Cantik Ini Lho Kadar Kolesterol Normal untuk Wanita

Kawan cantik, banyak penyakit yang bisa diakibatkan oleh kolesterol, sebenarnya berapa sih kadar kolesterol normal untuk manusia? Yuk baca lebih lanjut di artikel Cantika kali ini.

Apa itu Kolesterol

Apa sih yang dimaksud dengan kolesterol? kolesterol adalah lemak alami yang diproduksi oleh hati, selain itu kolesterol juga ditemukan dari makanan yang mengandung lemak jenuh. Lemak jenuh ini umumnya bersumber dari hewan, baik berupa daging, jeroan, susu full cream, dan kulit ayam dan lain sebagainya.

Selain itu kolesterol juga terdapat pada berbagai jenis gorengan, nah siapa nih yang suka makan gorengan? hati-hati ya cantik.

Manfaat Kolesterol

Meskipun seringkali dianggap sebagai biang keladi berbagai macam sumber penyakit, namun kolesterol juga bermanfaat bagi tubuh kita. Beberapa manfaat kolesterol adalah sebagai berikut

  1. Melindungi sel tubuh
  2. Membantu produksi vitamin D dalam tubuh
  3. Menjaga fungsi otak
  4. Membentuk asam empedu
  5. Berperan penting dalam pembentukan kortisol
  6. Membantu pembentukan testosteron, progesteron dan estrogen

Jenis Kolesterol

Kolesterol sendiri memiliki dua jenis, kawan cantik mengenalnya sebagai kolesterol baik dan kolesterol jahat? Wah bisa ya sebuah zat memiliki sifat baik dan jahat?

Kolesterol baik dikenal dengan istilah high density lipoprotein atau HDL, yang memiliki fungsi mencegah terjadinya ateroma atau penyempitan pembuluh darah akibat lemak.

cara mengukur kadar kolesterol normal dalam darah

Kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL) berperan sebaliknya merupakan zat penyebab utama pembentukan ateroma. Ateroma ini bertanggung jawab terhadap terjadinya penyakit jantung ateroklerosis atau pengerasan pembuluh darah.

Ateroma menempel pada dinding arteri dan menyebabkan penumpukan plak lemak yang mengganggu kinerja pembuluh darah sehingga darah tidak lancar, inilah yang menyebabkan beberapa penyakit serius seperti serangan jantung dan stroke.

Berapa Kadar Kolesterol Normal Manusia?

Kolesterol setiap manusia pada dasarnya berbeda tergantung pada apa yang menjadi makanan mereka sehari-hari, selain itu kolesterol tinggi juga dapat terjadi karena faktor keturunan.

Artikel Terkait  7 Olahraga Ringan Untuk Ibu Hamil

Nilai normal kolesterol sendiri pada manusia diukur menggunakan satuan desiliter atau dl. Kadar kolesterol normal pada manusia adalah kurang dari 200 mg/dl.

Untuk menghitung kadar kolesterol normal pada wanita dan pria, kita memerlukan data kolesterol baik, kolesterol jahat dan juga trigliserida. Dengan patokan sebagai berikut

  1. kolesterol baik/HDL – minimal 60 mg/dl
  2. kolesterol jahat/LDL – maksimal 100 mg/dl
  3. trigliserida – kurang dari 150 mg/dl

Untuk menghitung kadar kolesterol dalam darah kita cukup menggabungkan total ketiga jenis lemak tersebut, yait HDL, LDL dan trigiliserida

Kadar kolesterol tinggi adalah 200-239 mg/dl berada dalam tahapan ambang batas tinggi, dan untuk nilai kolesterol di atas 240 masuk kategori kolesterol tinggi.

Jika kawan cantik berencana memeriksa kadar kolesterol, sebaiknya kawan cantik berpuasa kurang lebih 9-12 jam sebelum pemeriksaan. Ini untuk mengurangi distraksi akibat lemak jenuh yang masuk dalam makanan kita.

Makanan Penurun Kadar Kolesterol

Beberapa makanan memiliki kandungan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Diantaranya adalah ikan laut seperti sarden, salmon, tuna, makarel serta ikan kembung yang memiliki kandungan omega 3

Selain ikan laut, oatmeal, kacang-kacangan dan minyak zaitun dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah.

Yang lebih penting lagi kawan cantik harus menjaga pola hidup sehat seperti kebiasaan berolahraga serta menghindari kebiasaan buruk seperti begadang, merokok dan mengkonsumsi minuman keras.

Tinggalkan komentar