Banyak Lipatan Perut? Ini Tips Mengatasinya

Memiliki tubuh yang ideal dan langsing adalah idaman seluruh Wanita. Namun lipatan perut yang muncul saat nongkrong bersama kawan-kawan cantik pasti bikin kita ga pede dong, duh jadi berasa insecure ya cantik?

Apa jadinya saat suasana santai tetapi harus menahan postur tubuh saat duduk agar perut tidak kelihatan gendut dan bergelambir? Perut berlipat ini terjadi akibat timbunan lemak di perut yang berlebihan sehingga jika berat Anda berlebihan maka dengan sendirinya perut Anda akan tampak lebih buncit dan ketika duduk akan menimbulkan lipatan.

Apa saja sih faktor penyebab perut berlipat-lipat?

Perut yang berlipat-lipat ketika duduk tidak selalu menandakan bahwa Anda merupakan seseorang yang gemuk. Bisa juga, otot perut yang tidak kencang atau duduk terlalu membungkuk yang menjadi penyebabnya. Karenanya, agar lebih obyektif, perlu diketahui dulu berapa berat badan, tinggi badan, dan lingkar perut kalian?

Perut yang besar penyebabnya ada banyak. Salah satunya, bisa karena penumpukan gas di saluran pencernaan. Misalnya akibat dispepsia (peningkatan asam lambung), ileus obstruktif (sumbatan usus), konstipasi (sembelit), dan sebagainya. Di samping itu, beberapa kondisi berikut bisa juga menyebabkan perut membesar seperti kegemukan atau obesitas, Massa intra abdomen, misalnya tumor, hepatomegali, splenomegali, Genetik (bawaan), dan sebagainya.

 

Ketimbang menduga-duga apa penyebab besarnya perut Kawan cantik, sebaiknya Anda periksakan dulu diri ke dokter.  Dengan begitu, dapat dinilai secara obyektif, apakah benar perut kalian besar, lantas apa penyebabnya, apakah karena penumpukan lemak, gas, atau lainnya. 

Selanjutnya, barulah penanganan yang tepat bisa dilakukan. Tidak perlu pola diet dan olahraga yang terlalu drastis. Saat ini, untuk membantu mengecilkan perut dan mengencangkan otot perut, Kawan cantik sebaiknya lakukan – langkah berikut:

Artikel Terkait  6 Penyebab Bibir Kering yang Perlu Kamu Tahu

Minum smoothie

Minum smoothie adalah cara yang bagus untuk tetap sehat karena mudah dibuat dan bisa menjadi mood booster untuk memulai hari.

Salah satunya smoothie semangka kaya akan asam amino bernama arginine yang dikenal berkhasiat mengurangi lemak tubuh dan merampingkan massa otot. 

Pilihan lainnya adalah smoothie nanas yang mengandung bromelain, enzim yang membantu mengurai protein dan mencegah kembung.

Makan dengan porsi lebih kecil

Ini termasuk cara paling mudah untuk mengecilkan perut dalam seminggu. Kalau biasanya kamu makan berat tiga kali sehari, coba perlahan mengubah kebiasaan tersebut dengan cara makan dalam porsi kecil dengan jarak antara 2 sampai 3 jam. 

Manfaatnya adalah mencegah lingkar perut semakin melebar dan membuat sistem metabolisme membakar lebih banyak lemak.

Atur konsumsi sayuran dan buah-buahan mentah

Kawan cantik kurangi mengkonsumsi terlalu banyak sayuran dan buah-buahan mentah dalam sekali makan. Lebih baik memakannya dalam porsi kecil-kecil yang dilakukan secara berkala dalam satu hari untuk mencegah lingkar perut melebar.

Kurangi produk susu

Produk-produk susu dapat menyebabkan perut kembung karena gas, khususnya bagi mereka yang intoleran terhadap laktosa, zat gula yang terdapat pada produk susu. 

Kawan cantik bisa mengonsumsi susu dan produk turunannya dalam porsi kecil. Untuk tetap menjaga bentuk badan, akan lebih baik jika kamu mengonsumsi produk susu yang dikombinasikan dengan bahan pangan lain.

