Mau Jadi Wanita Karir? Ini Tipsnya

Kawan cantik, setelah menyelesaikan kuliah, tentunya kawan cantik ingin menjadi seorang wanita karir yang memiliki penghasilan sendiri. Banyak dari kaum hawa menginginkan memiliki karir sebelum mereka menjalani kehidupan sebagai seorang istri dan menjalankan tugas sebagai ibu rumah tangga.

Mengapa Wanita Memilih Menjadi Wanita Karir?

Tentunya ada alasan mengapa seorang kawan cantik ingin menjadi wanita karir. Berikut adalah beberapa alasan yang Cantika tangkap dari kawan-kawan kita.

Pendidikan Tinggi

Selepas menempuh pendidikan tinggi, tentu ingin mengamalkan apa yang kawan cantik pelajari. Terlebih jika kawan cantik berasal dari perguruan tinggi yang ternama dan berkualitas.

Beberapa kawan cantik menganggap, akan sia-sia segala pengorbanan keluarga dan dirinya jika nantinya tidak memaksimalkan potensi pengetahuan yang telah didalami selama menempuh bangku kuliah

Mandiri Secara Finansial

Meskipun nanti setelah menikah, seorang wanita akan mendapatkan nafkah dari suaminya, tetapi dengan memiliki pekerjaan sebagai seorang wanita karir, kita akan lebih merasa mandiri secara finansial. Mampu membeli keperluan pribadi kita tanpa harus mengorbankan uang belanja bulanan pemberian suami.

Selain itu, menjadi seorang wanita karir akan memberikan nilai tawar tersendiri dalam keluarga, karena dianggap mampu menyeimbangkan karir dan juga urusan keluarga.

Membantu Keluarga

Tidak jarang, beberapa dari kita berasal dari keluarga yang kurang mampu, dan memilih menjadi wanita karir adalah alasan yang logis bagi seorang wanita untuk dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Terlebih setelah menikah nanti, biaya hidup tentu akan lebih besar dari saat ini karena adanya faktor inflasi. Meniti karir dapat membantu mempersiapkan tabungan untuk kebutuhan pendidikan anak dan mempercepat kehidupan keluarga yang lebih mapan di masa depan.

Bagaimana Menjadi Wanita Karir Yang Sukses?

Meniti karir bukan semata kita mendapatkan pekerjaan dan penghasilan, lebih dari itu kita juga menginginkan rewarding dari kerja keras kita sebagai seorang karyawan profesional. Baik itu dalam bentuk kenaikan upah maupun jenjang karir yang jelas.

Artikel Terkait  Apa Saja Fitur Software Akuntansi yang Dibutuhkan UMKM

Tentunya, agar dapat mencapai hal tersebut ada beberapa tips yang bisa kawan cantik pelajari dan maksimalkan. Apa saja?

Kemampuan Komunikasi

Mau tidak mau, suka dan tidak suka, kemampuan berkomunikasi menjadi salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan kinerja kita. Dengan kemampuan komunikasi yang baik, kawan cantik akan lebih mudah menjalin relasi dan bekerjasama dengan berbagai pihak.

Dengan kemampuan tersebut, kawan cantik akan lebih fleksibel dan stabil dalam meniti karir.

Percaya Diri

softskill wanita karir

Tentunya, faktor kepercayaan diri menjadi faktor penting dalam bekerja, kemampuan untuk mengambil tanggung jawab dan percaya pada kemampuan kita sendiri dapat meningkatkan trust dari atasan maupun rekan kerja kita akan kemampuan yang kawan cantik miliki.

Kepercayaan diri ini tidak tumbuh begitu saja, tetapi harus dibarengi dengan peningkatan kualitas soft skill dan hard skill kita tentunya.

Berpikiran Positif

Menjadi seorang profesional tentu akan berhadapan dengan berbagai persoalan di perusahaan. Seorang karyawan akan mengalami banyak kendala untuk menyelesaikan pekerjaannya. Terkadang hal tersebut dapat membuat kawan cantik merasa stress akibat tekanan pekerjaan.

Oleh karena itu, kemampuan untuk menjaga pikiran dari hal-hal negatif sangat diperlukan. Tanamkan dalam diri kita, bahwa setiap masalah ada solusinya, dan setiap task yang diberikan kepada kita oleh atasan pasti sudah disesuaikan dengan kemampuan kita dan dapat diselesaikan.

Mengembangkan Diri

Jangan takut untuk belajar hal baru dalam pekerjaan. Bagaimanapun dunia kerja saat ini dengan lima tahun yang lalu sudah berbeda, apalagi dengan tantangan seorang karyawan lima tahun ke depan?

Kawan cantik bisa terus belajar mengembangkan diri selama menjalankan pekerjaan, pengembangan diri tersebut dapat meningkatkan daya tawar kawan cantik dalam jenjang karir nantinya.

Artikel Terkait  Tips Mengalokasikan Dana Darurat

Manajemen Waktu

Sebelum menikah, kawan cantik harus terbiasa untuk membagi waktu, disiplin dalam manajemen waktu akan membantu kawan cantik saat nanti harus membagi waktu dengan anak-anak dan keluarga di rumah.

Selesaikan semua pekerjaan di kantor, jika harus dikerjakan di rumah, pastikan tidak akan menguras terlalu banyak waktu untuk keluarga.

Tangguh dan Kreatif

Hal berikutnya yang harus kawan cantik miliki adalah kemampuan bekerja keras, tangguh dalam menghadapi berbagai permasalahan di kantor. Kawan cantik juga diharapkan mampu menyumbangkan ide-ide kreatif bagi perusahaan demi kemajuan bersama.

Ya, dengan perusahaan semakin berkembang, hal tersebut akan membantu kawan cantik juga dari sisi salary maupun peningkatan karir.

Memilih Perusahaan Untuk Meniti Karir

Dalam menjalankan tugas yang diberikan, tentu kita akan berhadapan dengan resiko pekerjaan. Resiko tersebut bukan hanya kendala yang ada di perusahaan tetapi juga yang terjadi pada kita.

wanita karir

Dengan demikian, kawan cantik perlu memahami terlebih dahulu fasilitas apa saja yang nantinya kawan cantik dapatkan dari perusahaan, selain gaji tentunya. Beberapa perusahaan memberikan fasilitas tambahan seperti adanya dana pensiun, bonus, pelatihan internal, kesempatan mengembangkan diri maupun manfaat asuransi.

Yang kedua, sebagai seorang wanita, kita perlu bertanya pada tim HRD saat wawancara kerja, mengenai aturan perusahaan terhadap karyawan wanita. Kita tahu kawan cantik, sebagai seorang wanita karir, akan ada tahap dimana kita harus hamil dan melahirkan. Dengan mengetahui kebijakan karyawan terhadap pekerja wanita yang sedang cuti hamil. Kita bisa melihat apakah perusahaan tersebut dapat menjamin hak kita sebagai seorang wanita.

Selain itu, seorang pekerja sangat disarankan jika kawan cantik dilindungi dengan asuransi karyawan. Biasanya asuransi ini ditanggung oleh perusahaan untuk menjamin karyawannya terlindungi dari masalah kesehatan, asuransi jiwa maupun dana pensiun.

Artikel Terkait  Rekomendasi Pakaian Pendaki Wanita Berhijab Tetap Cantik di Puncak Gunung

Benefit lain yang bisa didapatkan kawan cantik sebagai wanita karir di perusahaan tersebut adalah adanya wellness service dari partner yang bekerjasama dengan perusahaan. Baik untuk keperluan medical checkup, pengobatan, dan di masa pandemi ada fasilitas PCR maupun vaksinasi yang difasilitasi perusahaan.

Tentu saja, kawan cantik juga dapat mengikuti asuransi kesehatan seperti AXA Mandiri di luar dari asuransi karyawan yang diberikan perusahaan untuk meminimalisir resiko saat kita jatuh sakit.

Tinggalkan komentar