Gabut Saat Ngabuburit? Bikin Kerajinan dari Stik Es Krim Aja

Di bulan ramadhan biasanya kita menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa dengan ngabuburit. Nah mengingat saat ini masih terjadi pandemi kita bisa menggunakan waktu ngabuburit dengan aktivitas produktif di rumah. Misalnya dengan membuat kerajinan dari stik es krim.

Stik es krim biasanya terbuat dari bahan kayu albasia atau sengon. Bentuknya pipih dengan ukuran yang sama untuk semua jenis es krim. Setelah memakan es krim favoritmu, jangan buru-buru membuang stiknya. Pasalnya stik es krim bisa disulap menjadi kerajinan yang cantik dan bernilai fungsi tinggi.

Ada banyak sekali kerajinan yang bisa Kamu buat dengan stik es krim. Tenang saja, cara membuat kerajinan dari stik es krim ini mudah dibuat dengan bahan-bahan yang tak sulit dicari. Daripada penasaran, langsung saja berikut ini adalah macam-macam kerajinan dari stik es krim:

Lampu Tidur atau Lampu Meja Hias

Kerajinan pertama yang bisa Kawan cantik buat dengan stik es krim adalah lampu tidur atau lampu meja hias. Beberapa bahan yang perlu disiapkan adalah stik es krim secukupnya, lampu, kardus, kabel, dan dudukan lampu. Rekatkan stik es krim hingga membentuk bujur sangkar.

cara membuat kerajinan dari stik es krim lampu tidur

Buat bentuk tersebut beberapa buah kemudian susun menjadi satu. Potong kardus sesuai ukuran bujur sangkar, lalu pasang dudukan dan lampu di tengahnya. Hubungkan kabelnya dan pasang di bagian tengah. Beri sedikit kreasi agar lampu tidur atau lampu meja hias tersebut lebih menarik.

Vas Bunga

Vas bunga dari stik es krim tidak hanya cantik dan menarik namun juga anti pecah. Susun stik es krim satu per satu hingga membentuk tabung. Ukuran vas bunga ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Bagian alas juga harus disusun dari stik es krim yang dibentuk sesuai alas tabung.

Artikel Terkait  10 Kreasi Kerajinan Kardus yang Wajib Di Coba

cara membuat vas bunga dari stik es krim

Pasangkan tabung stik es krim pada bagian alas menggunakan lem. Langsung letakkan bunga kecil ke dalam vas tersebut. Tambahkan beberapa hiasan seperti pita, pagar di bagian depan, atau cat warna kesukaanmu.

Kotak Tisu

Kotak tisu bisa digunakan sebagai hiasan di ruang tamu, meja kerja, atau meja belajar. Agar lebih indah, Kamu bisa mewarnai stik es krim dengan warna favorit terlebih dahulu. Tunggu hingga kering baru mulai buat kotak tisunya. Pertama buat bagian alasnya terlebih dahulu dengan menyusun stik secara mendatar, rekatkan menggunakan lem.

Lanjutkan dengan menyusun stik es krim pada keempat sisi alas. Lakukan secara berselang-seling hingga tinggi sesuai yang Kamu inginkan. Terakhir buat bagian tutupnya dengan cara yang sama seperti saat membuat alas. Namun berikan lubang di bagian tengah agar tisu bisa keluar. Pada salah satu sisi, Kamu bisa merekatkan magnet untuk isi ulang tisu jika habis.

Bingkai Foto

Jenis kerajinan dari stik es krim yang paling populer adalah bingkai foto. Kerajinan ini mudah sekali dibuat sehingga sering dipilih oleh para pemula. Beberapa bahan yang dibutuhkan yaitu kuas, gunting, lem tembak, dan kertas yang tebal. Siapkan pola bingkai yang Kamu inginkan dan susun stik sesuai pola tersebut.

kerajinan tangan dari stick es krim foto frame

Tambahkan hiasan berupa glitter, stiker, atau pita. Untuk menahan foto, Kamu bisa menambahkan karton atau tripleks di bagian belakang. Selain menambahkan hiasan, kebanyakan orang mewarnai stik es krim sebelum dibuat bingkai foto agar hasilnya semakin menarik.

Hiasan Dinding Hexagonal

Hiasan dinding dibutuhkan agar ruangan semakin estetik dan menarik. Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menghias dinding. Pasalnya stik es krim bisa digunakan untuk membuat hiasan dinding hexagonal. Gunakan kreativitasmu untuk menghasilkan hiasan dinding yang menarik.

Artikel Terkait  5 Ide Me Time untuk Wanita, Mana yang Paling Kamu Suka?

membuat hiasan dinding dari stik es krim

Salah satu yang bisa Kamu buat adalah rak dengan bentuk hexagon. Susun stik es krim membentuk segi enam. Buat bentuk tersebut sebanyak yang dibutuhkan, setelah itu susun hingga ketebalan yang diinginkan. Susun sesuai kreativitas karena raknya bisa bermacam-macam pola. Selain hexagonal, Kamu bisa membuat bentuk lain seperti persegi atau segitiga.

Pembatas Buku

Ide kerajinan dari stik es krim yang terakhir adalah pembatas buku. Kerajinan ini sangat mudah, simple, dan tidak membutuhkan banyak bahan. Kamu yang hobi membaca buku pasti juga akan semakin semangat dengan karyamu ini. Caranya sangat mudah, Kamu tinggal melukis setiap stik es krim sesuai selera. Selain melukis, Kamu bisa menggunakan stiker atau hiasan lain untuk menghiasi stik.

ide kreasi stik es krim pembatas buku

Itulah berbagai macam kerajinan yang bisa dibuat dari stik es krim. Selain digunakan sendiri, kerajinan tersebut juga bisa Kawan cantik jual. Karena membutuhkan banyak stik es krim, Kamu bisa membelinya di toko terdekat atau secara online. Saat ini stik es krim sudah banyak dijual untuk membuat kerajinan. Selamat berkreasi!

Tinggalkan komentar