Mengonsumsi makanan yang mengandung potassium

cara mengatasi lipatan perut

Makanan kaya potassium seperti alpukat, pisang, pepaya, mangga, dan yogurt punya manfaat yang mengurangi perut kembung. Hal ini karena potassium adalah diuretik alami yang membantu mengurangi penimbunan air dalam perut.

Makan lebih banyak buah beri

Buah beri punya manfaat melawan lemak dan telah dibuktikan oleh riset mampu mencegah sel lemak bertambah besar. Buah beri juga dapat membantu sel perut memproduksi adiponectin, hormon yang membantu mengurangi peradangan sekaligus menurunkan gula darah.

Artikel Terkait  Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil 

Makan lebih banyak kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga dapat membuat perut kamu tetap kencang. Riset menunjukkan orang yang mengonsumsi kacang-kacangan dua kali dalam seminggu lebih mudah menjaga berat badan dibanding mereka yang tidak.

Minum lebih banyak air putih

Selain bermanfaat untuk tubuh, minum air putih juga berguna bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan dan membuat perut tetap rata. 

Jika kamu minum cukup air putih, hal itu menjaga keseimbangan air dalam tubuh yang mengurangi penimbunan air, salah satu penyebab utama perut yang membesar. 

Air putih pun membuat kita merasa kenyang dan mencegah makan terlalu banyak.

Minum teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan bernama katekin yang bermanfaat mengurangi lemak perut. Minum teh hijau sebelum olahraga bisa menjadi cara yang bagus untuk mengecilkan perut dengan maksimal.

Mengkonsumsi jahe

Jahe tidak hanya mengurangi kembung dan menjaga usus, tapi juga mampu menghilangkan kelebihan gas dalam tubuh. Kamu bisa memarut sedikit jahe dan mencampurnya ke teh hijau, atau merebus akar jahe untuk membuat teh jahe. 

Selain jahe, peppermint juga bisa melawan perut kembung. Kamu bisa mengonsumsi peppermint dalam bentuk permen, teh, atau memasukkan daunnya ke air minum

Tidur lebih awal

Penyebab perut buncit memang beragam, termasuk kurang tidur. Tidur lebih awal punya banyak manfaat. Salah satunya, dengan tidur lebih awal kamu jadi terhindar dari rasa lapar di tengah malam. 

Selain itu, menjaga pola makan dan olahraga akan lebih efektif mengecilkan perut bila kamu cukup tidur. Kekurangan jam tidur dapat menghasilkan hormon stres bernama kortisol yang efeknya adalah membuat timbunan lemak di area perut.

Selain itu kawan cantik juga bisa menerapkan beberapa pola gaya hidup berikut 

  • Konsumsi camilan sehat di antara 2 waktu makan.
  • Kurangi konsumsi makanan tinggi kalori bila Anda mengalami kelebihan berat badan.
  • Jangan biasakan langsung berbaring atau tidur setelah makan.
  • Hindari makan terlalu malam (di atas jam 6-7 sore).
  • Kurangi makanan yang banyak mengandung gas, misalnya makanan pedas, berlemak, kafein, sawi, umbi-umbian, kol.
  • Olahraga teratur 3 hingga 4 kali dalam seminggu, misalnya jogging, renang, yoga, sit up, angkat beban, dan sebagainya
  • Jangan merokok
Artikel Terkait  Tips Atasi Tompel di Wajah

Merokok mungkin memang bisa menurunkan sedikit berat badan. Namun, lemak justru menumpuk di bagian perut. Merokok dapat mendorong lemak  ke daerah pusat sehingga menyebabkan perut lebih besar.

Gimana kawan cantik, Terdengar cukup mudah bukan? 

Namun untuk memiliki Badan yang sehat serta perut yang kencang dan ramping berproses dan penuh perjuangan serta ketelatenan, serta komitmen. Yang terpenting mau berusaha, ulet dan yakin ya…

Salam sehat semoga bermanfaat…☺️

Tinggalkan komentar