Sakit Perut Sebelah Kiri, Kenapa Yah?

Sakit perut sebelah kiri, menjadi hal yang sering dialami oleh manusia. Cuma ada yang karena hal kronis maupun biasa, tinggal kita melihat gejala yang ada. Pastikan, kamu tahu penyebab dari adanya sakit ini. Agar tidak tahu-tahu di akhir dan sudah kronis. Cintai kesehatanmu!

Ketahui, bahwa perut sebelah kiri lebih ke lokasi berkumpulnya organ penting, seperti ginjal kiri, pankreas, usus besar, limpa, kelenjar adrenal, bagian kiri hati, dan sebagian kecil lambung. Untuk perempuan, area ini lebih ke lokasi ovarium . Jadi paham kan?

Untuk lebih kenalnya, mari ikut penjelasan berikut ini! Penyebab dari sakit ini adalah..

1. Divertikulitis

Divertikulitis, adalah penyebab yang sering dialami olah manusia pada perut sebelah kiri. Penyakit ini, lebih ke peradangan pada divertikula (kantong-kantong kecil, terbentuk di usus besar). Gejalanya lebih ke nyeri perut, demam, mual, muntah, dan BAB berdarah.

2. Gastritis

Gastritis, adalah terjadinya peradangan, iritasi, maupun pengikisan pada lapisan lambung, sehingga timbul rasa nyeri pada perut. Jika penyakit ini berkepanjangan, maka disebabkan oleh infeksi bakteri H.pylori. Bakteri ini menyerang lapisan lambung.

3. Pankreatitis (Radang Pankreas)

Pankreatitis, lebih ke peradangan pada pankreas secara mendadak. Pankreas ini, merupakan organdi sisi kiri dari perut. Peradangan tersebut, biasanya menimbulkan sakit perut sebelah kiri atas hingga punggung.

4. Radang Usus Besar

Radang usus besar, juga bisa menjadi penyebab akan hal ini. Dimana, gejalanya adalah nyeri perut, diare, penurunan berat badan, kelelahan, hingga feses berlendir atau konsisten lebih lembek. Nyeri perut, akan berkurang jika sudah BAB.

5. Angina

Angina, adalah nyeri dada akibat kurangnya aliran dari darah ke otot jantung. Kondisi ini, dapat menimbulkan keluhan seperti nyeri perut kiri atas, rahang dan leher terasa tidak nyaman, sensasi dada seperti diremas, dan mual.

Artikel Terkait  Pilihan Obat Asam Lambung di Apotek Terdekat

6. Penyakit Ginjal

Sakit perut sebelah kiri
rsisurabaya.com

Penyakit ginjal, sering dialami manusia. Penyakit ini, menimbulkan sakit perut kiri dan kanan. Rasa nyeri ini, terasa seperti kena batu ginjal. Dimana mulai bergerak ke dalam ureter (dimana sebagai saluran penghubung antara ginjal dan kandung kemih).

7. Kista Ovarium

Kista ovarium, adalah sakit perut sebelah kiri bawah, dan pastinya dialami oleh wanita. Hal ini disebabkan oleh kista ovarium sebelah kiri. Disini, mulai terbentuknya kantong berisi cairan dalam ovarium. Kondisi ini, akan hilang dengan sendirinya jadi bisa.

8. Hernia

Hernia, adalah ketika usus atau jaringan lunak menembus dinding otot perut yang lemah. Jika terjadi pada sisi kiri, maka sakit perutnya nanti sebelah kiri. Hal ini akan lebih dipicu dengan membungkuk, batuk, tertawa, atau mengangkat berat.

9. GERD (Refluks Lambung)

GERD adalah gangguan pencernaan yang disebabkan oleh kenaikan asam lambung. Kondisi ini, dipicu oleh beberapa faktor, diantaranya makan tidak teratur, obesitas, makanan yang mengacu asam lambung, dan lain-lain. Makanan pedas salah satunya.

Cara Mengatasi Sakit Perut Sebelah Kiri

Berikut, adalah solusinya:
1. Mengompres perut dengan handuk hangat.
2. Mengunyah makanan secara pelan-pelan.
3. Menghindari minuman bersoda, kafein, maupun alkohol.
4 Mengonsumsi makanan dengan porsi sedikit dan sering.
5. Menghindari makanan pedas, berlemak, dan asam.
6. Memperbanyak konsumsi cairan.
Itulah penyebab dari sakit perut sebelah kiri yang perlu kita ketahui, beserta cara mengatasinya.

Pastikan, kita selalu menjaga kesehatan hingga mati! Karena kesehatan adalah segalanya.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar