Cara Alami atasi Mimisan Anak

Kawan cantik yang sudah menikah dan punya anak, pernah tidak mengalami mimisan anak? Kalau sudah berhubungan dengan keluar darah sedikit maupun banyak pasti bikin takut ya kawan cantik. Salah satu contohnya misalkan terjadi pada anak kita yang tiba-tiba mimisan, menangis histeris,merengek dan itu terjadi pada Anak kita yang lagi aktif-aktifnya diluar nih bun, biasanya kita pasti langsung panik,cemas khawatir anak kenapa-kenapa atau bahkan bingung mau ngapain?

Sebenarnya kita gak perlu risau dan galau, gundah gulana lagi yaa kawan cantik. Terlebih dulu kita harus tenang agar bisa berpikir lebih jernih dan terukur. Salah satunya dengan mencari alternatif yang paling dekat dengan lingkungan sekitar kita terlebih dulu, dengan mencari tanaman herbal yang bisa digunakan untuk pengobatan yang paling cepat, tepat dan pastinya alami, mudah didapat dan sudah terbukti khasiatnya

Mengatasi Mimisan Anak

Yap …bener banget bunda kita bisa memakai daun sirih, salah satu tanaman tradisional yang tidak asing lagi ditelinga kita para ibu-ibu. Tanaman yang mempunyai sejuta manfaat ini wajib banget kita punya ya cantik.

Karena salah satu manfaat yang sudah banyak dirasakan adalah untuk pengobatan mimisan atau Epistaksis yaitu pendarahan yang terjadi di hidung. Umumnya mimisan itu sendiri adalah kondisi yang cenderung tidak berbahaya akan tetapi tetap saja menyeramkan ya bun. 

Penyebab Mimisan

Hampir semua orang pernah mengalami mimisan,Meski begitu kondisi ini rentan terjadi pada anak-anak usia kurang lebih 3-10 tahun lansia, ibu hamil, penderita kelainan darah.

Biasanya karena kondisi udara yang cukup kering,darah mimisan bisa keluar dari salah satu lubang hidung atau kedua lubang hidung sekaligus dengan durasi yang berbeda beda ada yang berlangsung beberapa detik saja,namun ada juga yang lebih dari 20 menit.

Artikel Terkait  ASI Booster Terbaik untuk Memperbanyak Produksi Susu Ibu

Kalau masih dalam tahap wajar yuk bisa dilakukan secara mandiri buat kawan cantik yang sudah jadi bunda di rumah. Mimisan itu sendiri disebabkan karena adanya infeksi, mimisan juga biasanya diakibatkan oleh pembuluh darah yang pecah karena terlalu rapuh,pendarahan dari dalam hidung baik secara spontan ataupun yang disebabkan oleh hal-hal diluar penyakit.

Contoh kecilnya saja ketika anak kita salah saat membersihkan hidung,mengupil ,mengorek hidung terlalu bersemangat, hidung yang terlalu kering atau bahkan karena cedera sekalipun.Tak hanya itu mimisan juga sering disertai dengan sakit kepala, demam, alergi, flu membuang ingus terlalu kencang, sinus rongga hidung yang kering

Kita perlu waspada ya cantik kalau mimisan terjadi berulang-ulang karena bisa saja menjadi gejala dari suatu penyakit seperti gangguan pembekuan darah, hipertensi, atau sinusitis.

Cara Menangani Mimisan Pada Anak

cara mengatasi mimisan anak dengan daun sirih

Cara penanganan pertama saat mimisan pada anak menggunakan daun sirih:

  • Jangan berbaring,dan usahakan tetap duduk tegak,posisi duduk itu sendiri akan mempengaruhi pengurangan tekanan pembuluh darah dalam hidung,sehingga pendarahan cepat berhenti.
  • Pastikan Anak tidak memiliki alergi Daun sirih,dengan cara menempelkannya ke kulit terlebih dahulu.
  • Ambil daun sirih secukupnya,pilih dan pastikan daun dalam kondisi bersih,bagian daun gulung rapi kemudian masukkan kedalam hidung pastikan daun yang tajam di gunting rapi agar tidak melukai hidung dan membuat luka semakin parah.
  • Condongkan kepala sedikit kedepan agar darah yang keluar dari dalam hidung tidak masuk ke dalam tenggorokan,karena darah yang tertelan pun bisa mengakibatkan anak muntah.
  • Tunggu beberapa saat agar pendarahan berhenti secara perlahan .

Setelah mimisan usahakan dan awasi anak kita jangan mengorek hidung setidaknya selama 24 jam ya bun,jika langkah-langkah di atas belum menghentikan mimisan segera periksa pelayanan kesehatan terdekat.

Artikel Terkait  Hemangioma Pada Bayi

Tips Mencegah Mimisan

Bagi kita para orang tua ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk upaya pencegahan mimisan pada anak

  • Menjaga udara sekitar ruangan agar tidak terlalu kering.
  • Menggunting Kuku mencuci tangan secara rutin untuk mencegah luka ketika sedang mengorek hidung .
  • Mengoleskan krim pelembab khusus untuk rongga hidung anak.
  • Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan berkala,terutama jika anak memiliki indikasi alergi.

Buat kawan cantik yang kebetulan tidak memiliki tanaman daun sirih untuk mimisan, bisa menggunakan obat herbal mimisan yang tersedia di marketplace. Untuk membelinya bisa klik link ini ya cantik.

Kesehatan buah hati paling penting dan utama ya cantik, jangan sampai salah pilih berikan penanganan cepat dan tepat. Memilih dengan pengobatan tradisional tidaklah masalah karena daun sirih sudah tidak diragukan lagi manfaatnya.

Tinggalkan komentar