Mengapa Daya Baterai Mobil Cepat Habis? Temukan Penyebabnya Disini

Semua kendaraan mobil yang ada sekarang sudah menggunakan teknologi sistem injeksi sehingga sangat bergantung dengan komponen baterai. Hal ini membuat pemilik kendaraan harus tahu tentang kapasitas baterai dan berapa jumlah minimal tegangan yang dibutuhkan agar mobil tetap bisa menyala dengan optimal. Tegangan pada mobil akan sangat mempengaruhi kinerja sistem kelistrikan secara keseluruhan. Perlu diketahui bahwa dalam keadaan normal, angka voltase berada di rentang dari 12 sampai 12,5 volt. Lalu ketika mulai distarter oleh pengemudi, voltasenya harus ada di angka minimal 11,5. Sedangkan ketika sedang melaju dan mesin menyala maka voltase harus berada di angka 13 sampai 14 volt.

Jika daya pada baterai sudah menurun maka akan mempengaruhi voltase yang kemungkinan berada dibawah normal sehingga tidak maksimal dalam mengalirkan listrik ke semua sistem. JIka daya sudah benar-benar habis maka akan mempengaruhi banyak komponen yang tidak bisa berfungsi sama sekali. Berikut ini akan dijelaskan penyebab yang membuat daya baterai cepat habis, apa saja?

Masa pakai sudah habis

Setiap komponen tentunya memiliki masa pakai termasuk baterai yang berisi kapasitas untuk mengalirkan listrik. Jika kapasitas dalam baterai terpakai setiap hari maka lama-lama daya didalamnya akan habis. Jika daya sudah mau habis maka tegangannya juga akan semakin berkurang. Dalam hal yang lebih parah lagi, baterai sudah tidak bisa lagi menerima aliran listrik sehingga butuh perbaikan atau bahkan diharuskan ganti baru.

Altenator sudah rusak

Di dekat baterai terdapat komponen alternator yang berfungsi menjaga mobil terus dalam keadaan hidup. Dari proses inilah baterai mendapatkan pasokan listrik yang agar mobil bisa dikendarai, tetapi jika alternator sudah hampir rusak maka aliran listrik tidak bisa mengalir ke baterai.

Artikel Terkait  Ini Lho Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan TLO

Mesin sudah lama tidak nyala

memperbaiki mobil bekas

Untuk kendaraan yang tidak menyala dalam waktu lama maka akan membuat baterai kehabisan daya. Jika ingin meninggalkan kendaraan selama beberapa bulan maka ada baiknya menitipkan kepada saudara atau tetangga agar sering dipanaskan. Mobil bisa dipanaskan kapan saja, yang terpenting mesin mobil menyala setiap hari. Alasannya tentu karena saat mesin mati maka aliran listrik tetap mengalir ke beberapa komponen seperti immobilizer yang terus butuh aliran listrik. Jadi tegangan listrik akan tetap berkurang walaupun mobil tidak digunakan sama sekali.

Ketiga penyebab diatas membuat daya baterai habis dan harus ganti baru, jadi penting untuk mencari tahu apakah mobil bekas yang akan dibeli masih memiliki daya baterai yang masih bagus atau tidak. Jika memutuskan beli mobil second di platform mobbi tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut karena sudah pasti daya baterai masih bagus dan lolos inspeksi sehingga bisa dibeli banyak orang. Untuk harga mobil bekas Bandung dan area lainnya tentu ada yang berbeda tergantung dari faktor seperti kondisi dan tahun pembelian, sebaiknya cek kondisi mobil sekarang di mobbi.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar