Cara Memakai Kontak Lensa untuk Pemula maupun yang Ahli

Mempunyai kontak lensa atau soft lens, merupakan hal yang sekarang digemari oleh anak muda karena dianggap ptaktis, dan bisa membuat tampilan lebih menwan. Bayangkan saja, yang biasanya pakai kacamata agar bisa melihat jelas, kini hanya bisa memakai softlens saja sudah jelas.

Softlens terasa menakutkan karena ditempel langsung ke mata, dan apabila salah dalam memilih produk, maka risiko mata rusak bisa terjadi. Jadi, pintar-pintarnya kita dalam memilih softlens. Ada yang tampilan softlens-nya menakutkan, karena tidak cocok dengan pola wajah dan kulit tubuh.

Berikut, adalah cara dalam memasang kontak lensa yang aman dan lengkap:

1. Cuci Tangan terlebih Dahulu

Sebelum melakukan pemasangan lensa kontak, perlu kita membersihkan tangan dalam keadaan bersih. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sehingga akan menurunkan risiko infeksi mata. Hindari menggunakan sabun yang mengandung minyak atau parfum.

Karena kandungan tersebut, mampu menempel di permukaan lensa, sehingga terjadinya infeksi atau alergi bisa terjadi. Keringkan tangan sebelum menyentuh kontak lensa dan mata. Tangan, bisa dikeringkan dengan handuk bersih maupun tisu kering.

2. Ambil Lensa Kontak secara Hati-hati dari Tempatnya

Tata cara mengambil, dengan menggoyangkan terlebih dahulu secara perlahan tempat kontak lensanyua, sehingga lensa tidak menempel di tempatnya. Hal ini dilakukan sebelum membuka tempat lensa. Perlahan, ambil kontak lensa-nya dari tempatnya sampai menempel ke jari.

Saat menggunakan lensa, lebih baik menyelesaikan rangkaian pada satu sisi mata terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar antara lensa kanan dan lensa kiri tidak tercampur. Kamu, bisa mulai dengan mengambil lensa kontak sebelah kanan dengan hati-hati.

3. Cuci Kontak lensa sebelum Digunakan

Letakan lensa di tengah tangan, kemudian bilas dengan cairan khusus pembersih softlens. Hal ini memberikan rasa nyaman pada mata, terhindar dari infeksi. Jangan menggunakan cairan selain cairan khusus pembersih softlens, karena akan mengakibatkan infeksi.

Artikel Terkait  Cara Menghilangkan Kulit Ayam di Wajah

Membersihkan lensa kontak dengan selain cairan khusus, akan meningkatkan risiko terkena infeksi mata, seperti keratitis. Sebelumnya, kamu juga perlu memeriksa lensa kontak yang ada sebelum digunakan. Ini mencegah lensa yang rusak dan tidak sesuai bentuk (sempurna).

4. Mulai Pasang Kontak lensa dengan Benar

Cara memasang kontak lensa yang pertama, dengan berdiri di depan cermin. Buka mata dengan cara menarik kelopak mata bagian atas dengan menggunakan jari tangan kiri. Lakukan tarikan kelopak mata bawah dengan jari tengah kanan, dan pasang softlens di permukaan bola mata.

Pastikan, kamu melihat ke arah depan atau ke atas saat softlens dipasang. Hal ini, agar menyesuaikan dengan kelopak matamu agar bisa melihat dengan jelas. Jadi, jangan sampai salah dalam memegang kelopak mata, karena salah tempat dan teknik saja, bisa membuat mata merugi.

5. Tutup Mata dengan Perlahan

Maksudnya adalah, lakukan tutup mata secara perlahan, dan berkedip, kemudian memutar bola mata agar lensa terpasang dengan sempurna. Bukalah mata dan lakukan kedip beberapa kali. Periksa kembali di cermin apakah posisi lensa sudah pas.

Jika softlens sudah terpasang sempurna, maka kamu akan bisa melihat dengan nyaman dan jelas. Bila terasa tidak nyaman, maka lepaskan dan pasang kembali. Jika lensa kanan sudah terpasang dengan benar, maka lanjutkan pemasangan sebelah kiri. Caranya sama.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menggunakan Kontak lensa

Ada, beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan kontak lens, diantaranya:

  1. Pastikan menggunakan cairan pembersih khusus dalam membersihkan kontak lens.
  2. Sering lakukan kedipan mata saat menggunakan lensa, sehingga membantu lensa tetap lembap dan bersih.
  3. Selalu hidrasi mata dengan obat tetes mata khusus softlens, agar menghindari mata kering.
  4. Gunakan pelindung mata apabila berada di tempat berdebu maupun berpolusi udara.
  5. Lepaskan softlens apabila mata terasa tidak nyaman, daripada sakit, dan membuat mata merah, terkena iritasi.
  6. Segera periksakan ke dokter apabila kamu mengalami mata merah, nyeri, sensitif terhadap cahaya, sehingga mengalami gangguan penglihatan.
Artikel Terkait  Inspirasi Outfit Ala Selebgram

Itulah penjelasan mengenai cara memakai kontak lensa agar bisa terpakai dengan maksimal, dan ada yang peru diperhatikan selama penggunaan lens, semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar