Apa Aja Tanda Pacaran Sehat?

Pacaran sehat merupakan sebutan untuk hubungan yang terjalin dengan baik dan saling menghargai. Dengan memiliki hubungan yang sehat, maka tidak ada yang merasa tersakiti di antara keduanya. Malah sebaliknya, hubungan yang terjalin bisa menjadi motivasi.

Lalu apa sih kriteria sebuah pacaran disebut sehat?

Kawan cantik bisa mengetahui apakah hubungan yang sedang terjalin saat ini termasuk sehat atau tidak dengan mengetahui tanda pacaran sehat. Langsung saja, berikut adalah tanda-tandanya:

Apa saja Indikator Pacaran Sehat

Komunikasi Terbuka

Komunikasi merupakan salah satu poin terpenting dalam setiap hubungan, termasuk hubungan pacaran. Komunikasi harus dilakukan secara terbuka dan tanpa ada hal yang ditutup-tutupi.

Tidak ada salahnya untuk membahas hal yang pribadi misalnya seperti pekerjaan, keuangan, ataupun kesehatan. Pacaran sehat tidak ada yang menghakimi dan harus bersikap jujur satu sama lainnya.

Kepercayaan

Sama seperti komunikasi, kepercayaan juga menjadi hal yang sangat penting dalam sebuah hubungan. Bahkan kepercayaan bisa menjadi fondasi agar hubungan yang terjalin bisa kokoh meskipun banyak halangannya.

Kepercayaan di sini tidak hanya setiap pada pasangan saja. Namun juga mampu memberikan perlindungan dan keamanan pada pasangan. Setiap pasangan harus yakin bahwa pasangannya tidak akan menyakiti secara mental ataupun fisik.

Saling Menghargai

Saling menghargai menjadi tanda pacaran sehat selanjutnya yang perlu ada pada hubunganmu. Tidak boleh ada salah satu yang merasa dirinya lebih superior dibandingkan pasangannya.

Ada beberapa cara yang bisa menunjukkan rasa saling menghargai yaitu mendengar keluh kesah pasangan, saling mengerti, saling memaafkan, mendukung pasangan, dan memberikan waktu ke pasangan untuk quality time bersama sahabat atau keluarga.

Mampu Menyelesaikan Masalah dengan Baik

Semua orang yang berhubungan pasti memiliki masalah masing-masing. Tidak hanya pasangan dengan hubungan yang kurang sehat, mereka yang sudah pacaran sehat tetap akan memiliki masalah.

Artikel Terkait  Janji Surga

Namun perbedaannya, mereka yang memiliki tanda pacaran sehat mampu menyelesaikan masalah dengan baik. Bukan dengan emosi atau hal lain yang bisa merusak hubungan. Mencari solusi dengan kepala dingin biasanya bisa menghasilkan jawaban yang lebih baik.

Punya “Me Time”

Hubungan yang mengekang pasangannya ternyata termasuk hubungan toxic atau tidak sehat. Contohnya yaitu tidak memperbolehkan pasangannya bersama teman, keluarga, dan lain sebagainya. Jika ingin pergi, harus dengannya.

tanda pacaran sehat

Setiap orang perlu memiliki me time masing-masing, termasuk dalam berhubungan. Pacaran sehat membiarkan pasangannya untuk memiliki me time dengan orang lain tanpa merasa cemburu.

Waktu yang kalian habiskan bersama sudah banyak, jadi harus ada waktu juga untuk orang lain atau diri sendiri.

Menginspirasi Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

Berpacaran seharusnya tidak dijadikan tren atau hanya agar tidak sendirian saja. Jika Kamu bisa mengambil inspirasi dari pasangan maka hal tersebut akan jauh lebih baik.

Saat berpacaran dengan seseorang, Kamu mungkin akan menjadi termotivasi untuk lebih baik. Apabila Kamu merasakan hal tersebut maka bisa disimpulkan bahwa hubungan yang Kamu jalin dengannya sehat.

Tidak Harus Selalu Serius

Sebaiknya pacaran jangan dijadikan sebagai sesuatu yang mengekang atau mengikat. Kamu dan pasangan tidak harus selalu serius dengan memikirkan masa depan saja. Sesekali Kamu membutuhkan lelucon agar hubungan lebih lembut.

Terlalu serius ternyata malah membuat gaya pacaran menjadi kaku dan membosankan. Meskipun begitu, Kamu juga tidak boleh menganggap pacaran hanya sekedar main-main. Semuanya harus dilakukan dengan seimbang dan sesuai porsi.

Kerja Sama

Kerja sama yang dimaksud adalah saling memberikan dukungan terhadap satu sama lainnya. Apabila salah satunya mengalami kesulitan, maka pasangannya harus memberikan bantuan maupun dukungan.

Artikel Terkait  Saat Si Dia Berpaling

tips komunikasi dengan pasangan

Tanda pacaran sehat ini harus dibangun sejak awal. Apabila sudah terbangun dengan baik selama pacaran, maka kedepannya akan semakin baik lagi dan tidak mudah goyah seiring waktu.

Rasa Sayang yang Selalu Ada

Tidak sedikit orang yang berpacaran hanya merasa sayang di awal saja. Setelah bosan, rasa sayang tersebut hilang begitu saja. Hubungan yang sehat tidak akan mengalami fase-fase tersebut.

Mereka memiliki rasa kasih sayang yang selalu ada pada diri masing-masing. Bahkan rasa sayang akan meningkat seiring waktu.

Itulah tanda pacaran sehat yang harus ada pada hubunganmu saat ini. Komunikasi dan pengertian menjadi poin terpenting dalam membangun hubungan yang sehat. Terapkan tanda-tanda pacaran sehat di atas apabila Kamu ingin memperbaiki hubungan.

Tinggalkan komentar