Mengenal Jenis Obligasi Berdasarkan Jaminan yang Diberikan

Obligasi merupakan salah satu investasi yang sudah dikenal sebagai instrumen dengan potensi keuntungan lumayan. Investor dan masyarakat yang sudah melek investasi pasti mengenal instrumen ini dan memanfaatkannya dalam pengelolaan modal investasi. Meskipun tetap memiliki faktor risiko, tapi tidak sebesar saham, sehingga banyak investor lebih memilih berinvestasi pada instrumen ini. 

Secara umum, pengertian obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh pihak yang berhutang pada investor sebagai pihak yang memberi piutang. Pada jangka waktu yang telah ditentukan, penerbit surat utang wajib membayar  kembali pokok utang ditambah bunga yang biasa disebut kupon. Kupon ini adalah hasil investasi atau keuntungan yang bisa didapat investor sebagai pihak pemberi utang. Selain kupon, investor juga bisa mendapatkan keuntungan lain dengan cara memperjualbelikan surat utang tersebut di pasar sekunder. Selisih harga beli dengan harga jual merupakan keuntungan yang bisa langsung didapat oleh investor.

Jenis Obligasi Berdasarkan Jaminan

pengertian obligasi

Obligasi memiliki klaim atas aset dan pendapatan perusahaan penerbit yang bisa digunakan jika terjadi risiko seperti perusahaan mengalami kerugian atau bangkrut. Sebagai pemegang surat utang, Anda mendapat hak pertama ketika terjadi penjualan aset perusahaan. Instrumen investasi ini juga memiliki nilai nominal yang tercantum dalam surat utang tersebut. Disertakan juga kupon dengan suku bunga yang dibayarkan pada periode tertentu.

Untuk mengetahui pengertian obligasi lebih lanjut, Anda bisa mempelajari beberapa jenis surat utang. Salah satunya adalah surat utang yang diterbitkan berdasarkan jaminan. Agar Anda bisa lebih memahami investasi surat utang berdasarkan jaminan yang diberikan, simak penjelasan berikut ini.

Artikel Terkait  Asuransi Terbaik 2022; Jiwa, Kesehatan, Pendidikan dan Kendaraan

Secured Bond

Pengertian obligasi jenis secured bond adalah surat utang yang dijaminkan dengan menggunakan aset atau kekayaan tertentu milik penerbit atau bisa juga dijaminkan pada pihak ketiga. Aset yang dijadikan jaminan berfungsi sebagai keamanan pinjaman. Jika penerbit surat utang mengalami kerugian atau bangkrut saat jatuh tempo, maka hak aset beralih pada investor sebagai pihak pemberi utang. Dana penjualan surat utang akan digunakan untuk membeli aset tertentu untuk dipinjamkan ke perusahaan. Surat utang jenis secured bond masih dibagi lagi menjadi tiga jenis turunan yaitu:

  • Mortgage Bonds yaitu surat utang dengan jaminan berupa gedung atau bangunan milik perusahaan penerbit
  • Collateral Trust Bonds adalah surat utang yang menggunakan jaminan berupa saham atau surat utang milik penerbit
  • Equipment Trust Certificate yaitu surat utang yang ditujukan untuk pendanaan berbagai aset perusahaan seperti membeli truk, gerbong kereta, atau pesawat yang akan dipinjamkan ke perusahaan.

Anda bisa mengoptimalkan potensi keuntungan investasi obligasi dengan beberapa cara. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda akan mendapatkan kupon sebagai bunga atau imbal hasil investasi yang bisa dicairkan pada periode tertentu. Imbal hasil yang didapat berpotensi lebih besar dibanding bunga dari deposito bank. Selain itu ada keuntungan yang bisa langsung Anda dapatkan dari selisih jual beli surat utang yang diperdagangkan dengan mudah di pasar sekunder. Keuntungan lain tapi bukan dalam bentuk materi yang bisa didapat dengan berinvestasi pada instrumen surat utang adalah keamanan dan jaminan yang didapat dengan membeli surat utang milik negara. Menariknya lagi, instrumen investasi ini bisa anda gunakan sebagai agunan jika dibutuhkan.

Unsecured Bond

Kebalikan dari secured bond, pengertian obligasi jenis unsecured bond adalah surat utang yang tidak memiliki jaminan dengan menggunakan kekayaan atau aset milik penerbit atau disebut juga sebagai surat utang korporasi tanpa jenis apapun. Investor yang membeli surat utang ini sangat mengandalkan kredibilitas perusahaan penerbit. Unsecured bond juga dibagi menjadi tiga jenis turunan, yaitu:

  • Debentures adalah surat surat utang yang hanya diterbitkan oleh perusahaan yang sudah terpercaya.
  • Subordinated Debentures yaitu surat utang yang berada di posisi bawah dari surat utang lainnya. Surat utang ini tidak akan dibayar sebelum surat utang yang diprioritaskan telah dibayar atau dilunasi lebih dulu. 
  • Income Bonds adalah surat utang yang diterbitkan dengan syarat bunga dibayar saat perusahaan memperoleh laba. Jenis surat utang ini digunakan untuk membantu perusahaan yang dianggap kurang berhasil dalam melakukan organisasi ulang.
Artikel Terkait  Perbedaan Laki-laki dan Perempuan dalam Mengelola Keuangan

Sebagaimana instrumen investasi lainnya, obligasi juga memiliki faktor risiko. Penerbit surat utang bisa mengalami kerugian usaha hingga terjadi gagal bayar dan tidak bisa mengembalikan utang saat jatuh tempo. Namun, risiko ini bisa diminimalisir dengan berinvestasi pada surat utang milik negara. Risiko lain yang mungkin terjadi adalah masa jatuh tempo yang panjang menyebabkan penerbit surat utang harus menambah kupon bunga. Jika terjadi peningkatan suku bunga misalnya akibat kondisi politik yang tidak stabil, maka nilai surat utang cenderung turun. Hal ini juga bisa memicu perdagangan surat utang di pasar sekunder menjadi lebih sulit.

Investasi Obligasi Praktis Menggunakan Aplikasi digibank by DBS

Setelah mengetahui pengertian obligasi sebagai instrumen investasi dengan potensi keuntungan besar, kini saatnya Anda mendapatkan produk surat utang untuk mewujudkan tujuan investasi Anda. Berinvestasi di sera digital lebih mudah berkat keberadaan aplikasi investasi digital seperti digibank by DBS yang praktis digunakan hanya melalui smartphone. Anda tidak perlu khawatir dengan aplikasi investasi tersebut, karena terjamin aman dengan adanya surat izin resmi dan transaksinya di bawah pengawasan lembaga pemerintah yang berwenang.

Banyak keuntungan berinvestasi pada instrumen surat utang menggunakan Aplikasi digibank by DBS yang bisa Anda manfaatkan untuk mengoptimalkan keuntungan, antara lain:

  • Investasi mulai  Rp1 juta atau $1000 USD
  • Produk surat utang tersedia lengkap di  pasar perdana dan sekunder
  • Semua transaksi bisa dilakukan menggunakan satu aplikasi saja

Dengan pilihan produk obligasi yang sangat beragam, kini saatnya Anda mewujudkan tujuan investasi. Optimalkan keuntungan investasi menggunakan Aplikasi digibank by DBS yang bisa diakses dengan mudah dan praktis di smartphone Anda. segera manfaatkan sederet keunggulannya dan dapatkan informasi lebih lanjut terkait investasi obligasi di sini.

Artikel Terkait  Cara Merawat Diri dengan Baik. Simak Penjelasannya Ladies!

 


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar