Kompleks Makam Raja-Raja Mataram Kotagede, Wisata dengan Keindahan Tersembunyi

Kompleks Makam Raja-Raja Mataram Kotagede, Wisata dengan Keindahan Tersembunyi. Kotagede merupakan suatu wilayah yang terletak di sebelah selatan Keraton Yogyakarta. Salah satu ikon di daerah ini adalah Kompleks Makam Raja-Raja Mataram Kotagede. Kompleks ini menjadi objek wisata religi yang terkenal di Jogja dan memiliki nilai sejarah yang tinggi karena merupakan tempat peristirahatan terakhir para raja Mataram.

Di dalam kompleks ini terdapat beberapa makam raja termasuk makam Sultan Hadiwijaya, Ki Ageng Pemanahan, Panembahan Senopati, dan Sultan Hamengku Buwono II serta para kerabat dan keturunannya. Di dalam area kompleks makam ini, terdapat juga beberapa bangunan yang memiliki arsitektur khas Jawa seperti gapura paduraksa dan pendopo yang bentuknya sama sejak dulu.

Lokasi Kompleks Makam Raja-Raja Mataram Kotagede

Lokasi Kompleks Makam Raja-Raja Mataram Kotagede ada di Sayangan, Jagalan, Kecamatan Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di dalam kompleks tersebut terdapat Masjid Gedhe Mataram, Makam Raja-raja Mataram, serta Sendang Seliran yang terdiri dari Sendang Kakung dan Sendang Putri. Lokasi ini tidak terlalu mudah ditemukan untuk wisatawan baru yang hendak berkunjung, jadi jika mau datang berkunjung kawan cantik bisa menggunakan google maps ya.

Untuk dapat mengunjungi kompleks makam ini, pengunjung tidak akan dipungut biaya masuk. Namun, pengunjung diharapkan untuk mematuhi aturan yang berlaku, seperti tidak merusak fasilitas dan tidak berperilaku yang tidak sopan.

Jika ingin mengunjungi Kompleks Makam Raja-Raja Mataram Kotagede, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi berbasis aplikasi karena tidak ada kendaraan umum yang bisa menjangkau hingga ke titik lokasi.

Daya Tarik Wisata di Kompleks Makam Raja-Raja Mataram Kotagede

Kompleks Makam Raja-Raja Mataram Kotagede memiliki dua sendang yang terpisah. Sendang ini disebut dengan Sendang Seliran yang merupakan situs berbentuk kolam yang berfungsi sebagai pemandian raja dan keluarga pada masanya. Sendang seliran dibedakan menjadi dua, yakni terdiri dari Sendang Putri dan Sendang Kakung.

Artikel Terkait  Jalannya Perempuan itu Kemana Saja?

Sendang tersebut berada di selatan makam raja-raja Mataram Kotagede dan meskipun berada di lokasi yang sama, namun kedua sendang tersebut berasal dari sumber mata air yang berbeda. Air pada Sendang Kakung berasal dari mata air yang mengalir tepat di bawah makam raja, sedangkan sumber mata air Sendang Putri berasal dari pohon beringin besar yang berada di pintu masuk kompleks makam.

Kompleks Makam Raja-Raja Mataram Kotagede, Wisata dengan Keindahan Tersembunyi
Kompleks Makam Raja-Raja Mataram Kotagede, Wisata dengan Keindahan Tersembunyi

Sedangkan Makam Raja-raja Mataram Kotagede sendiri merupakan tempat yang digunakan sebagai makam para raja dan keluarganya yang pernah bertahta di Kerajaan Mataram Islam. Lokasi makam ini berada tepat di selatan Masjid Gede Mataram. Saat ini kegiatan yang bisa kawan cantik lakukan ketika berkunjung adalah berziarah ke makam keluarga kerajaan terdahulu. Kawan cantik yang akan masuk ke area makam harus menaati aturan yang ada, salah satunya adalah memakai busana jawa dan meminta izin kepada abdi dalem yang sedang berjaga.

Di dekat pintu masuk kompleks terdapat masjid tertua di Yogyakarta, yaitu Masjid Gede Mataram. Masjid ini terdiri dari ruangan yang terbagi menjadi dua yakni inti dan serambi. Pada bangunan utama masjid ini terdapat empat tiang dari kayu yang disebut dengan saka guru dan atapnya berbentuk tajug atau tumpang dengan mustaka di puncaknya.

Di dalam masjid tersimpan bedug tua yang didapatkan pada masa Sultan Agung. Terdapat pula kolam berbentuk parit mengelilingi masjid yang dulunya digunakan sebagai tempat wudhu, namun sekarang sudah tidak difungsikan lagi. Saat ini Masjid Gede Mataram digunakan sebagai tempat melaksanakan kegiatan keagamaan umat Islam.

Saat mengunjungi kompleks makam ini, pengunjung akan merasakan suasana yang tenang dan damai. Selain sebagai tempat berziarah, kompleks makam ini juga sering digunakan untuk kegiatan keagamaan, seperti upacara dan doa bersama. Selain itu, di kompleks makam ini juga sering diadakan acara budaya dan seni seperti pertunjukan wayang kulit.

Artikel Terkait  Mineral Spring Spa

Kompleks Makam Raja-Raja Mataram Kotagede adalah tempat wisata religi yang menarik dan memiliki nilai sejarah yang tinggi. Di sini, pengunjung dapat merasakan suasana yang tenang dan damai serta menambah pengetahuan tentang sejarah dan budaya Jawa. Kawan cantik sudah pernah kesini ?

Tinggalkan komentar