Jangan Asal Pilih! Berikut 9 Tips Memilih PAUD yang Tepat Bagi Anak

Pendidikan merupakan hal penting untuk menjalani masa depan. Bagi anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan langkah pertama dalam menjalani perjalanan akademis. PAUD juga menjadi bekal pembelajaran menuju jenjang pendidikan selanjutnya. Agar tidak salah pilih, simak tips memilih PAUD yang tepat bagi anak berikut.

Biasanya anak mulai memasuki PAUD pada usia 3 tahun. Dalam PAUD tersebut, akan terdapat pembinaan untuk mendukung tumbuh kembang anak agar siap memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.

Tentunya sebagai orang tua akan memilihkan PAUD yang tepat untuk buah hatinya. Karena dengan memilih PAUD yang tepat juga dapat menunjang perkembangan anak.

Tips memilih PAUD yang tepat bagi anak

Untuk memilih PAUD yang tepat bagi anak, berikut tips yang bisa Anda terapkan.

1. Mencari informasi sebanyak mungkin

Dengan mencari informasi sebanyak mungkin tentang PAUD, orang tua dapat mengetahui kondisi PAUD tersebut  mulai dari program belajar, biaya, cara pendaftaran, jadwal harian, waktu sekolah, dan jarak lokasinya dari rumah Anda.

Informasi tersebut dapat dicari melalui keluarga atau teman. Atau bisa juga mencari informasi melalui situs online atau media sosial dari PAUD tersebut.

2. Pilih PAUD dengan kurikulum dan metode pengajaran yang baik

Pada setiap PAUD memiliki kurikulum dan metode pengajaran yang berbeda-beda. Maka pilihlah PAUD dengan kurikulum dan metode pengajaran yang baik. Kurikulum yang dirancang dengan baik dapat merangsang perkembangan anak dan membuat segala aktivitas terasa menyenangkan.

3. Pastikan sikap guru dan staf baik kepada anak-anak

Memiliki guru dan staf yang berkualitas merupakan salah satu keunggulan yang harus dimiliki oleh PAUD. Karena sikap guru dan staf PAUD sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter anak.

Artikel Terkait  Sabun Cuci Botol Bayi

4. Pilih PAUD yang memiliki reputasi dan lisensi yang baik

Pastikan PAUD yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik serta memiliki lisensi, sehingga dapat menjamin keselamatan dan kesehatan anak.

5. Perhatikan fasilitas yang dimiliki

Fasilitas yang terdapat di PAUD juga penting untuk diperhatikan, seperti perpustakaan, ruang perawatan untuk siswa yang sakit, sarana untuk kegiatan yang disukai anak, dan juga permainan.

6. Pastikan kondisi PAUD bersih, aman, dan terawat

Karena anak hampir setiap hari akan mengunjungi PAUD tersebut, maka pastikan bahwa ia berada di lingkungan yang bersih, aman, dan terawat. Apabila PAUD menyediakan makanan untuk anak, pastikan bahwa makanan tersebut memenuhi standar kebersihan dan kesehatan.

7. Pilih PAUD yang dekat dengan rumah

Untuk memudahkan saat mengantar dan menjemput anak, dan agar anak .tidak kelelahan di jalan karena lokasi PAUD terlalu jauh, maka sebaiknya pilih PAUD yang lokasinya dekat dengan rumah.

8. Mengajak anak saat survei PAUD

Agar anak tertarik dan semangat untuk belajar, sebelum Anda memilih PAUD sebaiknya ajak anak untuk survei ke sekolah tersebut. Dengan mengajak anak, Anda bisa mengetahui apakah ia terlihat nyaman dan tertarik di lingkungan PAUD tersebut atau tidak.

Selain itu Anda juga bisa melihat interaksi langsung anak dengan guru dan staf di PAUD tersebut.

9. Pertimbangkan jumlah siswa pada setiap kelas

Sebuah PAUD sebaiknya tidak boleh terdapat lebih dari 20 siswa pada satu kelas. Serta pada kelas tersebut terdapat 1 guru untuk setiap 10 siswa. Dengan begitu perkembangan anak akan lebih terpantau oleh guru.

Oleh karena itu, sebuah PAUD yang baik harus memiliki guru dan staf yang cukup untuk memberikan perhatian dan perawatan yang dibutuhkan setiap anak.

Artikel Terkait  Penyebab ASI Sulit Keluar dan Solusinya: Membantu Ibu Menyusui dengan Lancar

Apabila mengikuti tips memilih PAUD yang tepat bagi anak tersebut, diharapkan anak bisa menempuh pendidikan awal di PAUD yang tepat. Sehingga anak bisa mendapatkan pembelajaran dan tumbuh kembang yang baik. ***


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar