7 Tips Mengelola Keuangan untuk Bebas dari Hutang

Bebas dari hutang merupakan keinginan setiap orang. Namun tak jarang untuk memenuhi kebutuhan hidup, seseorang harus meminjam uang atau hutang kepada orang lain. 

Dengan hutang atau meminjam uang, mungkin bisa membantu saat terjadi masalah keuangan. Akan tetapi jangan sampai hutang menjadi kebiasaan yang terus dilakukan. Karena apabila terlalu banyak hutang, bukannya membantu tetapi justru bisa menjadi masalah baru. Belum lagi jika orang yang berhutang tidak bisa membayar. Tentunya bisa membuat keadaan menjadi runyam.

Kebiasaan berhutang tersebut bisa terjadi karena memiliki gaya hidup yang konsumtif, sehingga bisa membuat pengeluaran menjadi membengkak. Karena gaya hidup tersebut, bisa menyebabkan terlilit hutang yang membengkak pula.

Tips mengelola keuangan agar bebas dari hutang

Agar terhindar dari kebiasaan berhutang dan bebas dari hutang, ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Buat anggaran keuangan

Penyebab utama memiliki hutang adalah pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Untuk itu sebaiknya buatlah rencana anggaran keuangan. Namun dalam membuat anggaran keuangan, jangan sampai pengeluaran lebih besar dari pendapatan. Dengan begitu keuangan bisa lebih tertata dan bisa membantu terhindar dari hutang.

2. Buat daftar belanja

Saat pergi berbelanja, sudah sering terjadi barang belanjaan membengkak dan tidak sesuai dengan rencana awal. Terlebih lagi apabila tergiur dengan diskon yang mereka tawarkan. Bisa jadi akhirnya kita membeli barang tersebut padahal tidak membutuhkannya.

Artikel Terkait  Kenali Asuransi, Pengertian dan Jenis-jenisnya!

Untuk menghindari hal tersebut maka buatlah daftar barang yang akan dibeli. Dengan membuat daftar belanja, akan meminimalisir atau bahkan tidak akan membeli barang-barang lain yang tidak perlu.

3. Beri jeda waktu ketika hendak berbelanja di luar anggaran

Penjual akan melakukan berbagai cara untuk menarik para pembeli, salah satunya adalah memberikan diskon. Ketika tergiur untuk membeli barang diskon yang sebenarnya tidak kita butuhkan, berilah jeda waktu sebelum memutuskan untuk membeli barang tersebut. Karena biasanya jika barang tersebut tidak terlalu penting, setelah memberi jeda waktu keinginan untuk membeli barang tersebut hilang.

4. Menabung dulu baru membeli

Saat ini sudah banyak penjual yang menyediakan pembayaran dengan cicilan saat membeli suatu barang. Metode pembayaran dengan cicilan tersebut memang membantu apabila uang yang kita miliki kurang. Namun apabila hal tersebut terus dilakukan dalam jumlah yang banyak, maka bisa-bisa tagihan setiap bulannya menjadi membengkak.

Untuk menghindari hal tersebut, cobalah mulai saat ini budayakan menabung terlebih dahulu baru membeli. Dengan begitu kita bisa membeli barang yang kita butuhkan tanpa berhutang.

5. Jangan gunakan kartu kredit

Memiliki kartu kredit mungkin bisa membantu karena bisa memberikan kebebasan finansial ekstra. Akan tetapi jika tidak hati-hati dalam menggunakannya, tagihan yang ada bisa membengkak dan sulit untuk membayarnya. Untuk itu, sebaiknya jangan gunakan kartu kredit.

6. Bayar hutang dari yang terkecil

Apabila kita sudah terlanjur memiliki banyak hutang, maka cobalah bayar hutang tersebut dari nominal yang terkecil dahulu. Setelah hutang dengan nominal kecil sudah lunas, maka mulailah untuk membayar hutang dengan nominal yang lebih besar. Lambat laun hutang-hutang tersebut pun bisa lunas semua apabila kita konsisten untuk membayarnya.

Artikel Terkait  Solusi Layanan BCA untuk Kebutuhan Pembiayaan Mobil

7. Bentuk kebiasaan keuangan sehat

Setelah semua hutang terbayarkan, selanjutnya bentuk kebiasaan keuangan sehat. Hal tersebut dilakukan agar kita tidak kembali terlilit hutang. Kebiasaan keuangan sehat tersebut contohnya memangkas biaya yang membengkak, membelanjakan uang dengan bijak, dan tahu cara mengendalikan uang dengan baik. Karena hidup tanpa hutang akan terasa lebih tenang dan membahagiakan. ***


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar