Urutan Skincare Malam

Skincare atau perawatan wajah biasanya dilakukan wanita secara rutin setiap pagi dan malam hari. Pada umumnya, perawatan pagi dan malam hari memakai basic skincare yang sama yaitu facial wash, toner, serum, dan krim. Namun ada beberapa tambahan skincare yang biasanya dipakai di malam hari. Alasannya karena proses penyerapan di malam hari lebih maksimal sehingga hasilnya lebih memuaskan. Untuk Kawan Cantik yang masih pemula, berikut ini urutan skincare malam yang perlu diketahui:

Urutan Skincare Malam

Sumber : Freepik

Pembersih atau Cleanser

Semua orang menyarankan untuk melakukan double cleansing di pagi maupun malam hari agar kulit bersih sempurna. Apalagi Kawan Cantik habis beraktivitas, jadi akan banyak debu dan kotoran yang menempel di kulit wajah.

Double cleansing sendiri adalah pembersihan ganda dengan dua produk pembersih sekaligus. Di tahap awal, Kawan Cantik bisa membersihkan wajah dengan cleansing oil atau cleansing balm yang berbahan dasar minyak. Jika menginginkan pembersih berbahan air, Kawan Cantik bisa memilih micellar water.

Sabun Cuci Muka atau Facial Foam

Setelah membersihkan kulit wajah menggunakan cleanser, Kawan Cantik akan masuk ke tahap pembersihan selanjutnya. Ada banyak sekali produk facial foam yang bisa Kawan Cantik temukan di pasaran. Pastikan produknya sesuai jenis kulit.

Sabun cuci muka memiliki manfaat untuk membilas sisa minyak yang tidak bisa dibersihkan oleh cleanser. Selain itu, sabun cuci muka juga membantu menyiapkan kulit untuk menerima skincare selanjutnya. Oleh sebab itu, tahapan ini tidak boleh dilewatkan hanya karena merasa malas ke kamar mandi.

Toner

Pada umumnya, ada dua jenis toner yang biasa dipakai oleh wanita yaitu exfoliation toner dan hydrating toner. Exfoliating toner merupakan jenis toner yang berfungsi mengangkat sel kulit mati, komedo, serta mengurangi risiko jerawat. Biasanya mengandung BHA, AHA, dan PHA.

Artikel Terkait  Tips Memilih Masker Malam Sebelum Tidur

Sementara hydrating toner merupakan jenis toner yang paling sering dipakai oleh wanita. Manfaat utamanya untuk mengembalikan kelembapan serta menyeimbangkan kadar keasaman kulit setelah mencuci muka. Kandungan hydrating toner seperti ceramide, hyaluronic acid, serta gliserin.

Serum

Serum termasuk skincare malam yang bersifat opsional. Artinya Kawan Cantik boleh memakainya atau tidak memakainya. Namun jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, akan lebih baik jika Kawan Cantik memakai serum.

Produk skincare satu ini biasanya lebih pekat dibandingkan dengan toner. Manfaatnya spesifik, berbeda dengan toner yang lebih umum. Contohnya serum niacinamide bermanfaat untuk mengatasi kulit kusam dan noda hitam. Karena konsentrasi kandungan aktif lebih tinggi, Kawan Cantik tidak boleh memakainya secara berlebihan.

Krim Mata

Salah satu produk skincare malam yang tidak dipakai di perawatan pagi hari adalah krim mata atau eye cream. Sama seperti serum, krim mata juga bersifat opsional. Biasanya dipakai oleh wanita yang ingin menghilangkan kerutan atau mata panda.

Pakai krim mata secukupnya ke bagian kulit bawah mata. Tips mengaplikasikannya yaitu dengan menepuk lembut. Tujuannya agar krim mata terserap ke dalam kulit dengan mudah. Diamkan selama kurang lebih 3-5 menit sebelum memakai produk selanjutnya.

Krim Malam

Di pagi hari Kawan Cantik perlu memakai day cream atau krim siang. Sedangkan di malam hari, Kawan Cantik harus menggantinya dengan krim malam atau night cream. Satu paket skincare biasanya menjual krim siang maupun krim malam ini.

Krim malam memiliki tekstur kental sehingga cocok dijadikan skincare terakhir dalam perawatan wajah malam hari. Manfaat utamanya untuk melempakan kulit. Selain dipakai di bagian wajah, krim malam biasanya juga bisa dipakai di bagian leher. Lakukan pijatan ringan saat mengoleskannya agar penyerapan bahan aktif berjalan dengan baik.

Artikel Terkait  Serum Bulu Mata dan Alis BPOM yang bisa Dicoba

Sheet Mask atau Sleep Mask

Beberapa wanita melakukan perawatan malam hari sampai ke krim malam saja. Namun ada juga yang melanjutkannya dengan sheet mask atau sleep mask. Kawan Cantik yang menginginkan perawatan maksimal bisa mencoba skincare satu ini.

Sheet mask atau sleep mask paling banyak dilakukan oleh pemilik kulit kering agar kulitnya lebih sehat. Kebanyakan sheet mask atau sleep mask tidak perlu dibilas sehingga praktis untuk dipakai.

Itulah urutan skincare malam yang perlu Kawan Cantik ketahui. Selain mengetahui urutan pemakaiannya, Kawan Cantik juga harus bisa memilih produk skincare yang tepat. Pastikan pilihan produknya sesuai dengan kondisi dan jenis kulit.

Tinggalkan komentar