Buka Puasa Pertama, Buat Hari itu Spesial Yuk!

Buka puasa pertama, menjadi hal yang terbarukan setiap tahunnya. Istimewa, pasti karena berkaitan dengan hari pertama atau perdana buka puasa di bulan Ramadhan. Ingat sendiri, bahwa bulan Ramadhan adalah bulan penuh istimewa dan perlu dirayakan dengan maksimal (khusyuk).

Hal menyenangkan ini, pastikan diisi oleh orang-orang tersayang dan jangan sampai telat menu terbaikmu untuk melengkapinya. Menu makanan yang disukai anggota keluarga, menjadi pilihan terbaik, agar semua merasakan kesenangannya. Seperti apa masakannya?

1. Ayam Kecap

Menu masakan ini, cukup mudah dibuat. Karena menggunakan bahan yang sudah dikenal banyak orang dan disukai banyak orang. Dan bumbunya juga simpel, dengan bumbu utama berupa kecap sebagai pemanisnya. Untuk tahu bahan-bahannya, bisa cek berikut:

2 sdm margarin, 1 bawang Bombay (dipotong dadu), 3 siung bawang putih (digeprek), 1 ekor ayam (dipotong-potong sesuai ukuran pas), 2 cabai merah (buang bijinya dan iris tipis-tipis), 2 sdm kecap manis dan 1 sdt garam, 1/2 sdt merica bubuk, 1 buah tomat (potong-potong kecil), dan 150 ml air.

2. Ayam Krispi Saus Teriyaki

Resep Ayam Krispi Saus Teriyaki, memiliki ciri khas tepung yang kriuk-kriuk dan ditambah saus teriyaki yang siap menendang di mulut. Cara buatnya cukup simpel, cocok untuk buka puasa pertamamu di bulan Ramadhan ini. Bahan utama, pastinya ayam (bisa 10 potong paha ayam).

Ditambah, 1 buah jeruk nipis. Untuk bahan tepungnya, bisa 100 gram tepung ayam krispi, 2 sdm tepung terigu. Untuk bahan saus, bisa menggunakan 2 sdm saus teriyaki, 1 sdm saus tiram, 1 sdm saus cabai, dan air secukupnya. Cara membuatnya, bisa di Youtube atau artikel ternama (valid).

Artikel Terkait  Rekomendasi Kado Sederhana Berkesan Untuk Sahabat Perempuan

3. Ikan Goreng Siram Sayur

Ikan goreng yang disiram dengan kuah sayur, mantap untuk santapanmu di buka pertama. Di lidah tidak seret dan enak di lambung, karena bisa merasakan kuah sekaligus nikmat rasa ikan laut. Bahannya berupa, 2 ekor ikan kerapu, 1 buah jeruk nipis, 1 buah cabai merah besar, 1/2 buah bawang Bombay.

Ada juga bahan 1 buah paprika, 3 batang daun bawang, 2 sdm tepung terigu, dan 1 sdt garam. Untuk bumbu, bahannya adalah 4 siung bawang putih, 1 sdm saus tomat, 1 sdm kecap asin, gula secukupnya, 2 sdm minyak wijen, dan minyak goreng secukupnya. Cara membuatnya, bisa cek di Youtube.

4. Udang Bumbu Rendang

Udang dibumbui bumbu rendang? Apakah enak? Ternyata enak, dengan bahan yang cukup simpel. Dimana, bahannya berupa 500 gram udang (ukuran sedang), 3 lembar daun jeruk, garam secukupnya, 1 batang serai, 1 sdt gula merah, dan gula pasir secukupnya.

Ditambah 1 sdm kaldu bubuk, 130 ml santan encer, dan 100 ml santan kental. Ada bumbu yang perlu dihaluskan, diantaranya: 4 buah cabai merah, 4 siung bawang putih, 1 sdt ketumbar bubuk, 1 ruas kunyit, 3 butir kemiri, dan 1 ruas jahe. Cara membuat bisa cek di Youtube.

5. Sop Ayam

Sop ayam, pakai ayam kampung agar hasil lebih maksimal, dan rasanya tetap dengan dilengkapi tekstur ayam yang tidak gampang hancur. Terdapat 3 bahan, dan bahan pelengkap. Cukup rumit dan banyak dalam membuatnya, jadi bagi kamu yang punya waktu luang bisa membuat masakan ini.

Bahan A, dimulai dari 150 gram ayam potong kecil-kecil, 1 buah wortel, dan 250 ml air untuk merebus ayam. Bahan B, dimulai dari 4 siung bawang putih (digeprek), 2 cm jahe (digeprek), 2 cm lengkuas (digeprek), 2 lembar daun jeruk, dan lain-lain, bisa dicek di Youtube untuk lebih lengkapnya.

Artikel Terkait  Resep Tumis Brokoli Wortel Pilihan

6. Sambal Cumi Balado

Sambal cumi balado, bagi yang bosan dengan bahan perdagingan, bisa pakai cumi-cumi sebagai alternatif baru dan agar tidak bosan untuk menu harianmu. Menu ini, cocok untuk buka puasa, karena tidak terlalu berat dan gizinya sangat baik untuk tubuh.

Bahannya, dimulai dari 300 gr cumi asin, 5 lembar daun jeruk, 1 batang serai, 5 siung bawang putih, 2 lembar daun salam, 2 buah terasi, 10 siung bawang merah, 20 bh cabai rawit, 8 cabai merah besar, 2 sdt gula pasir, 1 sdt garam, 50 ml minyak goreng, 1 buah jeruk limau, dan 1 sdt kaldu jamur.

Itulah, 6 menu masakan yang bisa dicoba untuk buka puasa pertama Ramadhanmu. Semangat.

 


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar