11 Buah ini Bisa Redakan Radang Tenggorokan

Saat akan mengalami flu berat maupun batuk, biasanya akan menimbulkan gejala seperti radang tenggorokan. Radang tenggorokan atau faringitis merupakan kondisi nyeri, gatal, dan rasa sakit ketika menelan. Faringitis ini bisa timbul karena virus seperti Influenza, Rhinovirus, Epstein-Barr, dan bakteri Streptococcus grup A.

Orang yang terserang virus dan bakteri tersebut, biasanya gejalanya baru akan muncul 2 hingga 5 hari setelah terinfeksi. Apabila mengalami radang tenggorokan tentunya akan lebih baik apabila segera diobati.

Selain menggunakan obat dari dokter, sebenarnya kita juga bisa mengobati radang tenggorokan dengan buah-buahan lho. Buah yang kaya akan antioksidan dan anti inflamasi sangat baik untuk meredakan radang tenggorokan.

Buah untuk meredakan radang tenggorokan

Anda bisa mengkonsumsi beberapa jenis buah -buahan berikut ini untuk meredakan radang tenggorokan.

1. Jeruk nipis

Buah jeruk nipis memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu meredakan radang tenggorokan akibat bakteri. Akan tetapi, meskipun jeruk nipis dapat membantu meredakan radang tenggorokan, sebaiknya jangan mengkonsumsi buah ini secara berlebihan. Karena jeruk nipis memiliki tingkat keasaman tinggi yang bisa berpotensi merusak email gigi serta dapat memicu peningkatan asam lambung.

2. Lemon

Seperti yang sudah kita ketahui, buah lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan antioksidan yang kuat. Oleh karena itu, buah lemon juga bisa membantu untuk meredakan radang tenggorokan. Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa mencampurkan lemon dengan air hangat dan madu.

3. Pisang

Buah lain yang bisa membantu meredakan radang tenggorokan adalah pisang. Dalam buah pisang ini, di dalamnya mengandung serat, kalsium, fosfor, protein, lemak dan energi yang bisa membantu untuk meredakan radang tenggorokan.

4. Alpukat

Buah yang mengandung folat, kalium, zat besi dan vitamin C, K, E serta B6 ini juga bisa membantu meredakan faringitis. Karena kombinasi dari nutrisi dalam buah alpukat tersebut bersifat antiperadangan.

Artikel Terkait  Pilihan Pasta Gigi Aman untuk Ibu Hamil

5. Pepaya

Dalam buah pepaya, juga mengandung tinggi antioksidan yang bisa membantu meredakan gejala peradangan. Selain itu dalam buah pepaya juga mengandung vitamin C, serat, kalsium, folat, potasium dan magnesium yang baik bagi kesehatan tubuh.

6. Nanas

Enzim bromelain yang terdapat dalam buah nanas juga dapat membantu meredakan nyeri akibat radang tenggorokan. Dalam buah nanas juga terdapat antioksidan serta vitamin C yang efektif untuk menangkal radikal bebas penyebab radang.

7. Buah naga

Selain nanas ternyata buah naga juga bisa membantu untuk meredakan faringitis. Karena dalam buah naga juga mengandung antioksidan yang dapat mengusir sekaligus menetralkan radikal bebas dari dalam tubuh. Ditambah lagi kandungan vitamin C, betalains dan karotenoid, yakni beta-karoten serta likopen dalam buah naga ini efektif untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit.

8. Delima

Buah delima mengandung kalsium, kalium, fosfor, asam folat, zat besi, protein, dan vitamin C, B kompleks serta K yang baik untuk meredakan radang tenggorokan. Untuk membantu meredakan faringitis, disarankan untuk mengkonsumsinya 3 kali dalam seminggu.

9. Stroberi

Stroberi mengandung nutrisi seperti mangan, vitamin C, dan serat makanan. Kombinasi nutrisi pada buah stroberi tersebut dapat dijadikan alternatif untuk meredakan radang tenggorokan.

10. Kiwi

Buah kiwi merupakan salah satu buah yang sangat baik untuk menangkal infeksi radang tenggorokan. Kiwi mengandung mikronutrien tertentu, yang bila dikonsumsi akan meningkatkan pergerakan sel darah putih dalam aliran darah. Sesuai dengan ilmu pengetahuan, sel darah putih ini melindungi tubuh manusia dari benda asing seperti kuman.

11. Semangka

Kandungan antioksidan likopen pada buah semangka akan membatasi penyakit pada manusia dan membantu mencegah peradangan pada sistem pernapasan selama infeksi. 

Artikel Terkait  Ini Dia Alasan Tidak Ada Vitamin F, G, H, I dan J

Itulah beberapa jenis buah yang bisa membantu meredakan radang tenggorokan. Namun apabila kondisi belum membaik, sebaiknya periksa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.***


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar