada perbedaan waktu menarche seperti pola makan, tingkat stres, dan aktivitas fisik. Jadi remaja tidak usah khawatir jika haid lebih cepat atau lambat dari teman lain.

Ciri-Ciri Haid Pertama

Anak perempuan pada umumnya akan mulai mengalami haid setelah 2 tahun pertumbuhan payudara. Ada beberapa ciri ciri haid yang perlu dipahami para orang tua maupun anak remaja, antara lain:

  • Keputihan

Ciri ciri pertama yang muncul ketika remaja putri akan mendapatkan haid pertama adalah keputihan.  Keputihan merupakan cairan jernih dan transparan yang keluar dari vagina. Terkadang keputihan juga berbentuk cairan seperti air namun lengket.

Artikel Terkait  Benjolan di Bawah Dagu

Remaja putri yang akan mendapatkan haid untuk pertama kali biasanya mengalami keputihan selama beberapa bulan sebelumnya. Keputihan ini adalah kondisi yang biasa dan tidak perlu dikhawatirkan. Saat sistem reproduksi matang, remaja putri akan mulai mengalami haid pertama.

  • Perubahan fisik

Perempuan sudah mulai mengalami perkembangan payudara sejak usia 8 tahun hingga 13 tahun. Perkembangan tersebut terus berlanjut hingga mereka memasuki masa pubertas.

Namun perkembangan payudara pada remaja putri yang akan haid berbeda. Area putih susu atau areola menjadi lebih besar. Selain itu, akan muncul beberapa jaringan payudara di bawah areola.

Pada masa-masa tersebut, payudara mungkin menjadi lebih sensitif. Istilah itu kemudian lebih dikenal dengan nama premenstrual syndrome atau PMS.

  • Muncul flek

Ketika remaja putri menemukan darah di celana dalam keluar dari vagina, maka itulah tandanya mereka suka mengalami haid pertama.

ciri ciri haid pertama remaja menarche

Namun ada beberapa kasus di mana flek muncul meskipun belum haid pertama. Flek tersebut bisa muncul sekitar 6 bulan sebelum haid pertama. Warna darahnya tidak merah, namun kecokelatan dalam jumlah sedikit.

  • Perubahan emosi

Bukan hanya ciri-ciri fisik saja yang muncul, namun juga ciri-ciri emosi. Remaja putri biasanya akan merasa lebih emosional dan tegang saat memasuki haid pertama.

Mereka lebih mudah marah dan menangis meskipun dengan alasan yang sebenarnya sepele. Hal tersebut wajar terjadi karena perubahan hormon di tubuh memengaruhi kondisi emosional.

  • Pertumbuhan rambut dan jerawat

Pertumbuhan rambut di beberapa bagian sensitif semakin terlihat ketika remaja putri akan memasuki haid pertama. Selain itu, kelenjar minyak yang berkembang juga membuat mereka mulai mengalami masalah kulit seperti jerawat.

Jadi jangan heran apabila mereka mengalami jerawat, karena itu tandanya mereka sudah memasuki usia pubertas. Persiapkan untuk mendapatkan haid pertama agar tidak kebingungan.

  • Nafsu makan meningkat

Ciri-ciri haid pertama yang terakhir yaitu meningkatnya nafsu makan. Jika remaja putri mengalami peningkatan nafsu makan yang tidak seperti biasanya, mungkin mereka akan mendapatkan haid pertamanya.

Artikel Terkait  Cara Menjaga Kesehatan Kuku

Nantinya lonjakan nafsu makan yang tinggi dapat berpengaruh pada berat dan tinggi badan. Penambahan berat badan merupakan hal yang sangat normal terjadi pada masa pubertas. Oleh sebab itu, berat badan perlu dijaga dengan baik agar kenaikannya masih dalam tahap wajar.

Itulah pembahasan mengenai ciri-ciri haid pertama yang perlu kamu ketahui. Setiap orang tua sebaiknya juga memahami apa ciri ciri haid pertama bagi anak perempuan. Jadi bisa memberikan bimbingan pada anak agar tidak merasa khawatir.

Tinggalkan komentar