Pilihan Tanaman Hias untuk Interior Ruangan

Bicara Mengenai tanaman hias, Tentunya kawan cantik sudah tidak asing lagi untuk sebagian orang juga mengoleksi tanaman hias ini. Bahkan untuk mereka pecinta tanaman hias tidak segan – segan merawat jenis tanaman hias yang cukup beragam. Hingga merogoh kocek dalam – dalam guna memperindah tampilan Taman ataupun di dalam ruangan sekalipun.

Selain untuk mempercantik tampilan rumah hingga luar rumah, Terdapat sejuta manfaat lain diantaranya untuk membuat udara sejuk dan juga sebagai terapi kesehatan.

Tanaman Hias terbagi menjadi dua yaitu tanaman dalam ruangan( Indoor) dan Tanaman Hias luar ruangan ( Outdoor) atau luar rumah. Namun, kali ini yang akan kita bahas lebih lanjut yaitu tanaman dalam rumah atau tanaman yang cocok di tanam didalam ruangan.

Eits jangan salah tanaman indoor ini sekaligus memberikan manfaat untuk kesehatan loh! Yuk, intip apa saja jenis tanaman yang multimanfaat ini ya?!

Berikut ini beberapa jenis tanaman hias yang cocok ditanam didalam ruangan, sekaligus memberikan dampak positif untuk terapi kesehatan untuk penghuni rumah ketika dirawat dengan baik dan benar.

Rekomendasi Tanaman Hias Dalam Ruangan

Lingkungan tampak asri dan sejuk memang menjadi dambaan bagi setiap orang, Ketika lahan kurang memadai salah satu alternatif bisa menanam sekaligus merawat tanaman di dalam ruangan.

Rekomendasi Tanaman hias menurut para ahli :

Tanaman Peace Lily

Jenis tanaman hias yang pertama adalah tanaman Peace Lily. Bunga yang cinta damai ya hehe… Bunga Lily perdamaian memiliki sifat pembersih udara mampu menghilangkan Karbondioksida dan senyawa Organik yang mudah menguap (VOC) dari udara.

Tanaman ini berbunga dan menyenangkan secara estetika dan dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda dari waktu ke waktu, jelas Trevor Cates, seorang dokter naturopati di Park City, Utah, dan penulis Clean Skin From Within.

Artikel Terkait  Alasan kenapa Anda Harus Menggunakan Atap Alderon

tanaman hias dalam ruangan peace lily

Peace Lily ini mudah dalam perawatan karena tidak membutuhkan banyak cahaya, cocok hidup pada tempat yang teduh. Bunga ini dapat hidup bertahun- tahun menghasilkan bunga putih cantik dan lebar.

Namun untuk yang memiliki Buah hati balita dibawah umur ataupun hewan peliharaan sebaiknya dijauhkan diletakkan pada tempat khusus. Karena bisa memberikan dampak pembengkakan pada lidah ketika sampai tertelan.

Memang kita sebagai orang tua harus pandai- pandai memilih dan memilah menempatkan agar aman dari jangkauan anak- anak.

Spider Plant

Tanaman yang kedua yang memiliki manfaat untuk kesehatan yaitu Tanaman Spider Plant. Seperti namanya tanaman laba – laba atau disebut Chlorophytum comosum. 

tanaman hias dalam ruangan spider plant

Tanaman dengan ciri khas daun yang sempit kemudian daun yang dihasilkan pada batang panjang yang samar- samar menyerupai laba- laba” menurut Divisi Ekstensi University of Wisconsin-Madison.

Berdasarkan Penelitian NASA, meneliti tanah, akar, batang, daun, mikroorganisme dari beberapa tanaman hias telah menemukan bahwa tanaman ini dapat bertindak sebagai filter udara secara alami untuk mengurangi polutan.

Studi menunjukkan bahwa tanaman Spider Plant ini menghilangkan 95 persen formaldehida beracun yang dihasilkan udara dalam wadah Plexiglas tertutup kurun waktu 24 jam.

English Ivy

Tanaman serba guna Hedera Helix atau English ivy adalah salah satu tanaman serba guna. Mampu menurunkan kadar karbondioksida formaldehida serta racun di udara.

Tanaman ini pun cukup luwes bisa hidup di luar maupun di dalam ruangan sekalipun. Sebagai tanaman hias ivy biasanya dapat ditanam pada pot gantung.

tanaman hias dalam ruang english ivy

Ketika terkena paparan sinar matahari pun semakin bagus, namun perlu dilakukan penyiraman secara teratur dan menyeluruh ketika tanah sudah kering.

Tanaman Kuping Gajah

Rekomendasi Cromer untuk Anda yang akan menghabiskan waktu dengan tanaman hias kesayangan kalian bisa merawat Tanaman Telinga gajah. 

Artikel Terkait  Bau Toilet? Ini Dia Pemicunya

Tanaman Telinga (kuping) gajah dikenal dengan daun yang lebar dan berbentuk hati. Mereka mampu tumbuh semakin besar jadi dibutuhkan ruang yang cukup extra.

Secara medis daunnya dapat mengobati ketika kita terluka akibat sengatan serangga.

Rubber Plant

Tanaman dengan nama unik, tanaman yang memiliki sifat pembersih udara biasa disebut rubber plant atau Ficus elastica cocok sebagai tanaman hias dalam ruangan.

tanaman hias dalam ruang rubber plant tree

Menurut materi yang dibagikan kleh The Siil tanaman ini umumnya mudah dirawat, hanya perlu disiram setiap minggu atau lebih. 

Pastikan jauh dari jangkauan anak- anak dan juga hewan peliharaan karena bisa menjadi racun apabila tidak sengaja tertelan.

Tanaman Pakis

Kinerja terbaik sebagai pembersih udara berdasarkan studi tahun 2022 yang diterbitkan oleh Applied Sciences.

Tanaman yang cukup mudah untuk tumbuh menggantung. Membutuhkan kelembaban tanan yang konsisten sehingga membutuhkan banyak perhatian dan perawatan pemiliknya.

Sirih Gading

Tanaman memiliki bentuk daun Love atau hati berwarna hijau, ataupun kuning dan hijau marmer. Tanaman yang sangat mudah untuk tumbuh tanpa paparan sinar matahari langsung penyiramannya pun jarang.

Sirih Gading atau Epipremnum pinnatum, menurut penelitian bahwa tanaman ini mampu menurunkan kadar ozon dalam ruangan, mempermudah pernapasan sehat mengurangi resiko sakit sesak napas, bukan hanya itu saja menghilangkan VOC dari udara.

Sukulen dan Kaktus

Menurut Cromer ” Sukulen dan Kaktus berkembang dengan sedikit atau tanpa perawatan” Tanaman yang bisa hidup dalam kekeringan, tidak memerlukan cukup banyak dan sering penyiraman. Saat tanah benar- benar kering saja ya!

tanaman hias dalam ruangan sukulen kaktus

Dengan beragam bentuk dan ukuran sebagai penghiasan ruangan sekaligus sebagai pembersih udara.

Tanaman Herbal

Tanaman herbal menjadi salah satu option yang tepat sebagai terapi kesehatan, tanaman herbal pun beragam seperti kemangi, mint, peterseli, lebih terjangkau daripada membeli herbal dari toko bahan makanan.

Artikel Terkait  Mengenal Komponen Kursi Santai Dilihat dari Berbagai Aspek

Chamomile dan lavender terbukti mengurangi kecemasan. Tanaman herbal juga mengandung vitamin, mineral, antioksidan bisa sebagai alternatif rutinitas diet Anda.

Tanaman Lidah Mertua

Nih ternyata Lidah mertua bisa menyehatkan ya, Eits namun Lidah mertua yang satu ini jenis tanaman loh ya! Tanaman Lidah mertua ini masuk dalam studi NASA tentang tanaman dalam ruangan, yang telah terbukti menghilangkan racun dari udara dari waktu ke waktu.

Lidah mertua memiliki daun yang tumbuh secara vertikal dan tinggi. Tanaman yang di dekoratif dengan perawatannya yang rendah.

Menurut para ahli HGTV Lidah mertua hanya perlu penyiraman saat tanah benar – benar kering bisa tumbuh dalam cahaya apa pun. 

Nah itulah beberapa rekomendasi tanaman Hias dalam ruangan yang patut Anda coba untuk menanam dan merawatnya.

Selain mempertimbangan untuk menyempurnakan keindahan di dalam ruangan menjadi lebih sejuk, namun beberapa tanaman diatas membuat udara menjadi bersih.

Udara yang bersih, Alami akan membuat suasana rumah menjadi nyaman dan kesehatan pun semakin meningkat dengan adanya tanaman sebagai pembersih udara sekaligus bisa memanjakan mata namun tetap memberikan dampak positif untuk kesehatan.

Jadi tunggu apa lagi! Yuk mulai hidup sehat dengan udara yang segar dan sehat bisa kita ciptakan secara mandiri di dalam ruangan rumah kita.

Wujudkan hunian impian yang adem, ayem, serta sehat! 

Satu pemikiran pada “Pilihan Tanaman Hias untuk Interior Ruangan”

Tinggalkan komentar