Tetap Bugar Saat Puasa

Berpuasa merupakan kewajiban bagi muslim di bulan Ramadhan. Selain itu, banyak muslim yang menjalankan puasa sunnah di luar bulan Ramadhan. Biasanya orang-orang yang berpuasa lebih mudah lemas dibandingkan orang yang tidak berpuasa. Meskipun sedang berpuasa, namun Kawan cantik harus menjaga tubuh tetap fit dan bugar. Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk malas-malasan dan cepat merasa lelah.

Tips Tetap Bugar Saat Puasa

tips badan tetap bugar saat puasa

Buat kawan cantik yang ingin tetap bugar saat berpuasa, berikut ini beberapa tips yang bisa Kamu lakukan agar tetap bugar meskipun sedang puasa:

Jangan Pernah Lewatkan Sahur

Hal terpenting yang harus Kamu jalankan agar tubuh tetap bugar saat puasa adalah sahur. Makan sahur layaknya sarapan pagi yang membantu menyediakan energi untuk tubuh. Jadi Kamu siap menjalani hari yang panjang hingga waktu berbuka tiba. Namun pastikan mengonsumsi makanan yang membuat kenyang lama. Selain itu, serat juga sangat dibutuhkan saat berpuasa.

Jangan Lupa Air Putih

Sebagian besar orang mampu menahan lapar dengan mudah. Namun mereka terkadang sulit menahan haus. Hal tersebut lantaran tubuh manusia kebanyakan terdiri dari air. Tubuh membutuhkan air yang sama besarnya dengan air yang terbuang saat berpuasa.

Setidaknya Kamu harus mengonsumsi air sebanyak 8-12 gelas selama sehari jika ingin tetap bugar. Kamu bisa memenuhinya mulai dari berbuka hingga sahur. Hindari minuman berkafein karena membuat cairan di tubuh lebih cepat hilang akibat sering buang air kecil.

Makan Secukupnya Saat Berbuka

Waktu terbaik bagi orang puasa adalah waktu berbuka. Namun Kamu perlu mengingat bahwa waktu berbuka puasa bukan ajang untuk balas dendam. Jadi makan secukupnya saja, jangan sampai terlalu banyak dan berakhir kekenyangan. Memakan banyak makanan dalam sekali waktu bisa membuat perut begah dan kembung. Itu juga menjadi penyebab mengapa Kamu tidak terlalu fit saat puasa.

Artikel Terkait  9 Cara Mengatasi Bau Badan

Hindari Makanan Berminyak

Mengonsumsi gorengan saat berbuka memang terlihat sangat menggoda. Namun nyatanya Kamu dianjurkan untuk tidak memakannya saat berbuka puasa ataupun sahur. Segala jenis makanan berminyak perlu dihindari jika ingin tubuhmu tetap bugar. Makanan berminyak meningkatkan risiko kenaikan kolesterol yang kurang baik untuk orang yang berpuasa.

Kurangi Makanan dan Minuman Manis

Bukan hanya makanan yang berminyak saja, Kamu juga harus mengurangi makanan dan minuman manis. Kamu pasti bertanya bukankah makanan manis dianjurkan saat berbuka. Maksud dari kalimat tersebut adalah boleh makan makanan atau minuman manis namun dalam batas wajar.

tips tetap bugar saat puasa

Makanan dan minuman manis berguna untuk menormalkan gula darah. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan setiap hari, berat badanmu akan naik di akhir bulan Ramadhan.

Konsumsi Makanan Berprotein

Ada makanan yang harus dihindari dan dikurangi, namun ada juga makanan yang direkomendasikan untuk orang berpuasa. Makanan berprotein adalah makanan yang direkomendasikan untuk mengembalikan otot yang menyusut selama berpuasa.

Kamu bisa mengonsumsinya saat sahur maupun berbuka. Contoh makanan yang memiliki protein tinggi adalah dada ayam, edamame, dan greek yogurt. Meskipun begitu, Kamu tetap harus memperhatikan porsinya.

Makanan Alami Adalah Pilihan Terbaik

Pemilihan makanan selama berpuasa memang sangat penting. Apabila ingin selalu bugar dan fit saat puasa, sebaiknya konsumsi makanan alami saat sahur maupun berbuka. Bukan hanya membuat tubuh lebih bugar, makanan alami juga mengurangi risiko penyakit berat seperti jantung, kanker, dan lain-lain. Makanan alami yaitu makanan yang tidak diproses seperti buah dan sayur.

Menjalankan Olahraga Ringan

Olahraga jarang dilakukan oleh orang yang sedang puasa karena takut merasa lelah dan haus. Untuk menghindari hal tersebut, Kamu bisa memilih jenis olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging ringan saat cuaca sejuk, atau pekerjaan rumah juga bisa menjadi olahraga ringan.

Artikel Terkait  6 Penyebab Bibir Kering yang Perlu Kamu Tahu

Tidur yang Cukup

Rasa kantuk yang tinggi saat berpuasa bukan karena tidak minum atau makan seharian. Namun karena Kamu biasanya kurang tidur di malam hari. Jadi pastikan Kamu tidak begadang sehingga bisa tetap bugar meskipun bangun sahur setiap hari.

Konsultasi dengan Dokter

Tips terakhir ini khusus untuk Kamu yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Sebelum menjalankan puasa di bulan Ramadhan, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Itulah tips menjaga tubuh tetap bugar meskipun sedang puasa. Jika tubuh bugar, maka aktivitas tidak terganggu. Apalagi di bulan Ramadhan kita harus memperbanyak amalan-amalan yang biasanya tidak dikerjakan. Jadi tubuh yang bugar bisa membuatmu lebih semangat menjalankan ibadah.

Tinggalkan komentar