Girls, Ini 8 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

Merawat mobil pada saat musim penghujan seperti saat ini dibutuhkan kesabaran. Perlu diketahui jika air hujan mengandung asam yang bercampur dengan bermacam partikel dan limbah kotor jalanan. Hal tersebut  dapat membuat mobil mudah rusak jika tidak segera dibersihkan. Oleh sebab itu, selain rutin melakukan service di bengkel, pemilik mobil juga harus mengetahui bagaimana tips merawat mobil saat musim hujan tiba.

Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

Berikut tips merawat mobil yang bisa kawan cantik terapkan saat musim hujan

1. Segera Keringkan Mobil

Tips pertama dalam merawat mobil saat musim hujan adalah langsung mengeringkan mobil setelah terkena air hujan. Jangan biarkan mobil yang sudah terkena air hujan kering dengan sendirinya. Hal tersebut akan membuat mobil lebih cepat rusak terutama di bagian lapisan pelindung cat. 

Selain itu, mobil yang tidak segera dibersihkan setelah terkena air hujan akan lebih mudah berkarat serta menimbulkan jamur pada lapisan cat mobil. Oleh sebab itu, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan sebaiknya mobil langsung dicuci menggunakan sampo khusus mobil sampai bersih, lalu keringkan.

2. Rajin Bersihkan Kaca Depan Mobil

Membersihkan kaca depan mobil secara teratur saat musim hujan sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut bertujuan agar kaca mobil selalu bersih dan jernih sehingga kamu akan tetap aman mengemudi meski sedang kondisi hujan. Saat hujan, jangan lupa untuk tetap menyalakan AC mobil dengan suhu yang tidak terlalu dingin. 

merawat mobil saat musim hujan

AC mobil akan membantu menjernihkan kaca dari embun yang menempel pada kaca depan mobil saat hujan. Agar kaca mobil terlihat lebih bersih dan jernih, kamu juga bisa mengoleskan sedikit sampo pada kanebo yang lembab dan bersihkan kaca mobil dengan gerakan searah, dijamin makin kinclong.

Artikel Terkait  Ini Lho Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan TLO

3. Cek Komponen Mesin

Hal penting lainnya dalam merawat mobil saat musim hujan adalah melakukan pengecekan pada komponen mesin. Sebab, air hujan akan mudah masuk ke dalam komponen mesin mobil melalui celah-celah. Sehingga sangat penting untuk melakukan pengecekan bagian mesin mobil dan memastikan tidak ada yang terganggu atau rusak setelah berkendara atau terkena air hujan.

3. Bersihkan Karpet Mobil

Membersihkan karpet mobil menjadi bagian dalam merawat mobil saat musim hujan. Pasalnya dengan membersihkan karpet mobil dapat mencegah munculnya jamur, atau bau yang tidak sedap pada karpet, yang akan berdampak pada kondisi udara di dalam mobil. 

Jamur atau bau yang tidak sedap pada mobil umumnya muncul karena pengguna masuk ke dalam mobil dalam kondisi basah atau lembab. Oleh sebab itu penting bagi pemilik mobil untuk menjaga kebersihan karpet, atau kawan cantik juga bisa mencuci karpet mobil minimal satu minggu sekali, agar karpet tetap dalam keadaan bersih.

4. Semprotkan Cairan Silikon

Tips merawat mobil saat musim hujan selanjutnya adalah dengan menggunakan cairan silikon. Penting bagi kawan cantik untuk mengetahui bahwa cairan silikon merupakan pelumas khusus bahan karet yang berguna untuk melicinkan serta melembapkan karet kaca dan pintu mobil. 

Sebab, air hujan juga mampu merusak bagian interior mobil, sehingga dengan menyemprotkan cairan silikon pada karet kaca mobil, dapat membantu menjaga karet kaca agar lebih awet.

5. Cek Ban dan Rem Mobil

Tips merawat mobil saat musim hujan yang tidak boleh dilewatkan yaitu pengecekan kondisi rem dan ban mobil. Dikatakan tidak boleh terlewatkan karena kondisi jalan pada saat hujan akan lebih licin dari biasanya. 

Artikel Terkait  Mengapa Daya Baterai Mobil Cepat Habis? Temukan Penyebabnya Disini

Kondisi tersebut akan membuat ban cenderung mencengkram lebih kuat. Sehingga pengecekan ban dan rem mobil sangat penting dilakukan demi keamanan berkendara apalagi saat musim hujan.

6. Bersihkan Kaki-Kaki Mobil

Saat musim hujan, tentunya mobil akan lebih sering digunakan. Hal tersebut membuat mobil harus menerjang genangan air, bahkan lumpur yang menyebabkan muncul bunyi-bunyi pada mesin. Ini bisa menjadi salah satu pertanda jika bagian mesin ada yang bermasalah. Untuk mencegah hal tersebut, kawan cantik bisa bersihkan kaki-kaki mobil secara menyeluruh setelah digunakan saat hujan.

7. Panaskan Mesin Mobil Secara Teratur

Selain melakukan pemeriksaan pada komponen mesin, serta membersihkan beberapa bagian mobil, namun memanaskan mobil juga penting untuk dilakukan dalam merawat mobil saat musim hujan. Hal tersebut karena mesin mobil akan dingin jika tidak dipanaskan. Kamu bisa panaskan mesin mobil secara teratur untuk memastikan dan menjaga kondisi mesin tetap baik.

8. Parkir Mobil di Tempat Tertutup

tips merawat mobil saat musim hujan

Tips yang terakhir dalam merawat mobil saat musim hujan adalah dengan memilih atau menempatkan mobil di tempat tertutup. Tips ini berguna untuk melindungi mobil dari paparan air hujan dan debu secara langsung, sehingga mobil tidak akan mudah kotor setelah dibersihkan. Namun, jika terpaksa harus diletakkan di ruangan terbuka, maka kamu bisa menggunakan cover mobil untuk melindunginya.

Nah, itulah 8 tips merawat mobil saat musim hujan yang bisa kamu terapkan. Buat kawan cantik yang butuh berbagai informasi mengenai perawatan mobil juga bengkel mobil yang melayani service dengan baik juga segala kebutuhan mobil kamu, kunjungi saja website Otoklix, portal otomotif terlengkap.

Tinggalkan komentar