Interval Training, Olahraga di Sela Kesibukan. Coba Saja!

Ingin melakukan workout atau olahraga saja, tetapi sibuk. Tenang, sekarang ada interval training, yang mana dengan gerakan sedikit, mampu membuat tubuhmu bugar. Tidak harus dengan waktu lama, cukup dengan waktu singkat, sekitar 10 hingga 30 menit dalam satu kali latihan.

Bisa kamu lihat, dalam gerakan High-Intensity Interval Training (HIT). HIT sendiri, adalah bentuk latihan olahraga yang menyatukan gerakan aerobik dan resistance training. Benefitnya masih terasa, jika dilakukan secara konsisten.

Berikut, adalah gerakan dari HIT, yang bisa dicoba, diantaranya?

1. Squat

Squat, gerakannya lebih ke kaki terbuka selebar pinggang dan bahu. Gerakan ini, dimulai dengan mendorong pinggul ke belakang seolah-olah kamu hendak duduk di kursi. Tekuk lutut ke bawah dengan dada terangkat, kemudian pastikan punggung tetap tegak.

Setelah itu, kamu berdiri (kembali ke posisi awal), dengan mendorong melalui tumit. Ulangi hal tersebut sampai terasa sehat dan ringan di tubuh. Gerakan ini, bagus untuk kesehatan persendian, membangun kekuatan, dan memperbaiki postur tubuh.

2. Alternate Lunges

Alternate Lunges, dimulai dari berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar pinggul, kemudian posisi tangan di pinggul atau di atas kepala. Ambil langkah besar dengan kaki kanan ke depan, dan dorong tubuh ke bawah, catatan, lutut kanan di depan dan lutut kiri di belakang ditekuk pada sudut 90 derajat.

Lakukan langkah berdiri ke posisi semula dan menekan tumit. Lalu lakukan kembali gerakan tersebut dengan sisi lain (bergantian). Gerakan ini bagus untuk meningkatkan keseimbangan tubuh, membentuk dan mengencangkan tubuh bagian bawah, dan menurunkan berat badan dengan maksimal.

3. Butt Kicker dan Oblique Crunch

Latihan ini, dengan berdiri tegak dan kaki sedikit lebih lebar dari pinggul. Tendang tumit kiri dan kanan ke belakang, sehingga mengarah ke bokong secara bergantian. Pada saat yang sama, cocokkan gerakan tersebut dengan mengangkat tangan mengarah ke bahu, jadi seakan-akan kamu sedang berlari.

Artikel Terkait  Kue Ulang Tahun, yang Cukup Unik dan Ciamik!

Gerakan ini bagus untuk meningkatkan kekuatan otot. Kemudian, ada gerakan Oblique Crunch, yang mana berdiri tegak dengan kaki selebar bahu, kemudian letakkan kedua tangan di belakang kepala. Mulai dengan gerakan menyeimbangkan beban badan di kaki kanan.

4. Mountain Climber

Mountain Climber, dimulai dengan posisi plank dimana tangan menopang bahu, kemudian pastikan punggungmu tegak. Angkat lutut kanan ke arah siku kanan, kemudian kembalikan lutut kanan ke posisi semula. Secara bersamaan, lakukan gerakan dorong lutut kiri ke arah siku kiri.

Lakukan gerakan tersebut dengan kaki kanan dan kiri secara bergantian sambil menambah kecepatan, anggap saja, kamu sedang berlari di tempat dalam posisi plank. Gerakan ini bermanfaat dalam membangun kekuatan inti tubuh dan meningkatkan kelincahan.

5. Freeletics dan Aqua Yoga

Freeletics sangat bagus dalam meningkatkan daya tahan dan kebugaran. Olahraga ini, bermodalkan matras dan menggunakan berat badan sendiri sehingga cukup praktis. Latihan ini, menggabungkan metode High Intensity Training (HIT) dan High Intensity Interval Training (HIIT).

Terdapat juga, Aqua Yoga yang mana cocok untuk kamu yang gampang bosan. Selain olahraga, benefit dari yoga ini mampu memberikan ketenangan jiwa, jadi berguna bagi orang yang mempunyai masalah punggung, tulang dan sendi jauh lebih rileks.

6. Total Body Resistance Exercise (TRX)

Total Body Resistance Exercise (TRX) adalah jenis olahraga yang direkomendasikan untuk anak muda super sibuk. Dengan menggunakan tali khusus dan gerakan melawan berat badan sendiri, maka latihan ini bisa membuat kamu mengeluarkan banyak keringat dan membakar kalori secara signifikan.

TRX, juga mampu mengembangkan otot tanpa lemak, membentuk otot, dan menurunkan berat badan. Tali khusus tersebut, sebagai alat bantu, dan ada beragam jenis gerakan yang bisa dilakukan dengan tali  ini.

Artikel Terkait  Mengenal 6 Fungsi Jantung Bagi Tubuh Manusia

Itulah, penjelasan mengenai interval training, yang bisa dilakukan walaupun kita sibuk kerje atau kegiatan lain. Pastikan, tetap semangat kerja dan berolahraga!

 


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar