Ide Kreasi Kain Flanel

Kain flanel adalah jenis kain tenun lembut yang terbuat dari wol carded atau benang worsted. Namun seiring perkembangan zaman, kain flanel juga dibuat dari bahan lain seperti serat sintetis dan katun. Warnanya yang beragam dan harganya yang terjangkau membuat kain flanel sering dijadikan bahan dasar kreasi barang-barang unik. Jika kawan cantik sedang bosan, tidak ada salahnya mencoba membuat kreasi menggunakan kain flanel. Bahkan nantinya kreasi tersebut bisa dijual dan memberikan hasil yang menguntungkan. Sudah penasaran ide kreasi kain flanel yang mudah dibuat? Berikut beberapa di antaranya:

Ide Kreasi Kain Flanel

Sumber : Freepik

Boneka Lucu

Barang pertama yang bisa kawan cantik buat menggunakan bahan dasar kain flanel adalah boneka. Biasanya boneka dari kain flanel dijadikan sebagai dekorasi atau gantungan karena ukurannya yang kecil. Banyak bentuk boneka lucu yang bisa coba kawan cantik buat misalnya kepala gajah, kucing, sapi, karakter idol, dan lain sebagainya.

Sebelum membuat boneka, kawan cantik harus mencari referensi gambar atau pola melalui internet. Potong kain flanel mengikuti pola yang telah kawan cantik siapkan. Kemudian jahit sisi-sisinya dan terakhir isi kain menggunakan dakron agar menjadi boneka yang lucu. Jika ingin dijadikan gantungan, jangan lupa tambahkan tali di bagian atasnya.

Ikat Rambut

Cara membuat ikat rambut dengan kain flanel lebih mudah dibandingkan membuat boneka. Ada banyak model ikat rambut yang bisa kawan cantik coba. Untuk pemula disarankan memilih model yang mudah dibuat terlebih dahulu seperti bentuk bunga atau pita.

Langkah awal yang perlu kawan cantik lakukan adalah mencari pola kemudian menggambar desain dekoratif di atas kertas menggunakan spidol. Potong kain flanel sesuai dengan pola yang telah dibuat sebelumnya. Agar motifnya lebih tebal, buat masing-masing dua lapis. Terakhir yaitu menjahit kain flanel ke penjepit atau karet ikat rambut.

Artikel Terkait  Rekomendasi Pakaian Pendaki Wanita Berhijab Tetap Cantik di Puncak Gunung

Bros Bunga

Banyak sekali bros berbentuk bunga yang terbuat dari kain flanel. Selain harganya murah, warna-warninya juga sangat menarik. Cara membuat bros bunga hampir sama dengan cara membuat ikat rambut sebelumnya. Hanya saja kawan cantik perlu mengganti penjepit atau karet dengan peniti. Siapkan peniti dengan ukuran yang tidak terlalu besar ataupun kecil. Rekatkan peniti dengan kain flanel menggunakan lem tembak.

Pembatas Buku

Meskipun sudah ada e-book, namun masih banyak orang yang suka membaca buku fisik. Bagi mereka, pembatas buku merupakan barang yang penting agar tidak kehilangan halaman yang sudah selesai dibaca. Kawan cantik bisa membuat bentuk pembatas buku yang beragam mulai dari bintang, bulan, atau garis lurus yang dihias. Agar pembatas buku tegak, tambahkan isian kertas tebal di dalamnya lalu rekatkan menggunakan lem tembak.

Tempat Pensil

Daripada membeli tempat pensil, akan lebih baik jika kawan cantik membuatnya sendiri. Pasti lebih bangga membuat sendiri dibandingkan membeli barang yang sudah jadi. Apalagi cara membuatnya pun sangat mudah.

Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti kain flanel, jarum, gunting, serta botol bekas sebagai wadahnya. Jika ingin menambahkan aksesoris, siapkan juga kancing, pola tertentu, atau pita. Tutupi botol bekas dengan kain flanel, lalu tambahkan aksesoris sesuai dengan selera. Kreasi sangat dibutuhkan agar tempat pensil lebih menarik.

Buket Bunga

Ide kreasi kain flanel selanjutnya adalah buket bunga artifisial. Cara membuatnya sebenarnya cukup mudah. Kawan cantik hanya perlu memotong kelopak bunga lalu menyatukannya dengan lem tembak. Warna-warni kain flanel yang beragam membuat buket bunga tampak sangat indah.

Buket ini nantinya bisa dijual atau dijadikan hadiah untuk orang tersayang di momen spesial. Jika kawan cantik ingin menjadikannya sebagai hiasan, kawan cantik tidak perlu menjadikannya buket. Cukup bunga yang kemudian dimasukkan ke vas cantik.

Artikel Terkait  Outfit Kondangan Untuk Remaja

Tempat Kacamata atau HP

Ide kreasi terakhir yang bisa kawan cantik buat menggunakan kain flanel adalah tempat kacamata atau HP. Jadi tampilannya seperti dompet yang bisa melindungi kacamata atau HP milikmu. Siapkan bahan-bahan seperti kain flanel, lem, pensil, dan jarum jahit.

Setelah semuanya siap, kawan cantik bisa membuat pola berbentuk persegi panjang saja. Satukan pola tersebut dengan cara menjahitnya. Selanjutnya hiasi tempat kacamata dengan bentuk tertentu seperti bintang, hewan, dan lain-lain. Tambahkan kancing di bagian penutup agar kacamata atau HP milikmu lebih aman.

Itulah beberapa ide kreasi kain flanel yang bisa kawan cantik coba. Mudah bukan? Semoga ide-ide di atas bisa membantumu menemukan kreasi yang tepat untuk menghabiskan waktu luang.

Tinggalkan komentar