Jenis Masker Wajah Wanita

Jenis Masker Wajah – Semua wanita pasti ingin memiliki kulit wajah yang cantik, sehat, dan terawat. Selain pola hidup yang sehat dari makanan dan olahraga, kamu juga harus melakukan serangkaian perawatan wajah untuk memiliki kulit yang cantik dan sehat. Salah satu rutinitas yang tidak boleh dilewatkan dalam rangkaian perawatan wajah adalah menggunakan masker wajah.

Jenis Masker Wajah untuk Kecantikan

Masker sendiri dibutuhkan untuk menutrisi serta membersihkan wajah dari berbagai jenis kotoran dan sisa-sisa kulit mati. Ternyata ada cukup banyak jenis masker yang bisa kawan cantik pilih, antara lain:

Sheet Mask

Jenis masker pertama adalah jenis masker yang cukup sering digunakan wanita dalam perawatan kulit wajah. Sheet mask adalah lembaran tisu atau kapas yang berbentuk seperti topeng dengan bagian mata, bibir, dan hidung yang berlubang.

Jenis masker satu ini cocok digunakan oleh pemilik kulit kering. Meskipun pada dasarnya semua jenis kulit bisa mendapatkan manfaatnya. Pastikan menggunakan sheet mask setelah mencuci muka agar kandungan di dalamnya bisa meresap ke dalam kulit.

Mud Mask

Sesuai namanya, mud mask merupakan masker wajah yang menggunakan bahan dasar lumpur dengan kandungan berbagai mineral penting. Jenis lumpur yang paling banyak digunakan untuk pembuatan mud mask adalah lumpur abu vulkanis dan lumpur laut.

Kandungan air yang banyak membuat mud mask mampu menghidrasi kulit dengan baik. Masker satu ini juga cocok digunakan oleh semua jenis kulit. Selain itu, mud mask juga bermanfaat untuk melembapkan kulit.

Clay Mask

Clay mask sedikit mirip dengan mud mask. Pasalnya masker wajah satu ini menggunakan tanah liat sebagai bahan dasarnya. Jenisnya yang paling banyak yaitu bentonite dan kaolin.

Artikel Terkait  Eyeliner Waterproof yang Tahan Lama

Berkat berbagai kandungan mineral di dalam masker, clay mask bermanfaat untuk menyerap minyak, membersihkan kulit, mengatasi jerawat, hingga mencegah munculnya jerawat maupun komedo. Dari berbagai manfaatnya, clay mask sangat cocok digunakan oleh pemilik kulit berminyak yang cenderung lebih mudah berjerawat.

Exfoliating Mask

Exfoliating mask merupakan jenis masker yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk. Bahan aktif dalam produk eksfoliasi bisa dari bahan kimia ataupun bahan alami.

Beberapa bahan kimia yang bisa menjadi eksfoliator yaitu BHA, AHA, asam laktat, dan retinol. Sementara bahan alami yang bisa menjadi eksfoliator antara lain kopi, oat, dan gula. Bahan-bahan alami tersebut memiliki kandungan scrub yang membantu mengangkat sel kulit mati.

Namun yang perlu kawan cantik ketahui yaitu bahwa exfoliating mask tidak boleh digunakan secara berlebihan. Apalagi jika kamu memiliki kulit sensitif. Pasalnya exfoliating mask yang berlebihan bisa memicu iritasi pada kulit wajah.

Sleeping Mask

Masker yang lebih dulu populer di Korea Selatan ini diaplikasikan sebelum tidur. Pada umumnya, sleeping mask berbentuk gel atau krim yang dioleskan seperti produk moisturizer. Kamu bisa tidur saat menggunakan masker, lalu membersihkannya keesokan harinya.

Banyak orang suka dengan masker wajah satu ini karena mampu melembapkan kulit wajah dengan baik. Disamping itu, sleeping mask juga bisa meresap dengan baik ke dalam kulit.

Wash Off Mask

jenis masker wajah untuk wanita

Wash off mask termasuk masker yang beragam karena dapat berbentuk gel, krim, maupun bubuk yang dilarutkan dengan air. Cara mengaplikasikannya yaitu dengan mengoleskan langsung ke wajah baru kemudian dibilas menggunakan air hangat.

Kandungan setiap wash off mask berbeda-beda, jadi kamu harus membaca kandungannya sebelum menggunakan masker. Asam salisilat, sulfur, serta asam glikolat cocok untuk pemilik kulit berminyak. Sementara hyaluronic acid, aloe vera, dan lidah buaya cocok untuk pemilik kulit kering.

Artikel Terkait  Mengatasi Flek Menahun

Peel Off Mask

Jenis masker wajah yang terakhir adalah peel off mask. Masker ini berbentuk krim atau gel yang diaplikasikan langsung ke wajah. Dalam beberapa menit masker akan mengering. Apabila sudah kering, teksturnya berubah menjadi seperti karet yang dapat dikelupas.

Manfaat peel off mask yaitu mengangkat komedo, minyak, kotoran, maupun sel kulit mati. Produk peel off mask tidak dianjurkan untuk kulit sensitif karena membuat kulit terasa perih saat proses pengelupasan. Konsultasikan dulu dengan ahli apabila ingin menggunakannya.

Itulah berbagai jenis masker wajah yang perlu kamu ketahui. Selain menggunakan masker-masker di atas, tidak sedikit juga wanita yang membuat masker sendiri dari bahan alami.

Beberapa bahan alami yang sering digunakan yaitu madu, telur, gandum, oatmeal, kopi, dan lain sebagainya. Pemilihan jenis masker disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit masing-masing wanita.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar