Pilihan Rias Jawa

Setiap daerah memiliki ciri khas, tradisi, dan adat masing-masing dalam pernikahan. Salah satu tradisi yang masih kental sampai sekarang adalah penggunaan rias pengantin khas daerahnya. Sama seperti daerah lain, Jawa juga memiliki pilihan rias pengantin yang cantik dan mempesona. Jika ingin menikah berdasarkan adat Jawa, maka kawan cantik dan pasangan juga harus menggunakan rias Jawa.

Pilihan Rias Jawa

Berikut ini beberapa pilihan riasan Jawa yang bisa kawan cantik pertimbangkan:

Pilihan Rias Jawa
Freepik.com
  • Solo Putri

Salah satu gaya rias Jawa yang paling sering digunakan oleh mempelai wanita adalah Solo Putri. Ciri khasnya yaitu tata rias warna hitam pekat pada bagian dahi mempelai wanita. Selain itu, rambut akan dibuat model ukel besar seperti bokor mengkurep.

Ada juga tambahan aksesoris berupa melati tibo dodo dengan hiasan cunduk sisir dan cunduk mentul. Tibo dodo sendiri merupakan bunga melati yang menjuntai dari bagian kepala, lalu dada, hingga pinggang.

Kebayanya menggunakan bahan beludru hitam dengan motif emas. Riasan Solo Putri sekarang juga bisa dikenakan oleh wanita berhijab.

  • Solo Basahan

Berbeda dengan Solo Putri, rias Solo Basahan menggunakan busana kemben yang dipadukan dengan kain dodot dan sampur. Kain dodot adalah kain batik khas Jawa yang panjang, sedangkan sampur adalah selendang.

Mempelai wanita juga akan mengenakan sekar abrit yaitu kain berwarna merah. Buntalan yang digunakan pada rias Solo Basahan memiliki makna untuk menolak malapetaka dan kesialan.

  • Yogya Putri

Ciri khas rias pengantin Yogya Putri adalah gaya rambut sanggul tekuk. Selain itu, mempelai wanita juga akan menggunakan pelat gunung dan cunduk mentul berukuran besar. Untuk bajunya berbahan beludru dengan ciri khas kebaya panjang. Motif kain batik yang digunakan pada riasan Yogya Putri adalah prada.

  • Yogya Paes Ageng

Yogya Paes Ageng hampir sama seperti rias Putri Solo yang menggunakan tata rias warna hitam. Ciri khas dari riasan ini yaitu rambut yang menggunakan gaya gajah ngolig. Gaya ini membuat rambut menjuntai ke bawah dengan sangat indah.  Pada rambut yang menjuntai kemudian ditambahkan hiasan berupa sumping dan aksesoris lain.

  • Yogya Jangan Menir

Pilihan rias Jawa terakhir yang bisa Anda pertimbangkan adalah Yogya Jangan Menir. Ciri khas gaya riasan ini yaitu busana pengantin tidak memakai dodot. Sementara pada riasannya tidak banyak berbeda dengan riasan Yogya lainnya.

Artikel Terkait  Kenali Jenis-Jenis Pashmina Berkualitas yang Enak Dipakai

Rekomendasi Tata Rias Adat Jawa

Selanjutnya adalah rekomendasi MUA yang bisa kawan cantik pilih:

  • Zia Brides Make Up Artist & Kebaya

Rekomendasi tata rias adat Jawa pertama yang bisa Anda pilih adalah Zia Brides Make Up Artist & Kebaya yang lokasinya di Jakarta. Jika memilih MUA ini, Anda bisa menentukan sendiri kebaya yang diinginkan, mau yang banyak detail atau mewah dan elegan. Harga yang ditawarkan yaitu mulai dari Rp10 jutaan.

  • Beblooms Wedding

Jika Anda wanita berhijab yang ingin tetap mengusung adat Jawa dalam pernikahan, Beblooms Wedding bisa dipertimbangkan. Sudah banyak wanita berhijab yang menggunakan jasa rias pengantin Jakarta satu ini. Beblooms Wedding menawarkan penata rias yang tersertifikasi, jadi Anda tidak perlu ragu menggunakannya. Harganya juga cukup terjangkau mulai dari Rp3 jutaan.

  • Arielle Adeena

Keunggulan makeup by Arielle Adeena adalah riasan yang natural dan fresh. Sangat cocok untuk hari bahagia Anda yang sempurna. Kelebihan lain dari MUA ini yaitu menawarkan paket menarik mulai dari touch do, hairdo, trial, dan lain sebagainya. Sementara harganya yaitu mulai dari Rp2,5 jutaan.

  • Kamila Shafa

Kamila Shafa menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang menginginkan riasan lembut dan menawan. Beberapa calon pengantin lebih suka makeup lembut karena tampak lebih anggun dan mempesona. Untuk harganya sendiri sangat affordable yaitu mulai dari Rp2,5 jutaan.

  • Terre Makeup

Rekomendasi MUA terakhir yang bisa Anda pertimbangkan adalah Terre Makeup. MUA ini menjadi pilihan terbaik untuk riasan Jawa karena sudah berpengalaman sejak tahun 2010. Tidak hanya cara mengaplikasikannya saja, Terre Makeup juga paham mengenai filosofi setiap detail riasan. Harganya mulai dari Rp3,5 jutaan dan bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan vendor.

Artikel Terkait  Review Kralovna Beauty, Skincare yang Bisa Memutihkan?

Itulah pembahasan mengenai pilihan rias Jawa beserta rekomendasi MUA yang berkualitas. Semua model riasan memiliki ciri khas masing-masing yang mampu menampilkan kecantikan dan ketampanan pasangan pengantin. Pilih riasan sesuai dengan seleramu dan juga pasangan.

Tinggalkan komentar