Redakan Radang Tenggorokan dengan 6 Minuman ini

Radang tenggorokan atau faringitis merupakan salah satu masalah kesehatan yang sangat mengganggu. Ketika mengalami radang tenggorokan, juga bisa menyebabkan tidak berselera makan karena susah untuk menelan.

Faringitis terjadi terjadi pada bagian belakang leher yang berhubungan dengan saluran makanan dan saluran napas.Gangguan kesehatan ini biasanya disertai dengan gejala seperti kesulitan menelan, batuk, dan suara serak.

Karena saat mengalami radang tenggorokan sangat mengganggu, maka banyak orang yang mencari obat radang tenggorokan untuk meredakan sakitnya. Selain menggunakan obat dari dokter, untuk meredakan faringitis sebenarnya juga bisa menggunakan bahan alami seperti minuman berikut ini.

Minuman untuk meredakan radang tenggorokan

Berikut beberapa rekomendasi minuman yang bisa meredakan radang tenggorokan.

1. Air hangat, perasan lemon, dan madu

Minum air hangat bisa membantu meredakan tenggorokan yang sedang sakit. Dengan menambahkan madu yang di dalamnya terdapat zat anti-peradangan serta lemon yang mengandung vitamin C akan bisa membantu mempercepat pemulihan radang tenggorokan.

2. Air garam hangat

Anda bisa menggunakan segelas air hangat yang dicampur dengan setengah sendok teh garam untuk berkumur. Untuk membantu meredakan faringitis, kumurlah dengan air garam hangat beberapa kali sehari.

3. Teh herbal

Untuk meredakan tenggorokan saat radang tenggorokan, bisa juga dengan minum teh herbal seperti teh chamomile atau teh jahe. Teh herbal tersebut bisa membantu untuk meredakan tenggorokan yang sakit.

4. Teh peppermint

Teh peppermint juga dapat digunakan sebagai minuman pelega sakit tenggorokan. Kandungan anti-peradangan dalam teh ini dapat menenangkan tenggorokan yang meradang. Selain berkhasiat sebagai obat sakit tenggorokan alami, teh ini juga dapat membantu mengatasi hidung tersumbat.

5. Wedang jahe

Wedang jahe juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, terutama sakit tenggorokan akibat infeksi virus. Minuman penghangat badan ini juga baik untuk dikonsumsi saat tidak enak badan.

Artikel Terkait  Detox Usus, menjadi Salah Satu Cara dalam Mengatasi Usus Kotor

6. Jus

Ketika mengalami radang tenggorokan, biasanya akan membuat orang tidak nafsu makan karena terasa sakit saat menelan.Padahal asupan nutrisi dalam makanan sangat penting untuk melawan penyakit. Selain itu, apabila tidak makan juga bisa membuat badan menjadi lemas.

Untuk mengatasi hal tersebut, penderita faringitis dianjurkan untuk mengkonsumsi jus buah dan sayur. Pilihlah buah dan sayur yang kaya akan antioksidan seperti blueberry, stroberi, mangga, bayam, atau kol merah.

Itulah beberapa minuman yang bisa membantu meredakan sakit tenggorokan. Radang tenggorokan sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti:

Infeksi virus

Radang tenggorokan bisa disebabkan karena Virus seperti rhinovirus (penyebab flu biasa), adenovirus, atau virus Epstein-Barr

Iritasi

Paparan terhadap iritan lingkungan seperti asap rokok, polusi udara, atau bahan kimia berbahaya dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan radang.

Infeksi bakteri

Paparan terhadap iritan lingkungan seperti asap rokok, polusi udara, atau bahan kimia berbahaya dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan radang.

Aktivitas berlebihan tenggorokan

Berteriak secara berlebihan atau berbicara terlalu keras dalam jangka waktu yang lama juga bisa memicu timbulnya iritasi tenggorokan dan menyebabkan radang.

Alergi

Terdapat sebagian orang yang memiliki alergi pada keadaan atau benda tertentu seperti bulu hewan, debu, atau alergi lainnya. Alergi tersebut juga bisa memicu adanya reaksi alergi di tenggorokan dan menyebabkan radang.

Untuk itu agar terhindar dari radang tenggorokan, sebaiknya kita terus menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Selain itu juga rutin melakukan olahraga serta menjalankan pola hidup yang sehat. 

Selain minuman 11 Buah ini Bisa Redakan Radang Tenggorokan ***


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar