Mengatasi Anak Suka Membangkang

Mendidikan anak agar patuh bukan hal yang mudah dilakukan. Tidak jarang anak membantah bahkan membangkan pada apa yang dikatakan orang tua. Ketika anak melakukan hal tersebut, Kawan cantik tidak boleh langsung memarahi mereka.

Anak suka membangkang

Sumber : Popmama

Membantah atau membangkang pada orang tua menjadi salah satu fase perkembangan sosial dan emosional seorang anak. Kawan cantik harus mengetahui bagaimana cara mengatasinya agar hal tersebut tidak terus berlanjut dan menjadi watak yang buruk bagi anak. Berikut ini adalah cara mengatasi anak suka membangkang yang bisa dilakukan:

Jangan Memberikan Label “Pembangkang” Pada Anak

Ketika anak melawan atau membantah pada orang tua, jangan langsung melabeli mereka sebagai anak pembangkang. Anak akan semakin merasa terluka apabila mendengar label tersebut dari orang tuanya. Emosi sedang dominan pada diri mereka ketika marah atau membangkang. Saat itu mereka tidak bisa berpikir logis sama sekali, jadi memberikan nasehat atau memarahinya terasa percuma, malah bisa membuat mereka semakin marah.

Jangan Langsung Emosi atau Menghakimi Anak

Tidak sedikit orang tua yang ikut emosi ketika ada anaknya yang membangkang atau membantah. Padahal hal tersebut malah akan menambah masalah dan memperkeruh suasana. Bahkan terkadang anak akan semakin membangkang dan marah ketika orang tuanya ikut emosi. Sebagai orang yang lebih dewasa, Kawan cantik harus menghadapi anak yang membangkang dengan kepala dingin. Fokuslah pada apa yang diinginkan oleh anak, jangan hanya fokus mau didengar saja.

Ajak Bicara Berdua

Langkah terpenting yang harus Kawan cantik lakukan untuk mengatasi anak membangkang adalah mengajak berbicara berdua. Ada banyak hal yang bisa membuat anak membangkang, salah satunya yaitu mencari perhatian orang tua. Ketika anak sudah tidak emosi lagi, cobalah untuk ajak bicara berdua.

Artikel Terkait  Pasangan Posesif. Bagaimana Cara Mengatasinya?

Tanyakan mengapa anak melakukan hal tersebut. Kawan cantik juga harus bercerita mengenai sudut pandang orang tua agar bisa mendapatkan jalan tengah. Jangan lupa bicarakan mengenai aturan yang harus mereka ikuti. Ajak anak membuat aturan tersebut agar anak merasa dihargai dan dimengerti.

Coba Menjadi Teman Bagi Anak

Cara selanjutnya yang bisa Kawan cantik coba untuk mengatasi anak suka membangkang adalah menjadi teman bagi mereka. Kawan cantik harus mencoba masuk ke dunia anak agar bisa mengetahui apa kemauan mereka. Sebagian besar anak pembangkang malah berasal dari pola asuh otoriter.

Itu terjadi karena anak tidak memiliki kesempatan mengemukakan pendapatnya. Jadilah teman bagi anak agar mereka nyaman pada orang tuanya. Selalu ada bercerita, berdiskusi, dan bermain bersama sambil mengajari hal-hal penting mengenai etika.

Penuhi Semua Hak Anak

Setiap orang tua bertanggung jawab untuk memberikan perlindungan, keamanan, dan rasa nyaman pada anak. Mereka berhak mendapatkan apa yang menjadi haknya seperti makanan bergizi, tempat tinggal, mainan, dan juga pendidikan. Hak-hak yang tidak terpenuhi menjadi salah satu penyebab anak menjadi pembangkang. Dengan pendidikan yang baik, maka perilaku anak juga menjadi lebih baik.

Komunikasi dengan Teman atau Orang Tua Teman Anak

Anak yang seumuran pada umumnya memiliki perilaku yang tidak jauh berbeda. Ketika berkomunikasi dengan teman anak Kawan cantik ataupun orang tuanya, Kawan cantik mungkin bisa mendapatkan sudut pandang baru mengenai sikap membangkang mereka. Namun Kawan cantik harus ingat bahwa jangan pernah membandingkan anak yang membangkan dengan temannya. Hal tersebut bisa membuat mereka semakin sakit hati.

Ajari Nilai-Nilai Agama

Agama menjadi pedoman berperilaku di dunia. Semua agama mengajarkan kebaikan, termasuk berbakti dan berperilaku santun pada orang tua. Menanamkan nilai-nilai agama pada anak akan membuat mereka paham bahwa membangkan pada orang tua adalah perbuatan yang salah.

Artikel Terkait  9 Susu Ibu Hamil Trimester 1. Bisa Dicoba!

Terapkan Sistem Reward and Punishment

Cara mengatasi anak suka membangkang yang terakhir adalah menerapkan sistem reward atau penghargaan dan punishment atau hukuman. Ketika anak melakukan hal yang baik misalnya tidak lagi membantah orang tua, langsung berikan mereka pujian atau penghargaan. Begitu pula sebaliknya, jika anak membangkang dan selalu mengulanginya, berikan hukuman yang sudah disepakati bersama.

Itulah cara mengatasi anak suka membangkang yang bisa kawan cantik lakukan. Anak yang belum dewasa masih berproses untuk mencapai kematangan emosi. Jadi sebagai orang tua Kawan cantik harus memberikan pengarahan yang tepat agar watak buruk tidak berlanjut hingga dewasa.

Tinggalkan komentar