Tips Mengecilkan Perut

Memiliki perut buncit membuat banyak orang merasa kehilangan kepercayaan diri. Apalagi saat mengenakan baju tertentu, perut akan terlihat sangat besar. Lemak yang menumpuk di perut merupakan penyebab utama perut menjadi buncit. Tidak hanya terjadi pada orang dengan berat badan berlebih saja, perut buncit terkadang juga dimiliki oleh orang yang kurus.

Kawan cantik bisa mengecilkan atau meratakan perut dengan mengubah kebiasaan hidup. Berikut ini adalah tips mengecilkan perut yang bisa dilakukan:

Tips Mengecilkan Perut
Freepik.com

Olahraga Secara Rutin

Tips mengecilkan perut yang pertama yaitu dengan rutin berolahraga. Tidak perlu lama-lama, kawan cantik cukup melakukan olahraga setiap hari selama kurang lebih 30 menit. Pilih olahraga dengan intensitas sedang seperti berjalan, berenang, bersepeda, jogging, serta senam. Selain bisa mengecilkan perut, olahraga tersebut juga bisa meningkatkan denyut jantung, menjaga berat badan, serta membakar lemak.

Latihan Ketahanan

Jika kawan cantik ingin meningkatkan intensitas olahraga, latihan ketahanan bisa dijadikan pilihan. Bahkan jenis olahraga ini adalah yang paling populer untuk mengecilkan perut. Kelebihan latihan ketahanan yaitu membantu mengurangi kalori tanpa menghilangkan massa otot. Beberapa contoh latihan ketahanan yang bisa kawan cantik jalankan yaitu angkat beban, squat, dan lunges.

Mengkonsumsi Banyak Serat dan Protein

Tidak hanya olahraga saja, asupan makanan juga menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Perbanyak asupan serat dan protein untuk membantu mengecilkan perut. Serat membuatmu kenyang lebih lama sehingga tidak ingin makan terus. Sementara itu menurut penelitian, orang dengan asupan protein yang tinggi memiliki kadar lemak perut yang lebih rendah.

Meningkatkan Asupan Lemak Sehat

Beberapa orang menganggap lemak menjadi musuh untuk perut buncit. Padahal kawan cantik tetap membutuhkan lemak agar fungsi tubuh berjalan normal. Namun yang kawan cantik butuhkan adalah lemak tak jenuh atau lemak sehat. Beberapa contoh makanan yang mengandung lemak sehat adalah alpukat, minyak zaitun, minyak wijen, kacang-kacangan, dan lain-lain.

Artikel Terkait  Kebanyakan, Cewek Suka Jalan-jalan. Apa Benar?

Membatasi Karbohidrat dan Makanan Olahan

Ada makanan yang asupannya harus ditingkatkan, namun ada juga makanan yang harus dibatasi. Jenis makanan yang perlu kawan cantik batasi adalah makanan karbohidrat olahan seperti gula. Terlalu banyak gula bisa meningkatkan kadar lemak dalam darah dan menyebabkan diabetes. Ganti dengan sumber karbohidrat kompleks seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

Minum Air yang Cukup

Tips mengecilkan perut buncit selanjutnya yaitu memenuhi kebutuhan cairan. Sumber utamanya tentu saja air yang kawan cantik konsumsi setiap hari. Orang dewasa setidaknya harus minum air putih sebanyak 2 liter atau delapan gelas per hari. Selain dari air, kebutuhan cairan juga bisa dipenuhi dari buah-buahan, smoothies, sup, dan lain sebagainya.

Tidur yang Cukup

Tubuh membutuhkan istirahat dan tidur untuk membantu memulihkan diri. Tidak hanya untuk kesehatan saja, tidur yang cukup nyatanya juga membantu mengecilkan perut. Hal tersebut lantaran kurang tidur membuat seseorang menjadi lebih mudah lapar. Apalagi jika malam hari waktunya istirahat, perut akan lebih mudah lapar.

Jangan Stress

Stress memicu meningkatnya produksi hormon kortisol dalam darah. Ketika hal tersebut terjadi, kawan cantik akan lebih sulit mengendalikan nafsu makan dan mengatur aktivitas. Bahkan tidak sedikit orang yang mengalami emotional eating hingga menyebabkan kenaikan berat badan. Kelola stress dengan cara yang tepat untuk mengecilkan perut misalnya yoga dan meditasi.

Mengunyah Makanan Secara Perlahan

Saat mengunyah makanan terlalu cepat, asupan kalori yang didapatkan tubuh biasanya akan berlebih. Hal tersebut lantaran otak tidak memiliki kesempatan untuk mengirim sinyal rasa kenyang. Tidak hanya itu saja, mengunyah secara cepat juga menyebabkan sembelit atau masalah pencernaan lainnya. Sementara mengunyah secara perlahan membantu mencegah perut kembung dan menjaga asupan kalori sehingga perut tidak semakin buncit.

Artikel Terkait  Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing

Konsisten dengan Gaya Hidup Sehat

Tips terpenting yang wajib kawan cantik terapkan ketika akan mengecilkan perut adalah konsisten dengan gaya hidup sehat. Jika tips di atas hanya dilakukan sebentar saja, maka perut buncitmu akan kembali lagi. Jadi pastikan pola dan gaya hidup sehat diterapkan seumur hidup. Bukan hanya perut buncit saja yang hilang tapi tubuhmu juga akan lebih sehat.

Itulah tips mengecilkan perut buncit yang bisa kawan cantik terapkan. Lakukan dengan konsisten agar kawan cantik bisa mendapatkan tubuh ideal sehingga menjadi lebih percaya diri.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar