7 Jenis Serum Wajah Sesuai dengan Fungsi dan Tips Memilihnya

Meski dikemas dalam botol kecil yang mungil, ternyata serum wajah memiliki banyak fungsi. Tentunya, fungsinya disesuaikan dengan jenis serum wajah. Oleh karena itu, harus pandai memilih jenis serum wajah yang tepat.

Bagi yang masih bingung, dalam memilih jenis serum wajah, berikut disajikan informasi tentang jenis serum wajah dan tips memilihnya. Penasaran apa saja jenis serum wajah? Yuk, simak 7 jenis serum wajah dan tips memilihnya berikut ini.

7 Jenis Serum Wajah Sesuai dengan Fungsinya, Pastikan Jangan Salah Pilih

Saat ini, jenis serum wajah yang ada di pasaran banyak jenisnya. Umumnya, jenis-jenis serum tersebut dibedakan sesuai dengan fungsinya. Hal tersebut karena beberapa konsumen memiliki tujuan yang berbeda ketika memilih memakai serum wajah.

Nah, apa saja jenis serum wajah tersebut? Berikut adalah 7 jenis serum wajah sesuai dengan fungsinya yang wajib diketahui bagi pecinta skincare.

1. Serum Pencerah Wajah (Skin Brightening Serum)

Image: wardahbeauty.com

Sesuai dengan namanya, yaitu serum pencerah wajah (skin brightening serum), jenis serum wajah ini berfungsi untuk membuat kulit wajah menjadi lebih cerah secara alami. Umumnya, serum jenis ini kaya akan antioksidan.

Selain itu, jenis serum wajah yang satu ini juga kaya akan Vitamin C dan E. Bahkan ada beberapa produk serum pencerah wajah yang dapat mencegah terjadinya kulit kusam. Pastinya, rutin memakai skin brightening serum akan membuat kulit wajahmu glowing mempesona.

2. Serum Pelembap Wajah (Moisturizing Serum)

Image: [email protected]

Salah satu jenis serum wajah yang banyak diminati adalah serum pelembap wajah (moisturizing serum). Alasan serum ini banyak digemari karena jenis serum wajah yang satu ini merupakan serum harian.

Selain itu, serum pelembap wajah ini kaya akan nutrisi yang dibutuhkan kulit wajah, seperti: essential oil, Vitamin E dan lidah buaya. Perlu diketahui, moisturizing serum ini juga dapat diaplikasikan sebelum memakai make up.

3. Serum Anti Penuaan Dini (Anti – Aging Serum)

Image: [email protected]

Jenis serum wajah yang satu ini berfungsi sebagai serum anti penuaan dini (anti – aging serum). Pastinya, pemakaian secara rutin anti – aging serum dapat menghilangkan flek, mencegah kulit kusam dan munculnya garis halus di wajah.

Artikel Terkait  Tutorial Makeup Lebaran Simple Sederhana dan Tahan Lama

4. Serum untuk Kulit Berjerawat (Acne Fighting Serum)

Image: [email protected]

Kabar gembira bagi pemilik wajah berjerawat, itu karena ada jenis serum wajah untuk kulit berjerawat, yaitu acne fighting serum. Selain mengobati jerawat, serum ini memiliki banyak fungsi. Adapun fungsi lainnya adalah sebagai berikut.

  • Dapat menyerap minyak berlebih pada kulit wajah.
  • Mengencangkan pori-pori pada kulit wajah.
  • Membersihkan sel kulit mati di kulit wajah.

5. Serum untuk Memperbaiki Tekstur Kulit Wajah (Repairing Serum)

Image: [email protected]_official

Selain acne fighting serum, ada juga jenis serum wajah yang berfungsi memperbaiki tekstur kulit wajah, yaitu repairing serum. Bagi yang bermasalah dengan kulit gelap dan bekas jerawat dapat memakai serum ini.

6. Serum untuk Menghidrasi Kulit Wajah (Hydrating Serum)

Image: implora.co.id

Bagi pemilik kulit wajah kering, tidak perlu khawatir. Itu karena ada jenis serum wajah yang dapat menghidrasi kulit wajah, yaitu hydrating serum. Umumnya, jenis serum wajah ini mengandung nutrisi kulit kering, antara lain: hyaluronic acid, aloe vera, rosehip oil, organ oil, glycerin, ceramide, jojoba dan Vitamin E.

7. Serum untuk Mengangkat Sel Kulit Mati (Exfoliating Serum)

Image: [email protected]

Satu lagi yang bisa dipakai untuk mengatasi masalah pada pemilik kulit kering, yaitu serum untuk mengangkat sel kulit mati (exfolioting serum). Adapun fungsi dari exfoliating serum adalah sebagai berikut.

  • Dapat mengangkat kotoran pada kulit wajah.
  • Mampu memperbaiki pigmentasi pada kulit wajah.
  • Mencegah timbulnya kerutan pada kulit.
  • Dapat membuat kulit wajah menjadi lebih lembut dan halus.

Tips Memilih Jenis Serum Wajah Supaya Bekerja Lebih Maksimal pada Kulit

Image: pexels.com/@shiny-diamond

Memilih skincare yang dapat bekerja secara maksimal tidaklah mudah. Hal tersebut karena produk skincare beragam, apalagi untuk produk kecantikan jenis serum wajah.

Artikel Terkait  Butuh Moisturizer Terbaik Untuk Remaja? Ini Pilihannya

Namun, tidak perlu khawatir karena ada tips memilih jenis serum wajah supaya bekerja lebih maksimal pada kulit wajah. Berikut adalah tipsnya.

  1. Sebelum membeli serum wajah, kenali terlebih dahulu jenis kulit wajahmu.
  2. Supaya serum wajah bekerja secara maksimal, pastikan kamu tahu kebutuhan kulit wajahmu. Contohnya, jika warna kulitmu gelap akibat paparan sinar matahari, pilihlah repairing serum.
  3. Periksa terlebih dahulu jenis serum wajah yang akan dibeli, seperti: kandungan produk, tekstur serum dan efektivitasnya. Carilah informasi sebanyak mungkin tentang serum tersebut sebelum membelinya.

Tersebut adalah tips memilih jenis serum wajah yang tepat untuk kulit wajahmu. Pastikan, memilih jenis serum wajah yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit wajahmu supaya serum dapat bekerja secara maksimal pada kulit wajah.

Tinggalkan komentar