Apa Itu Diet DEBM

Ketika berniat untuk memulai diet, Kawan Cantik akan menemukan cukup banyak metode diet. Salah satu metode diet yang populer adalah DEBM (Diet Enak Bahagia Menyenangkan). Metode diet satu ini banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia yang ingin menurunkan berat badan. Apa itu diet DEBM? Apakah cocok untuk Kawan Cantik? Simak pembahasan berikut ini!

Apa Itu Diet DEBM

Sumber : Freepik

Mengenal Diet DEBM

DEBM merupakan metode diet yang dipopulerkan oleh Robert Hendrik Liembono. Melalui metode yang dibuat ini, banyak orang berhasil menurunkan berat badan secara drastis. Berdasarkan pengalamannya sendiri, Robert berhasil menurunkan berat badan dari 107 kg menjadi 75 kg.

Konsep utama metode diet DEBM yaitu diet rendah karbo, namun tinggi lemak dan protein. Jadi orang yang melakukan diet harus mengurangi karbohidrat dan menggantinya dengan lemak dan protein.

Ketika asupan karbohidrat dikurangi, maka glukosa di tubuh menjadi rendah sehingga tubuh memakai lemak sebagai bahan bakar. Diet DEBM menganggap bahwa karbohidrat merupakan penyebab obesitas karena menyumbang kalori yang besar jika banyak dikonsumsi.

Lemak dan protein akan membantu memenuhi kebutuhan energi yang tidak didapatkan dari karbohidrat. Meskipun tidak boleh banyak mengkonsumsi karbohidrat, diet DEBM memperbolehkan mengkonsumsi lemak, makanan yang digoreng, garam, dan vetsin.

Manfaat Diet DEBM

Sebagian besar orang yang melakukan diet DEBM ingin menurunkan berat badannya. Namun tidak hanya itu saja, ada beberapa manfaat lain dari DEBM seperti meminimalisir tekanan darah tinggi atau hipertensi, meningkatkan metabolisme tubuh, serta menjaga kekuatan tulang dan otot. Berbagai manfaat tersebut membuat banyak orang menjalankan DEBM yang menyenangkan.

Cara dan Tips Diet DEBM

Banyak pediet pemula yang merasa bahwa DEBM mudah dilakukan. Pasalnya Kawan Cantik bisa mengkonsumsi banyak makanan. Berikut ini adalah cara dan tips diet DEBM:

  • Sarapan

Ada jenis diet tertentu yang biasanya dijalankan tanpa perlu sarapan. Namun DEBM mewajibkan Kawan Cantik untuk sarapan. Pasalnya sarapan merupakan sumber energi untuk memulai aktivitas.

Artikel Terkait  Banyak Lipatan Perut? Ini Tips Mengatasinya

Kawan Cantik bisa mengganti makanan tinggi karbohidrat dengan makanan tinggi protein dan serat. Contohnya alpukat, keju, ayam, dan ikan. Makanan-makanan tersebut kana melanjutkan pembakaran lemak sampai di siang hari.

  • Perbanyak sayur saat makan siang dan malam

Berbeda dengan saat sarapan, Kawan Cantik harus memperbanyak sayur saat makan siang dan malam. Sayur tersebut akan menggantikan karbohidrat sebagai sumber energi. Jika belum bisa mengganti secara penuh, Kawan Cantik bisa menggantinya secara bertahap.

  • Banyak minum air putih

Semua jenis diet pasti menyarankan Kawan Cantik untuk memperbanyak minum air putih. Begitu pula dengan DEBM ini. Melalui bukunya, Robert menyarankan minum 3 gelas air putih dalam rentang waktu 09.00 sampai dengan 15.00.

  • Mengkonsumsi protein hewani setiap makan

Protein hewani merupakan menu makanan yang harus ada di setiap waktu makan, baik itu sarapan, makan siang, maupun makan malam. Protein hewan saat menjalankan DEBM boleh digoreng dengan minyak, namun hindari gula dan tepung.

Makanan untuk Diet DEBM

Karena termasuk diet rendah karbo, maka makanan yang mengandung karbohidrat harus diatur. Berikut ini adalah informasi mengenai makanan saat melakukan diet DEBM:

  • Pantangan (makanan, buah, dan minuman)

Meskipun termasuk diet yang memperbolehkan Kawan Cantik memakan apa saja, namun DEBM memiliki pantangan. Pantangan makanannya yaitu sumber karbohidrat tinggi seperti kentang, tepung, singkong, ubi, nasi putih, beras hitam, beras ketan, beras merah, dan lain sebagainya.

Selain itu, Kawan Cantik juga harus menghindari minuman manis. Minuman tinggi gula membuat diet DEBM terhambat karena lemak sulit terdegradasi. Buah-buahan yang harus dihindari yaitu semangka, mangga, pisang, pepaya, dan melon.

  • Buah yang dikonsumsi sedikit

Ada buah yang boleh dikonsumsi saat DEBM namun jumlahnya terbatas atau sedikit. Contohnya yaitu apel, pir, stroberi, dan jambu air.

  • Makanan dan buah yang dikonsumsi banyak

Selain pantangan-pantangan di atas, ada beberapa makanan dan buah-buahan yang disarankan untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak. Contohnya yaitu alpukat, sayuran dedaunan, buncis, rebung, lobak, dan wortel.

Artikel Terkait  Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan: Bisa Perbaiki Suasana Hati

Itulah berbagai hal mengenai diet DEBM yang perlu Kawan Cantik ketahui. Apakah metode diet di atas cocok untuk Kawan Cantik? Semoga pembahasan yang diberikan membantu Kawan Cantik menentukan metode diet yang tepat. Jangan lupa konsultasi dengan dokter gizi sebelum memulai diet.


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar