Apa Itu AHA BHA? Kenali dan Ketahui Manfaatnya

Untuk memiliki wajah yang cantik dan kulit yang sehat, tentunya memerlukan perawatan kulit yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulit. Untuk mendapatkan kulit yang sehat bisa dengan cara menggunakan produk skincare yang tepat.

Saat ini sudah banyak sekali pilihan produk skincare yang beredar di pasaran. Oleh karena itu, sebelum menggunakannya sebaiknya kita memilih produk skincare yang sesuai dengan kondisi kulit kita. Hal tersebut dilakukan agar bisa mendapatkan manfaat yang terkandung dalam produk tersebut secara maksimal.

Pada sebagian produk skincare, memiliki kandungan AHA BHA. Karena memiliki banyak manfaat, saat ini sudah banyak yang orang yang memilih produk skincare yang memiliki kandungan AHA BHA.

Apa itu AHA BHA?

Pengertian

AHA adalah singkatan dari Alpha Hydroxy Acid, sedangkan BHA adalah Beta Hydroxy Acid. AHA BHA adalah senyawa asam yang sangat efektif untuk eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati.

Produk skincare yang mengandung AHA BHA ini sangat disarankan untuk eksfoliasi kulit. Karena senyawa asam dalam produk tersebut yaitu chemical exfoliator dapat mengangkat kotoran, minyak, serta kulit mati.

Biasanya kandungan AHA BHA terdapat dalam produk skincare seperti produk pelembab, pembersih wajah, serum, masker wajah, dan juga scrub.

Fungsi

Kandungan AHA dalam produk skincare adalah untuk merangsang pertumbuhan kulit baru yang lebih sehat. Selain itu kandungan AHA juga dapat meningkatkan jumlah kolagen pada kulit sehingga kulit menjadi lebih kenyal dan elastis. Kandungan AHA biasanya sering ditemukan pada produk anti penuaan atau anti aging.

Skincare yang memiliki kandungan AHA juga memiliki banyak manfaat untuk kulit, seperti mengecilkan pori-pori, meratakan warna kulit, serta menyamarkan noda hitam. Selain itu kulit juga akan lebih kenyal dan halus.

Artikel Terkait  Review Skincare Animate Whitening Series

Sedangkan kandungan BHA berfungsi untuk menyingkirkan sel kulit mati serta minyak yang berlebih. Hal tersebut lantaran kandungan BHA dapat menyerap masuk ke dalam pori-pori kulit yang lebih dalam. Produk yang memiliki kandungan BHA biasanya terdapat dalam produk skincare untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Kandungan BHA dipercaya mampu mengeringkan jerawat serta mencegah dari timbulnya komedo hitam (blackhead) dan juga komedo putih (whitehead). Tak hanya itu, kandungan BHA juga bisa mengurangi kemerahan pada kulit dan mengurangi produksi sebum yang berlebih.

Cara Memilih skincare dengan kandungan AHA BHA terbaik

Untuk mendapatkan skincare dengan kandungan AHA BHA terbaik, ikuti cara berikut ini.

Ketahui fungsinya

Skincare yang menggunakan kandungan AHA BHA terdapat dua tipe, yaitu peeling serum dan exfoliating toner. Peeling serum  memiliki fungsi utama sebagai pengangkat sel kulit mati. Sedangkan exfoliating toner memberikan efek lebih menyegarkan di wajah

Perhatikan kandungan lain

Pilihlah produk yang memiliki kandungan tambahan air mawar, ekstrak lidah buaya, niacinamide, atau hyaluronic acid agar kulit tidak kering dan tetap terjaga kelembabannya.

Pilih sesuai tipe kulit

Agar hasilnya bisa lebih efektif dan tepat sasaran, pilihlah produk yang sesuai dengan tipe kulit. Untuk kulit wajah yang berminyak, bisa menggunakan produk oil control. Sedangkan untuk kulit yang kering dan kusam, pilihlah produk yang sekaligus menawarkan pelembab dan mencerahkan kulit.

Cek saran penggunaan

Hal yang tak kalah penting adalah memeriksa saran penggunaan dari produk yang mengandung AHA BHA. Hal tersebut dilakukan karena biasanya pada setiap merk memiliki karakteristik yang berbeda.

Jangan sampai salah dalam memilih produk skincare yang akan digunakan. Karena apabila salah memilih, justru bisa berpotensi menimbulkan masalah pada kulit. ***


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar