Tips Servis Motor Matic buat Kawan Cantik

Kawan cantik pasti tahu betapa menyenangkan dan praktisnya memiliki sebuah motor matic. Motor ini menjadi kendaraan andalan kita untuk beraktivitas sehari-hari, mulai dari pergi kuliah, bekerja, hingga menjelajahi tempat-tempat baru. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memberikan perawatan yang baik pada kawan setia kita ini. Mengapa? Yuk, kita bahas!

Alasan Penting Melakukan Servis Motor Matic

Pertama-tama, perawatan yang baik akan membuat motor maticmu tetap awet dan performanya tetap optimal. Seperti halnya kita nih yang butuh perawatan, motor matic juga membutuhkan perhatian dan kasih sayang. Dengan melakukan servis rutin seperti pergantian oli, pengecekan ban, dan pemeriksaan rutin pada komponen penting lainnya, kita bisa memastikan bahwa kawan cantik kita selalu siap mengantarkan kita ke mana pun kita mau pergi.

Selain menjaga performa, perawatan motor matic juga berdampak pada keamanan dan keselamatan kita. Pikirkan tentang bagaimana kita melewati lalu lintas yang padat dan situasi jalan yang berbahaya. Pastinya, kita ingin memastikan bahwa kawan cantik kita dalam kondisi terbaik untuk menghadapinya, bukan? Dengan melakukan perawatan yang tepat, kita dapat meminimalisir risiko kerusakan dan kecelakaan yang mungkin terjadi akibat kelalaian dalam merawat motor matic.

manfaat servis motor matic di Planet Ban
motor matic. sumber Hipwee

Selanjutnya, dengan rutin melakukan servis motor matic juga akan menghemat biaya kita dalam jangka panjang. Bayangkan jika kita tidak memperhatikan kesehatan kawan cantik kita. Masalah kecil yang seharusnya bisa diatasi dengan biaya terjangkau bisa berkembang menjadi masalah besar yang memerlukan biaya perbaikan yang lebih tinggi. Dengan melakukan perawatan secara berkala, kita dapat mengidentifikasi dan mengatasi masalah sedini mungkin sebelum menjadi lebih parah, sehingga dapat menghemat pengeluaran yang tidak perlu.

Apa Saja yang Perlu Kawan Cantik Servis?

Service motor adalah pengecekan kondisi motor yang dilakukan saat motor telah mencapai jarak tempuh tertentu. Nah, bagaimana sih cara melakukan perawatan motor matic yang baik? Pertama, pastikan kita mengikuti jadwal servis yang disarankan oleh produsen. Ini termasuk pergantian oli, filter udara, filter oli, dan pengecekan rutin pada sistem rem, kelistrikan, dan ban. Jangan lupa untuk membersihkan motor secara teratur agar tetap bersih dan terlihat cantik. Selain itu, penting juga untuk menjaga kualitas bahan bakar yang kita gunakan dan mengisi bensin di tempat terpercaya. Nah, mari kita bahas lebih lanjut mengenai pentingnya melakukan service motor kesayangan kawan cantik ini.

Artikel Terkait  Berkendara Irit BBM dengan Mobil Roda Empat Terbaik

Oli Mesin

Oli mesin memiliki peranan penting sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk rutin mengganti oli sesuai dengan jarak tempuh yang telah tercapai. Rata-rata pabrikan merekomendasikan penggantian oli setiap 2500 kilometer. Penggantian oli ini meliputi biaya pembelian oli, yang harganya tergantung pada merek oli yang digunakan, serta biaya jasa ganti oli.

ganti oli motor matic xten planet ban

Namun, ada beberapa pabrikan dan retailer otomotif yang memberikan rekomendasi penggantian oli hingga 5000 kilometer. Hal ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan telah menggunakan teknologi ester, yang memungkinkan oli tersebut lebih tahan lama. Namun, tetap diingat bahwa oli gardan juga perlu diganti secara berkala.

Oli Gardan

Pengguna motor matic wajib rutin mengganti oli gardan. Oli gardan berfungsi untuk melumasi gear yang terdapat di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantian oli gardan biasanya mengikuti rumus 2 kali penggantian oli mesin baru digantikan dengan 1 kali penggantian oli gardan.

Busi Motor

Busi adalah salah satu bagian penting dalam motor yang berfungsi untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api agar mesin dapat menyala. Jika busi tidak berfungsi dengan baik, dapat menyebabkan kesulitan dalam menyalakan motor. Oleh karena itu, penting untuk melakukan penggantian busi secara teratur.

Kampas Rem

Keamanan dan keselamatan saat berkendara merupakan hal yang sangat penting. Sistem pengereman pada motor memiliki peran yang besar dalam hal ini. Jika kampas rem sudah tipis, kemampuan pengereman menjadi berkurang dan dapat menyebabkan risiko kecelakaan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa kondisi kampas rem saat melakukan service motor.

Filter Udara

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar tidak ada kotoran yang masuk dan menyumbat sistem injeksi atau karburator. Pemeriksaan filter udara biasanya dilakukan terlebih dahulu, dan jika diperlukan, filter udara dapat dibersihkan atau diganti.

Artikel Terkait  Ini Lho Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan TLO

Aki atau Accu

Tegangan aki yang ideal seharusnya berada pada rentang 12,3 hingga 12,6 Volt ketika mesin mati, dan 13,7 hingga 14,2 Volt ketika mesin menyala. Jika tegangan aki tidak sesuai dengan ketentuan tersebut, terdapat kebocoran, atau terminalnya berkarat, maka perlu dilakukan pemeriksaan yang lebih detail. Jika kondisi aki sudah tidak layak, segera lakukan penggantian agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

Ban Motor

layanan planet ban
outlet Planet Ban

Pemeriksaan ban juga penting dan perlu dilakukan secara berkala. Sebaiknya, kamu memeriksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum menggunakan motor. Namun, saat melakukan service motor, mekanik akan memeriksa tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan, apakah ban sudah gundul atau tidak, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan ban.

Tune Up Motor Rutin

Tune up motor adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-komponen yang berhubungan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan ini biasanya meliputi tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. Dalam tune up motor, bisa juga dilakukan penggantian oli mesin, oli gardan, atau sparepart lainnya. Namun, mekanik akan memberikan informasi terlebih dahulu mengenai perbaikan yang diperlukan, dan jika kamu setuju, baru dilakukan perbaikan tersebut.

Planet Ban Lokasi Servis Motor Matic Terbaik

Bengkel Servis Motor Terbaik Untuk mendapatkan servis yang baik, kamu perlu mencari bengkel servis motor yang terpercaya. Salah satu bengkel yang bisa menjadi pilihanmu adalah Planet Ban. Di Planet Ban, kamu bisa mendapatkan service motor dengan kualitas yang terbaik dan menghasilkan performa motor layaknya mesin baru. Pada jenis servis motor yang dikenal dengan “servis motor rasa baru” atau “sistem servis terpadu,” fokus pemeriksaan dan perbaikan berada pada bagian-bagian vital yang jarang mendapatkan perawatan rutin.

Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban Ketika kamu melakukan servis motor di Planet Ban, kamu akan menggunakan oli dan cairan khusus yang memiliki teknologi tinggi. Hal ini dapat meningkatkan performa motor dan melindungi mesin, sehingga mesin motor menjadi lebih awet dan jarang mengalami kerusakan.

Artikel Terkait  Girls, Ini 8 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

Dengan menggunakan sparepart asli, penggunaan motor akan menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin tetap dingin, dan tarikan motor menjadi lebih enteng. Penggantian oli hanya perlu dilakukan setiap 5000 kilometer (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kawan cantik tidak perlu sering pergi ke bengkel. Selain itu, biaya servis motor juga menjadi lebih hemat.

Dengan melakukan servis motor secara rutin, kamu juga ikut menjaga dan memelihara lingkungan hidup. Emisi dan polusi dari motor akan berkurang.

Kelebihan Servis Motor di Planet Ban Bila kamu melakukan servis motor di tempat lain, seringkali masih terdapat kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Kadang juga ditemukan kotoran dan debu di blok CVT, sehingga motor terasa berat.

Namun, jika kamu melakukan servis motor rutin di Planet Ban, seluruh bagian atau komponen mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya akan bersih dari sisa pembakaran, debu, dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. Jangan ragu untuk meminta bantuan dari mekanik yang terpercaya jika kita merasa ada masalah atau hal yang perlu diperiksa pada motor matic kita. Mereka adalah ahlinya dan akan membantu kita dengan senang hati. Jadi, jangan malu-malu untuk menanyakan atau meminta saran.

Dengan melakukan servis motor di Planet Ban, motor kamu akan terasa seperti memiliki mesin baru. Hasilnya, tarikan motor menjadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat bahan bakar, dan mesin terlihat bersih secara keseluruhan.

Harga servis motor di Planet Ban juga terjangkau. Untuk servis motor injeksi, biayanya hanya Rp20.000,-, servis CVT sekaligus rantainya hanya Rp19.500,-, bahkan servis throttle body juga hanya Rp20.000,-.

Jadi, jika kawan cantik membutuhkan servis motor, kamu bisa datang ke Planet Ban dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor dengan kualitas “rasa baru.”

 


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


8 pemikiran pada “Tips Servis Motor Matic buat Kawan Cantik”

  1. Memang motor harus selalau di servis rutin, biar performa mesin terjaga dan awet ya. Apalagi servis di planet ban, saat ganti oli menggunakan oli xten yang ketahanannya 2x dari oli lain. Tambah mantab.

    Balas
  2. benar. Planet ban memiliki layanan terbaik untuk keperluan servis sepeda motor. terutama yang paling suka adalah tentang oli nya. Saya selalu menggunakan oli xten dari planet ban karena selain daya tahan lebih lama, harga juga terjangkau.

    Balas
  3. Gara-gara ajarang servis, ban luar motor saya yang udah gundul ga ketahuan, Kak. Akhirnya ban dalam beberapa kali bocor karena kegores ban luar. Untung nemu Planet Ban, langsung deh ke bengkel terdekat habis lebaran. Ganti ban cepat dengan harga dan layanan bersahabat, alahamdulillaah.

    Balas

Tinggalkan komentar