Jangan Lewatkan 8 Bagian Tubuh Ini Saat Menggunakan Sunscreen

Ketika siang hari apalagi jika beraktifitas di luar ruangan, penggunaan tabir surya atau sunscreen merupakan hal yang sangat penting dan wajib. Karena penggunaan tabir surya atau sunscreen bertujuan untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV).

Apabila tidak menggunakan tabir surya atau sunscreen dan terus terpapar sinar UV, bisa mengakibatkan kerusakan sel hingga kanker kulit. Maka sebelum beraktifitas, jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya atau sunscreen.

Selain itu, kita juga harus mengetahui bagian-bagian tubuh mana yang memerlukan tabir surya atau sunscreen. Karena masih banyak lho yang ketika menggunakan tabir surya atau sunscreen  hanya fokus pada bagian tertentu seperti wajah, lengan, dan kaki.

Padahal selain bagian-bagian tubuh tersebut, masih ada bagian tubuh lain yang membutuhkan tabir surya atau sunscreen. Sehingga tubuh kita bisa terlindung dari paparan sinar ultraviolet (UV).

Bagian tubuh yang sering terlewatkan saat menggunakan tabir surya atau sunscreen

Pada saat menggunakan tabir surya atau sunscreen, masih banyak orang yang sering melewatkan beberapa bagian tubuh berikut ini, padahal bagian-bagian tubuh tersebut sebenarnya juga sangat membutuhkan tabir surya atau sunscreen.

1. Kelopak mata

Bagian tubuh ini biasanya banyak terlewatkan atau sengaja tidak diberikan tabir surya atau sunscreen. Untuk menghindari tan line di wajah, sebaiknya gunakan eye cream yang mengandung sun protection factor (SPF).

2. Bibir

Pada kulit bibir tidak memiliki melanin atau pigmen pelindung kulit. Oleh karena itu, bagian bibir akan sangat rentan kering dan mengalami sunburn. Bahkan lebih buruknya lagi, apabila bibir yang tanpa perlindungan terus terpapar sinar matahari bisa berisiko memicu kanker kulit (Karsinoma sel skuamosa).

Artikel Terkait  Manfaat Lidah Buaya

Untuk menghindari hal-hal tersebut, maka sebaiknya gunakan lip balm yang mengandung SPF agar bisa melindungi dari paparan sinar UV. Selain itu, pastikan pula untuk menggunakannya lagi setelah makan atau minum.

3. Telinga

Kulit telinga memiliki tekstur yang halus dan juga rentan mengalami kering serta sunburn kalau terus terpapar sinar matahari. Oleh karena itu, penting untuk tidak melewatkan bagian telinga saat menggunakan tabir surya atau sunscreen.

4. Kulit kepala

Selain melindungi kulit kepala dengan menggunakan topi yang lebar, gunakan pula tabir surya atau sunscreen pada bagian kulit kepala. Dengan begitu kulit kepala akan terlindungi dari paparan sinar UV.

5. Leher

Walaupun letaknya yang tersembunyi, pada bagian leher juga jangan terlewatkan ketika menggunakan tabir surya atau sunscreen. Gunakan tabir surya atau sunscreen pada leher dengan gerakan dari bawah ke atas.

6. Belakang leher

Jika kamu sering melakukan aktivitas di luar ruangan, sebaiknya jangan lupa memberikan tabir surya atau sunscreen pada bagian belakang leher. Karena jika tidak terlindungi, bagian ini bisa tampak menghitam hingga bersisik karena kering.

7. Bagian atas dada

Sama dengan bagian leher, bagian atas dada juga mudah menimbulkan kerutan bahkan dark spot.Bagian atas dada ini juga sering kali terlewatkan ketika menggunakan tabir surya atau sunscreen.

8. Bagian atas telapak kaki

Ketika berjalan di bawah sinar matahari dengan menggunakan sandal yang terbuka, membuat daerah ini sangat rentan terhadap sinar matahari, yang bisa membakarnya. Meskipun pada bagian atas telapak kaki memiliki lapisan tebal yang melindungi kulit dari sinar ultraviolet, namun pada bagian ini juga tetap membutuhkan perlindungan tabir surya atau sunscreen.

Penggunaan tabir surya atau sunscreen memang sangat penting bagi kesehatan. Maka jangan sampai melewatkan untuk menggunakan tabir surya atau sunscreen pada bagian-bagian tubuh di atas. ***


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar