Cara Pemilihan Warna Foundation

Foundation atau alas bedak merupakan salah satu produk makeup yang tidak boleh dilewatkan ketika mengaplikasikan riasan. Sesuai namanya, fungsi utama foundation yaitu untuk menjadi dasar atau pondasi keseluruhan riasan. Selain itu, alat makeup ini juga berfungsi meratakan warna kulit, menyamarkan kekurangan, dan membuat kulit terlihat lebih mulus. Namun untuk mendapatkan manfaat foundation di atas, Kawan Cantik harus mengetahui cara memilih warna yang tepat. Pasalnya salah memilih warna foundation bisa membuat penampilan seperti memakai topeng. Tidak ingin bukan hal tersebut terjadi? Ikuti cara pemilihan warna foundation berikut ini:

Cara Pemilihan Warna Foundation

Sumber : Freepik

Kenali Undertone Kulit

Salah satu kesalahan banyak orang saat membeli foundation yaitu tidak mengenali warna dasar kulit atau undertone. Kebanyakan orang melihat warna kulit luarnya, padahal warna foundation sebaiknya dipilih berdasarkan undertone. Jika mengenali undertone kulit, maka Kawan Cantik bisa menemukan warna foundation yang tepat.

Pada umumnya, undertone dibedakan menjadi tiga kategori yaitu cool (pink), netral, dan warm (kuning). Berikut ini pembahasannya masing-masing

  • Cool undertone

Cool undertone memiliki ciri khas lebih pucat dengan rona kebiruan dan sedikit kemerahan pada urat nadi. Warna yang cocok untuk pemilik kulit satu ini adalah ivory, light beige, dan warna cerah lain. Warna-warna tersebut tidak membuat kulitmu terlihat lebih pucat.

  • Warm undertone

Ciri khas warm undertone yaitu rona kekuningan, keemasan, dan peach. Mereka yang memiliki warm undertone cenderung sawo matang sehingga pemilihan foundation harus diperhatikan dengan baik agar tidak abu-abu. Kawan Cantik harus mencobanya karena memilih foundation untuk warm undertone cukup tricky.

  • Neutral undertone

Neutral undertone merupakan perpaduan dua undertone sebelumnya yaitu cool dan warm. Biasanya neutral undertone berwarna kuning langsat. Sesuai dengan namanya, warna-warna yang cocok untuk neutral undertone adalah warna-warna netral seperti natural beige.

Coba dengan Mengaplikasikan di Leher

Mencoba foundation di punggung tangan untuk melihat kecocokan warnanya ternyata salah. Bukan di punggung tangan, Kawan Cantik harus mencobanya di leher atau bagian rahang bawah. Oleskan pada bagian tersebut, lalu bercerminlah untuk melihat hasilnya.

Artikel Terkait  9 Cara Merawat Rambut Berketombe

Jika foundation menghasilkan warna yang tidak terlalu kontras ketika dibandingkan dengan leher, maka Kawan Cantik cocok dengan warnanya. Warna yang terlalu cerah biasanya membuat kulit wajah abu-abu, pucat, dan belang. Sementara warna yang terlalu gelap membuat kulit wajah lebih kusam atau tidak bercahaya.

Coba Foundation di Tempat Terang

Ketika mencoba warna foundation, pastikan Kawan Cantik mengaplikasikannya di tempat yang terang. Tempat gelap membuat warna yang terlihat tidak jelas atau bukan warna sebenarnya.

Setelah menemukan tempat yang terang, Kawan Cantik bisa mencobanya untuk menentukan shade atau warna yang cocok. Hindari warna yang jauh lebih cerah atau gelap. Pasalnya warna tersebut membuat kulit wajah terlihat kontras.

Pertimbangkan Warna yang Lebih Terang

Kawan Cantik memang tidak boleh memakai foundation yang jauh lebih terang. Namun Kawan Cantik boleh memilih beberapa tingkat lebih terang dari warna kulit asli, misalnya 1-2 tingkat lebih terang. Warna foundation tersebut membuat kulitmu lebih cerah, tidak kusam, dan tidak kontras.

Meskipun boleh memakai 1-2 tingkat lebih terang, Kawan Cantik tidak boleh memakai foundation 1-2 tingkat lebih gelap. Pastikan tingkat warna foundation di atas warna kulit asli. Foundation mengalami oksidasi, jika Kawan Cantik memakai warna yang lebih gelap, beberapa jam lagi akan jauh lebih gelap dan kusam.

Pilih Jenis Foundation dengan Baik

Ada cukup banyak pilihan foundation di pasaran seperti krim, liquid atau cair, tinted, dan stick atau padat. Kawan Cantik harus mengetahui jenis foundation yang tepat untuk dijadikan pilihan.

Jenis krim, stick, dan liquid lebih tahan lama sehingga cocok dipakai saat full makeup. Sedangkan jenis tintedmemakai formulasi lebih ringan sehingga cocok untuk pemakaian sehari-hari atau makeup natural.

Artikel Terkait  Rekomendasi Eyeshadow Lokal untuk Korean Looks

Sesuaikan Jenis Kulit

Tips terakhir tentu saja harus disesuaikan dengan jenis kulit. Kawan Cantik termasuk pemilik kulit kering (dry), normal, atau berminyak (oily). Pemilik kulit berminyak cocok dengan foundation matte karena menahan sebum dan produksi minyak.

Sedangkan pemilik kulit kering cocok dengan foundation yang juga melembapkan, bukan matte. Foundation matte malah bisa membuat kulit kurang terhidrasi sehingga makeup bisa crack.

Itulah cara pemilihan warna foundation yang bisa Kawan Cantik ikuti. Semoga informasi di atas bisa membantu Kawan Cantik yang bingung memilih warna foundation. Selain itu, pastikan memilih produk makeup yang sudah BPOM agar aman untuk kulit.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar