8 Kebiasaan Buruk Saat Memasak yang Harus Dihindari

Memasak merupakan salah satu rutinitas yang banyak dilakukan di rumah. Bahkan saat ini, memasak tidak hanya dilakukan oleh perempuan, laki-laki pun juga banyak yang bisa memasak. Namun untuk menciptakan cita rasa makanan yang enak, sebaiknya hindari kebiasaan buruk saat memasak berikut.

Kegiatan memasak tidak hanya sekedar mengolah bahan makanan dan memasaknya hingga matang. Akan tetapi untuk membuat hidangan dengan cita rasa tinggi, membutuhkan teknik pengolahan serta racikan yang sesuai.

Tak jarang kebiasaan buruk dalam memasak dapat membuat cita rasa dari makanan tersebut menjadi berkurang.Oleh karena itu bagi orang yang jarang atau bahkan tidak pernah memasak, akan menganggap bahwa kegiatan memasak merupakan kegiatan yang ribet dan merepotkan.

Kebiasaan buruk saat memasak yang harus dihindari

Tidak hanya orang yang jarang memasak, orang yang sudah sering memasak pun juga masih banyak melakukan kebiasaan buruk saat memasak yang harus dihindari. Berikut beberapa kebiasaan buruk saat memasak yang harus dihindari:

1. Tidak menunggu wajan hingga panas

Jika memasukkan bahan makanan seperti daging dan sayuran tanpa menunggu wajan hingga panas, dapat membuat bahan makanan tersebut tidak matang secara merata. Hal tersebut juga bisa menghilangkan kelembaban alami pada sayuran.

2. Menggunakan bawang putih terlalu banyak

Banyak orang yang beranggapan bahwa menggunakan banyak bawang putih saat memasak akan membuat makanan semakin enak. Padahal apabila menggunakan bawang putih terlalu banyak, justru bisa merusak cita rasa makanan. Rasa bawang putih yang cukup kuat akan mengalahkan rasa bumbu yang lainnya.

Artikel Terkait  Inspirasi Outfit Ala Selebgram

3. Menggeser bahan makanan menggunakan pisau

Setelah memotong bahan makanan, banyak orang yang terbiasa menggeser bahan makanan tersebut dengan menggunakan bagian tajam pisau. Sebenarnya kebiasaan ini tidak mempengaruhi cita rasa dari masakan tersebut, namun kebiasaan tersebut bisa membuat pisau menjadi cepat tumpul. Gunakan bagian yang tidak tajam pada pisau untuk menggeser bahan makanan yang sudah terpotong.

4. Mengaduk adonan terlalu lama

Ketika membuat kue seperti pancake atau waffle, hindari mengaduk adonan tersebut terlalu lama. Karena apabila mengaduk adonan terlalu lama, justru bisa merusak tekstur adonan yang sudah mengembang.

Untuk mengaduknya, cukup mengaduknya hingga adonan mengembang setelah itu diamkan selama kurang lebih 15 menit sebelum mengolahnya.

5. Menambahkan minyak saat merebus pasta

Banyak orang yang ketika merebus pasta menambahkannya dengan minyak. Hal tersebut bertujuan agar pasta tidak lengket. Namun kebiasaan tersebut sebaiknya jangan dilakukan, karena apabila saat merebus pasta menambahkannya dengan minyak, permukaan pasta akan menjadi licin. Akibatnya saat memasaknya bersama bumbu atau sausnya, bumbu atau saus tersebut akan sulit meresap pada pasta.

6. Selalu menggunakan teflon

Kebiasaan selalu menggunakan teflon untuk memasak semua jenis makanan sebaiknya dihindari. Karena tidak semua masakan cocok menggunakan teflon atau wajan anti lengket saat memasaknya. Hal tersebut karena distribusi panasnya tidak merata. Teflon lebih cocok untuk menggoreng telur, membuat pancake, atau membuat crepes.

7. Tidak memanaskan oven terlebih dahulu

Saat membuat kue, biasanya dalam proses pemanggangan membutuhkan suhu tertentu. Maka sebaiknya sebelum memasukkan adonan kue, panaskan oven terlebih dahulu hingga suhu yang dibutuhkan. Dengan begitu, kue akan matang dengan sempurna.

8. Membuka oven saat proses memanggang

Hindari membuka oven saat proses memanggang kue sedang berlangsung. Karena apabila membuka oven tersebut sebelum selesai memanggang, suhu oven akan turun dan bisa merusak hasil kue.

Artikel Terkait  Wajib Tau! Inilah 8 Cara Menyimpan Daging Agar Bisa Tahan Lama

Itulah beberapa kebiasaan buruk saat memasak yang harus dihindari agar menghasilkan masakan yang lezat serta matang dengan sempurna. ***


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar