8 Tips Memanfaatkan Uang Sisa THR dengan Baik, Agar Tidak Hanya Numpang Lewat

Bagi sebagian orang, momen lebaran dapat membuat pemasukan menjadi lebih banyak. Karena biasanya pada momen lebaran tersebut banyak yang mendapatkan angpao lebaran dari sanak saudara. Bagi yang sudah bekerja pun biasanya akan mendapat Tunjangan Hari Raya (THR) dari kantor.

Oleh karena itu, banyak orang yang sudah menunggu-nunggu momen lebaran agar bisa mendapatkan THR dari kantor. Karena biasanya kantor memberikan THR menjelang hari raya seperti hari raya Idul Fitri atau Natal.

Agar uang THR tersebut tidak langsung habis dalam waktu singkat, maka sebaiknya gunakan secara bijak. Pastikan gunakan uang tersebut untuk kebutuhan sesuai prioritas. Hal tersebut agar THR yang ada bisa bermanfaat dan tidak langsung habis dalam waktu singkat.

Tips memanfaatkan uang THR dengan baik

Apabila setelah menggunakannya untuk membeli kebutuhan hari raya dan uang THR masih sisa, berikut beberapa tips memanfaatkan uang THR dengan baik.

1. Membayar cicilan atau hutang

Cicilan atau hutang merupakan tanggungan yang wajib kita bayar atau penuhi. Dengan memanfaatkan uang sisa THR untuk membayar cicilan atau hutang yang belum terbayar maka akan mengurangi beban pikiran dan meringankan tanggungan.

2. Investasi

Uang sisa THR juga dapat dialokasikan untuk melakukan investasi. Investasi tersebut dapat dalam bentuk saham, deposito, reksadana, maupun investasi emas. Namun sebelum melakukan investasi pastikan terlebih dahulu untuk mempelajari dan memahami investasi tersebut.

3. Menambah dana darurat

Bagi setiap orang sangat penting untuk memiliki dana darurat. Dengan memiliki dana darurat, kita tidak akan kebingungan apabila tiba-tiba membutuhkan biaya seperti kebutuhan darurat medis dan kebutuhan mendadak lainnya. Uang THR yang masih sisa juga bisa untuk menambah dana darurat supaya memberikan rasa aman dan tenang dalam menghadapi situasi tak terduga.

Artikel Terkait  Kini Cicil Biaya Pendidikan Anak Bisa Pakai JULO

4. Menambah dana pendidikan

Pendidikan merupakan investasi yang sangat penting untuk masa depan. Dengan menambah dana pendidikan dari uang THR tersebut dapat membantu mengurangi beban biaya pendidikan yang harus dibayar.

5. Meningkatkan skill atau hobi

Kita juga bisa memanfaatkan uang THR untuk meningkatkan skill atau hobi. Dengan uang tersebut kita bisa membeli peralatan untuk menunjang skill atau hobi maupun untuk mengikuti kursus sesuai hobi kita.

6. Membeli kebutuhan

Apabila terdapat kebutuhan penting yang sebelumnya belum bisa membelinya, uang THR yang ada bisa dimanfaatkan untuk membeli kebutuhan tersebut.

7. Membantu orang lain

Sebagai seorang manusia, membantu orang lain merupakan tindakan yang sebaiknya kita lakukan. Untuk memberikan bantuan kepada orang lain tersebut dapat berupa uang maupun barang yang bermanfaat. Sehingga akan sangat baik apabila menggunakan uang THR untuk membantu orang lain.

8. Menabung

Agar uang THR tidak langsung habis, memasukkan uang sisa THR ke dalam tabungan juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan begitu jumlah tabungan bisa bertambah. Karena menabung sangat dianjurkan, bahkan bukan hanya ketika ada sisa uang THR saja.

Itulah beberapa tips memanfaatkan uang THR dengan baik agar tidak hanya ‘numpang lewat’ atau langsung habis.

Di sisi lain, dengan uang angpao lebaran atau THR yang anak-anak dapatkan dari sanak saudara juga bisa kita manfaatkan untuk mengajarkan menabung kepada anak-anak. Apabila sedari kecil sudah mengenal menabung, harapannya ia akan terus membiasakan menabung hingga dewasa kelak.

Karena jika menuruti untuk membeli mainan atau jajanan maka uang angpao lebaran tersebut juga akan cepat habis. Boleh saja membeli mainan dari uang tersebut, namun usahakan tetap ada sebagian yang untuk menabung. ***


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar