Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Kutu rambut merupakan jenis serangga parasit yang hidup dan berkembang biak di kulit kepala. Proses berkembang biaknya melalui telur yang jumlahnya sangat banyak. Jika tidak dihilangkan, telur tersebut akan menetas dan berubah menjadi kutu rambut. Cara kutu rambut bertahan hidup yaitu dengan mengisap darah sehingga menyebabkan gatal-gatal. Bahkan terkadang garukan yang terlalu keras membuat kulit kepala iritasi. Kawan Cantik harus segera menghilangkan kutu rambut agar tidak semakin parah atau menular ke orang lain. Berikut ini adalah cara menghilangkan kutu rambut yang bisa Kawan Cantik lakukan:

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Sumber : Freepik

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

  • Memakai sisir kutu

Sisir kutu atau sisir serit merupakan jenis sisir yang giginya halus dan rapat. Karena jenis giginya tersebut, sisir kutu bisa membersihkan kutu karena terbawa saat menyisir.

Agar banyak kutu yang tertangkap, sebaiknya Kawan Cantik menyisir saat rambut sedang basah. Rambut yang basah membuat pergerakan kutu lebih lambat sehingga mudah tertangkap.

  • Memakai petroleum jelly

Petroleum jelly merupakan jenis pelembap yang sering dijadikan bahan untuk membuat produk hair care. Usapkan produk petroleum jelly secara merata ke bagian rambut dan kulit rambut. Selanjutnya tutup memakai shower cap selama semalaman.

  • Memakai minyak zaitun

Minyak zaitun dan petroleum jelly memiliki tekstur yang sedikit mirip. Cara mengaplikasikannya juga sama, Kawan Cantik cukup mengoleskan minyak zaitun ke rambut sebelum tidur. Pagi harinya saat bangu tidur, sisir rambut memakai sisir kutu. Kutu dan telurnya akan menempel sehingga mudah untuk dibersihkan.

  • Memakai cuka

Cuka merupakan bahan alami yang menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Karena memiliki sifat asam, cuka mampu menghilangkan kutu rambut dengan ampuh. Akan tetapi Kawan Cantik perlu berhati-hati karena berisiko menyebabkan iritasi.

Artikel Terkait  9 Cara Merawat Rambut Berketombe

Cara memakai cuka untuk menghilangkan kutu yaitu mencampurnya dengan minyak kelapa. Setelah itu usapkan ke kulit kepala, lalu diamkan selama semalaman. Jangan lupa keramas memakai sampo keesokan harinya.

  • Memakai obat kutu

Cara menghilangkan kutu rambut yang paling ampuh adalah memakai obat kutu. Ada cukup banyak merek dan jenis obat kutu yang ada di pasaran. Gunakan sesuai dengan anjuran pakai sampai kutu benar-benar bersih.

Rekomendasi Obat Kutu Rambut yang Ampuh

Ada beberapa obat kutu yang dikenal ampuh menghilangkan kutu rambut. Obat-obat ini bisa Kawan Cantik dapatkan dengan mudah di apotek. Langsung saja, berikut ini pilihan obatnya:

  • Peditox

Peditox merupakan obat kutu rambut paling populer. Obat ini sudah dipakai sejak lama dan masih bertahan sampai sekarang. peditox termasuk obat cair yang mengandung permethrin 1%.

Pertama bersihkan rambut dengan sampo terlebih dahulu. Setelah itu, aplikasikan obat kutu secara merata. Tutup rambut memakai handuk atau shower cap selama kurang lebih 10 menit. Nanti kutu-kutu yang mati akan berjatuhan. Harganya terbilang sangat murah yaitu mulai dari Rp9.000-an saja.

  • Tumbonan Spray

Selain Peditox, Kawan Cantik juga bisa mencoba obat lainnya seperti Tumbonan Spray. Cara memakai produk ini lebih simple yaitu dengan menyemprotkan ke arah kulit kepala. Tunggu selama kurang lebih 30 menit, baru kemudian bilang memakai air bersih.

Tumbonan Spray menggunakan bahan alami sehingga aman untuk semua jenis kulit kepala. Satu botol Tumbonan Spray memiliki harga mulai dari Rp14.000-an saja.

  • Nosuri

Sama seperti Tumbonan Spray, Nosuri juga terbuat dari 100% bahan alami. Kombinasi dengan minyak nabati di dalamnya membuat kutu cepat hilang.

Selain membasmi kutu, Nosuri juga bisa dipakai untuk mempercepat proses penyembuhan luka di kulit kepala. Usapkan Nosuri secukupnya ke kulit kepala sembari dipijat ringan. Diamkan selama 6 jam, baru kemudian bilang memakai sampo. Nosuri bisa Kawan Cantik dapatkan dengan harga mulai dari Rp129.000,00.

  • DexTox

Rekomendasi obat penghilang kutu yang terakhir adalah DexTox. Telur kutu termasuk bagian yang sangat sulit dihilangkan karena bentuknya kecil. Produk ini mampu menghilangkan dan mematikan telur kutu dengan baik.

Artikel Terkait  Tren Fashion Terkini, di Tahun 2023!

Pertama basahi rambut, lalu oleskan DexTox secara menyeluruh ke kulit kepala. Tunggu selama 10-30 menit baru kemudian bersihkan memakai sisir kutu. DexTox bisa Kawan Cantik dapatkan dengan harga mulai dari Rp45.000-an saja.

Itulah pembahasan mengenai cara menghilangkan kutu rambut. Selain membuat kulit kepala gatal-gatal, kutu rambut juga membuat banyak orang merasa kurang percaya diri. Jadi pastikan rambutmu bersih dari kutu-kutu tersebut.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar