6 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak

Cara Menghilangkan Bulu Ketiak – Bulu yang tumbuh di ketiak sangat mengganggu bagi sebagian orang. Pasalnya karena ada bulu di ketiak, mereka tidak bisa bebas menggunakan pakaian tanpa lengan. Sebenarnya bulu di ketiak memiliki fungsi untuk mengurangi gesekan antar kulit saat melakukan aktivitas seperti berlari atau berjalan. Adanya bulu di ketiak membuat kamu tidak mudah mengalami iritasi.

Meskipun begitu, ketiak merupakan area yang lembap karena mengeluarkan banyak keringat. Saat keringat terperangkap pada bulu ketiak maka tubuh bisa mengeluarkan bau badan.

Cara Menghilangkan Bulu Ketiak

Agar terbebas dari bau badan dan bisa menggunakan pakaian tanpa lengan dengan nyaman, kawan cantik bisa menghilangkan ketiak dengan cara berikut ini:

Mencukur Bulu Ketiak

Cara yang paling sering dilakukan banyak orang untuk menghilangkan bulu ketiak adalah dengan mencukurnya. Tapi jika hanya mencukur, bulu ketiak akan tumbuh dalam 1-3 hari kemudian. Sebelum mencukurnya, kamu harus menggunakan krim cukur terlebih dahulu.

cara menghilangkan bulu ketiak

Ini akan membantu memudahkan proses pencukuran rambut, dan biasanya dengan mengoleskan krim cukur, kamu lebih nyaman dan terhindar dari luka goresan pisau cukur.

Cukur bulu ketiak sesuai arah rambut yang tumbuh. Namun kamu harus berhati-hati karena mencukur bulu ketiak bisa menyebabkan iritasi atau kulit terluka. Selain itu, mencukur juga menyebabkan bulu tumbuh ke dalam.

Mencabut Bulu Ketiak

Selain mencukur, kamu juga bisa mencabut bulu ketiak untuk menghilangkannya. Rasanya memang sakit karena kamu harus mencabut sampai akarnya. Gunakan alat pencabut ketiak khusus atau pinset untuk mencabutnya. Ini akan membantu kamu mencabutnya sampai ke akar.

Mencabut bulu ketiak bisa bertahan lama bahkan hingga 3-8 minggu. Sebelum mencabut bulu ketiak, bersihkan alat yang akan digunakan menggunakan alkohol. Hal tersebut bertujuan mengurangi risiko terjadinya infeksi dan iritasi. Setelah menggunakan pinset, kamu juga harus membersihkannya lagi menggunakan alkohol.

Artikel Terkait  Bibir Kering Saat Berpuasa, Begini Solusinya

Menggunakan Krim Penghilang Bulu Ketiak

Saat ini ada cukup banyak krim penghilang bulu ketiak yang bisa kamu temukan di pasaran. Cara kerjanya yaitu memecah keratin rambut sehingga membuat bulu ketiak rontok dengan sangat mudah. Memang prosesnya mudah dan tidak sakit.

Jika menggunakannya, jangan mendiamkan terlalu lama. Pasalnya bisa muncul ruam atau ketiak meradang. Tes terlebih dahulu di bagian kulit lain untuk mengetahui apakah kamu memiliki alergi terhadap kandungannya atau tidak. Terlebih jika kamu memiliki jenis kulit yang cenderung sensitif.

Melakukan Waxing

Waxing juga menjadi cara menghilangkan bulu ketiak yang banyak orang lakukan. Caranya yaitu dengan mengoleskan cairan lilin lalu menempelkan kain di atasnya. Setelah itu, tarik kain yang menempel dengan kuat agar bulu tercabut sampai ke akar. Terdengar cukup seram ya, meskipun begitu hasilnya juga memuaskan kok.

Menghilangkan bulu ketiak dengan waxing bisa bertahan selama 3-6 minggu. Hampir sama dengan mencabut bulu ketiak. Namun sayangnya waxing juga berisiko menyebabkan iritasi, ruam kemerahan, dan peradangan. Sebelum waxing, pastikan kamu mengetahui caranya yang benar.

Menggunakan Bahan Alami

Ada beberapa bahan alami yang diyakini mampu menghilangkan bulu ketiak tanpa rasa sakit. Beberapa bahan yang bisa digunakan yaitu mentimun, lemon, kunyit, pepaya, dan jintan putih.

Jika menggunakan mentimun, kamu hanya perlu memarutnya seperti biasa. Setelah itu, campur parutannya dengan air perasan jeruk nipis. Oleskan pada ketiak dan diamkan selama sekitar 15 menit. Terakhir bersihkan menggunakan air hangat. Cara menghilangkan bulu ketiak dengan bahan alami ini belum terbukti, jadi lebih baik konsultasikan terlebih dahulu.

Menggunakan Metode Laser

Cara menghilangkan bulu ketiak yang terakhir adalah menggunakan metode laser atau Intense Pulsed Light (IPL). Cara ini sangat efektif karena hasilnya yang tahan lama. Akan tetapi prosedur IPL juga berisiko membuat iritasi, kulit kemerahan, perubahan warna kulit, dan muncul jaringan parut. Pastikan melakukan IPL di bawah pengawasan dokter kecantikan. Dengan diawasi dokter kecantikan, hasil laser akan lebih maksimal dan terjamin keamanannya.

Artikel Terkait  Jangan Asal Beli, Inilah 5 Jenis Bahan Kosmetika Berbahaya yang Perlu Kamu Waspadai

Itulah beberapa cara menghilangkan bulu ketiak yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa memilih caranya sesuai keinginan masing-masing. Ketika ada tanda iritasi atau infeksi muncul akibat menghilangkan bulu ketiak, kamu harus segera memeriksakan diri ke dokter.

Tinggalkan komentar