Kawan Cantik, Ini Tips Komunikasi Dengan Pasangan Kamu

Komunikasi dengan pasangan menjadi salah satu hal terpenting dalam sebuah hubungan. Tanpa komunikasi yang baik, hubungan bisa rusak karena kesalahpahaman. Namun kenyataannya membangun dan menjaga komunikasi tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Tidak hanya pasangan yang masih tahap berpacaran, tetapi mereka yang sudah menikah pun akan memiliki masalah jika komunikasi dengan pasangan tidak berjalan dengan lancar. Ketidaklancaran ini dapat memicu dampak lain dalam hubungan kawan cantik dengan pasangan. Misalnya, hadirnya orang ketiga dalam hubungan kalian yang membuat pasangan kita berpaling.

Bagaimana jika saat ini hubungan asmara kamu dengan pasangan sedang dingin-dinginnya? Kawan cantik tidak perlu khawatir, karena kita masih bisa kembali romantis seperti dulu dengan pasangan. Tentu saja, syarat utamanya adalah memperbaiki komunikasi dengan pasangan.

Tips Komunikasi Dengan Pasangan

Apalagi jika Kamu adalah tipe orang yang sulit mengungkapkan sesuatu, maka akan lebih sulit lagi menjaga komunikasi. Mulailah memotivasi diri bahwa komunikasi yang baik adalah kunci dalam hubungan. Kemudian Kamu juga bisa menerapkan beberapa hal berikut ini dalam berkomunikasi:

Jangan Menuduh

Salah satu hal yang bisa merusak hubungan adalah menuduh pasangan. Apabila ada masalah, Kamu harus berusaha sebaik mungkin untuk tidak mengeluarkan ucapan yang sifatnya seperti menuduh.

Sebaliknya, Kawan Cantik bisa mengungkapkan rasa kekecewaan yang mendalam terhadap apa yang terjadi. Biasanya pasangan akan mulai introspeksi diri apabila mendengar ungkapan tersebut. Sebaliknya, ucapan yang menyerang dan menyalahkan akan membuat pasangan cenderung defensif.

Jangan Hanya Berkomunikasi Secara Verbal

tips komunikasi dengan pasangan

Sebagian besar orang menganggap jika komunikasi hanya terjalin secara verbal atau dengan ucapan saja. Padahal sebenarnya Kamu dan pasangan juga harus berkomunikasi dengan bahasa lainnya.

Contohnya yaitu berpegangan tangan, memberikan pelukan hangat, dan lain sebagainya. Sentuhan tersebut memang tanpa ucapan namun pasangan tahu bahwa kalian saling menyayangi.

Artikel Terkait  Apa Aja Tanda Pacaran Sehat?

Akan lebih baik lagi jika komunikasi dengan sentuhan tersebut dilakukan bersama dengan ucapan romantis.

Selalu Terbuka Pada Pasangan

Sikap terbuka dan jujur pada pasangan adalah poin penting dalam menjaga serta menjalin komunikasi. Jangan hanya minta pasangan untuk mengerti, namun Kamu juga harus mampu mengerti dia.

Jika merasakan hal yang mengganjal, Kamu harus menyampaikannya kepada pasangan. Memang tidak mudah, namun Kamu harus melatih diri untuk terbuka dan jujur. Cara berkomunikasi yang tepat juga bisa membantumu lebih terbuka.

Mulai dengan Pembahasan Sederhana

Salah satu tips untuk berkomunikasi dengan pasangan saat ada masalah adalah mulai membicarakan hal-hal yang sederhana. Pancing pasangan untuk mendengarkan pembahasan yang sedang Kamu bicarakan.

Contoh pembahasan sederhana untuk memulai komunikasi yaitu menanyakan pekerjaan, makanan yang dimakan, dan lain sebagainya.

Beri Kesempatan Pasangan Bicara

Jangan bersikap egois ketika ada masalah yang menimpa hubunganmu dan pasangan. Bukan hanya Kamu saja yang berhak berbicara, pasangan juga harus memiliki kesempatan untuk bicara.

Melalui cara ini juga Kamu mungkin bisa menemukan sumber masalah dan kesalahpahaman. Agar masalah tidak semakin besar, jangan berbicara dengan pasangan ketika sedang emosi.

Jadilah Pendengar yang Baik

Berusahalah untuk menjadi pendengar yang baik saat pasangan berbicara. Dengan begitu, mereka akan merasa dihargai sebagai seorang pasangan.

Jangan menyela apa yang pasangan sedang jelaskan. Apabila ada pertanyaan, tunggu mereka selesai berbicara baru kemudian Kamu bisa menanyakannya. Hal ini juga bisa membuat hubunganmu menjadi lebih kuat dan mesra.

Jangan Membahas Masalah yang Sudah Berlalu

Hal yang wajib Kamu hindari saat memiliki pasangan adalah membahas masalah yang sudah berlalu. Jika masalah sudah selesai, maka Kamu harus melupakannya. Membicarakan masalah yang sudah berlalu hanya akan menimbulkan masalah lain yang sebenarnya tidak penting.

Artikel Terkait  Saat Si Dia Berpaling

Mengungkit masalah yang telah berlalu ini juga bisa menjadi kebiasaan yang buruk untuk hubungan kedepannya. Jadi fokus saja terhadap apa yang akan dihadapi di depan.

Berikan Rasa Empati

Kamu harus mampu memposisikan diri sebagai pasanganmu. Mengapa dia melakukan hal tersebut. Dengan begitu, sudut pandangmu tidak hanya terpaku pada dirimu sendiri.

Kamu bisa berpikir lebih objektif dan tidak merasa paling benar atau tersakiti. Memberikan rasa empati dan mendengarkan satu sama lain bisa membuat hubungan lebih sehat.

Berikan Pujian

Sesekali Kamu harus memberikan pujian atau penghargaan kepada pasangan. Tidak harus dalam skala besar, dengan ucapan saja pasangan pasti akan sangat menyukainya. Perlihatkan bahwa Kamu bahagia selama bersama dengannya.

Quality Time

cara membangun komunikasi dengan pasangan

Komunikasi tidak hanya bisa dilakukan dengan bertemu langsung. Kamu masih bisa berkomunikasi meskipun hanya melalui smartphone ataupun gadget lain.

Namun, komunikasi yang paling efektif tetap dengan bertemu langsung. Jadi sebaiknya usahakan untuk bertemu secara rutin dengan pasangan.

Jika Kamu dan pasangan sudah menikah, gunakan waktu libur seperti weekend untuk quality time. Kamu bisa pergi ke pantai atau sekedar jalan-jalan ke tempat hiburan lain.

Itulah beberapa tips komunikasi dengan pasangan yang bisa Kamu terapkan. Semoga dengan tips-tips di atas, hubunganmu dan pasangan bisa terjalin semakin erat.

Tinggalkan komentar