Tips Memulai Bisnis Salon Kecantikan

Wanita merupakan kaum yang sangat memperhatikan penampilan mulai dari rambut sampai dengan kaki. Oleh sebab itu, salon kecantikan menjadi salah satu ide bisnis yang cukup menjanjikan. Layanan yang ditawarkan oleh salon kecantikan biasanya meliputi perawatan rambut, potong rambut, perawatan wajah, spa, rias wajah, dan lain sebagainya.

Meskipun termasuk bisnis yang menjanjikan dan dibutuhkan, namun kawan cantik harus tetap melakukan perencanaan dengan baik untuk memulainya. Jangan asal memulai usaha tanpa tau arah dan tujuan bisnis. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk memulai bisnis salon kecantikan:

Tips Memulai Bisnis Salon Kecantikan
Freepik.com

Membuat Rencana Bisnis

Apapun jenis bisnis yang dipilih, kawan cantik harus mulai dengan perencanaan yang matang. Fungsi dari perencanaan bisnis adalah mengatur seluruh langkah bisnis yang akan dijalankan. Buat perencanaan bisnis dalam bentuk proposal atau mind mapping agar mudah membacanya kembali.

Saat membuat rencana bisnis, kawan cantik harus memperhatikan beberapa hal yaitu konsep utama salon, lokasi, target pasar, peralatan, modal, karyawan, pemasok atau supplier, serta cara promosi. Pertimbangkan dengan baik hal-hal tersebut lalu masukkan pada mind mapping.

Menentukan Layanan yang Akan Ditawarkan

Salon kecantikan merupakan jenis bisnis yang bisa berkembang dengan pesat. Namun di awal memulai bisnis, biasanya salon kecantikan memiliki layanan khusus. Misalnya kawan cantik memiliki keahlian memotong rambut. Maka buka jasa potong rambut terlebih dahulu. Tambahkan jasa yang berhubungan seperti creambath.

Tidak masalah layanannya sedikit asalkan kualitas dan pelayanannya baik. Semakin lama, salon tersebut bisa menambah layanan lain seiring keterampilan yang bertambah. Contohnya rebonding, cuci muka, masker muka, cat rambut, hingga makeup.

Menentukan Lokasi Bisnis

Tips memulai bisnis salon kecantikan selanjutnya yaitu menentukan lokasi bisnis. Lokasi menjadi hal yang sangat penting bagi semua jenis bisnis, terutama yang berbasis pelayanan seperti salon kecantikan. Pilih lokasi strategis di pusat keramaian dan mudah dijangkau oleh masyarakat yang membutuhkan. Cari juga lokasi yang masih sedikit pesaingnya.

Artikel Terkait  Lebih Alami! Cara Membuat Henna Sendiri di Rumah

Menghitung Modal atau Biaya

Bisnis salon kecantikan merupakan bisnis yang berbasis skill atau keterampilan. Jadi kawan cantik harus menghitung modal atau biaya dengan baik. Jangan sampai ada yang terlewatkan karena bisa saja berpengaruh pada keuntungan bisnis.

Adapun biaya yang wajib kawan cantik perhitungkan adalah peralatan, sewa tempat, promosi, dan pelatihan. Kawan cantik harus banyak berlatih agar skill meningkat dan bisnis semakin besar. Jangan lupa siapkan dana darurat, jadi jika ada hal mendesak yang dibutuhkan kawan cantik sudah siap.

Melakukan Promosi

Jika peralatan, tempat, dan skill atau kemampuan sudah ada, maka lanjutkan dengan promosi. Poin terpenting dalam memulai sebuah bisnis adalah melakukan promosi dengan tepat. Saat ini ada banyak sekali jenis promosi yang bisa kawan cantik manfaatkan. Bahkan kawan cantik bisa melakukan promosi secara gratis melalui media sosial, WhatsApp, mouth to mouth, dan lain sebagainya.

Memberikan Diskon

Mencari pelanggan untuk bisnis baru merupakan hal yang sangat sulit dilakukan. Selain melakukan promosi melalui media sosial, kawan cantik juga harus menawarkan sesuatu yang menarik. Salah satu yang bisa kawan cantik tawarkan adalah diskon. Buat program diskon sederhana untuk menarik pelanggan. Jika mereka puas dengan salon milikmu, maka mereka akan kembali saat membutuhkan. Tenang saja, sedikit diskon di awal bisnis tidak akan membuat bisnismu rugi.

Memperhatikan Tren Terkini

Bidang kecantikan termasuk bidang yang selalu berkembang dan memiliki tren berubah-ubah. Agar tidak kalah dengan kompetitor, kawan cantik harus beradaptasi dengan tren dan perubahan. Apalagi masyarakat di era ini termasuk orang-orang yang lebih suka tren dibandingkan hal-hal klasik. Jadi pastikan selalu memperhatikan tren terkini yang disukai oleh masyarakat umum. Kawan cantik bisa mencari tren tersebut di Instagram, Youtube, komunitas salon kecantikan, dan lain-lain.

Artikel Terkait  Macam-macam Topi Padu Padan Hijab, yang Keren dan Kece!

Melakukan Pembukuan

Tips memulai bisnis salon yang terakhir yaitu melakukan pembukuan. Manfaat pembukuan yaitu memantau transaksi jual beli di salon baru milikmu. Jadi kawan cantik bisa melihat bagaimana perkembangan bisnis. Manfaatkan aplikasi untuk membantu melakukan pembukuan dengan baik.

Itulah tips memulai bisnis salon kecantikan yang bisa kawan cantik ikuti. Selain delapan tips di atas, kawan cantik juga harus memiliki tekad dan keinginan. Pasalnya hal tersebut yang membuatmu tidak mudah menyerah.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar