Suka Merawat Tanaman Hias? Perhatikan Hal Ini

Tanaman hias adalah semua tumbuhan yang dipelihara untuk memberikan kesan indah. Dengan segala bentuk, baik itu berbentuk merambat, perdu, pohon,bahkan semak, yang sengaja ditanam dan dirawat kebanyakan orang sebagai pelengkap komponen taman dan kebun sekitar lingkungan rumah. Tanaman hias juga digunakan sebagai hiasan, untuk kebutuhan upacara, komponen penunjang riasan/busana, jika berbentuk bunga dapat dijadikan sebagai karangan bunga,dan tentunya untuk memperindah dan mempercantik rumah kita supaya segar dan enak dipandang sepanjang hari.

Akan lebih menarik,dan juga terjaga keindahannya apabila tanaman hias yang kita tanam selalu terawat dan dalam kondisi baik. Karena selain mempercantik pandangan kita banyak manfaat yang bisa kita dapatkan ketika kita mampu merawat, dan menjaga tanaman hias tentunya dengan langkah-langkah yang tepat tanpa merusak keaslian dan keindahan daripada tanaman itu sendiri.

Tren merawat tanaman hias kini sedang banyak digandrungi semua kalangan ya cantik. Sebagian masyarakat mencari kegiatan yang tentunya bermanfaat dan positif. Memelihara tanaman hias salah satunya

Tidak bisa dipungkiri ya,ketika kita merawat tanaman hias dan kita melihat proses pertumbuhannya akan menimbulkan kebahagiaan dan kepuasaan tersendiri. Selain itu manfaatnya lebih kepada kesehatan batin dan juga mental pemiliknya.

CARA MERAWAT TANAMAN HIAS 

cara merawat tanaman hias

Dibutuhkan trik yang tepat dan jitu, untuk merawat tanaman hias itu sendiri, karena segala upaya untuk mencapai hasil yang maksimal dan memuaskan tentunya dibutuhkan usaha dan kerja keras. Berikut beberapa trik upaya perawatan tanaman hias :

  1. Memiliki komitmen, komitmen awalnya seperti apa sama hal nya dengan manusia harus ada komitmen,begitu juga dengan calon tanaman yang akan kita rawat tentunya,komitmen apakah bisa dan ada waktu untuk benar -benar merawat tanaman hias?
  2. Paham terhadap kondisi dan jenis tanaman
  3. Harus suka/ cinta dulu dengan tanaman, karena segala sesuatu yang menggunakan hati itu akan lebih nyata hasilnya.
  4. Menyediakan tempat yang sesuai, sesuai dengan jenis tanaman hias apa yang bisa di tanam atau yang cocok dengan lingkungan rumah kita.(kenali jenis tanaman hias)
  5. Tentukan media penanaman yang tepat
  6. Lakukan penyiraman tanaman hias dan juga pemupukan tanaman hias sesuai dengan porsinya. Sesuai dengan kebutuhan setiap jenis tanaman.
  7. Jemur secara teratur tanaman hias, gunanya untuk memudahkan tanaman melakukan fotosintesis. Meskipun ada jenis tanaman yang cocok di indoor tetap saja memerlukan sinar matahari.
  8. Jaga dan perhatikan kelembaban udara
  9. Lakukan Repotting, atau memindahkan tanaman hias ke pot yang lebih besar 
  10. Rawat dan jaga selalu kebersihan lingkungan tanaman hias 
  11. Dan jangan lupa pangkas tanaman hias secara berkala.
Artikel Terkait  10 Kreasi Kerajinan Kardus yang Wajib Di Coba

MANFAAT MERAWAT TANAMAN HIAS :

Merawat tanaman hias agar tumbuh subur, segar, sehat dan indah memang tidak mudah. Dan tentunya akan memerlukan waktu yang tidak singkat ya kawan cantik. Dibutuhkan kesabaran, ketelatenan, keuletan dan konsentrasi yang matang

Jika tidak dirawat dengan benar maka tanaman hias akan cepat layu kemudian mati. Sederet manfaat positif dari merawat tanaman hias diantaranya adalah :

  • Meredakan stres,salah satunya sebagai alternatif paling simple untuk meredakan stress karena bisa menjadikan pikiran lebih positif 
  • Mendapatkan kualitas udara yang lebih bersih dan sehat,karena sebagai sumber oksigen yang utama dan terbaik.
  • Meningkatkan konsentrasi
  • Untuk meningkatkan produktivitas
  • Untuk memperbaiki suasana hati dan juga menjaga daya tahan tubuh

Merawat tanaman hias tidak hanya sekedar menanam dan menyiram setiap hari,banyak proses dan tahapan yang harus dikenali dan dilakukan pencintanya. Salah satu faktor pendukung adalah ketika kita menyenangi,menggeluti suatu bidang apapun itu yang utama adalah suport yang paling utama dekat dengan kita yaitu keluarga. Sehingga bisa saling mendukung satu sama lain hal itu akan jauh lebih menyenangkan,dan akan berpengaruh kepada hasilnya nanti.

Jangan salah loh cantik, ga hanya sekedar mengoleksinya saja budidaya tanaman hias adalah salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Karena semakin hari peminatnya semakin meroket, tidak jarang beberapa jenis tanaman muncul menjadi primadona dan diburu kolektor dari waktu ke waktu. 

Lewat usaha tanaman hias kalian bisa mendapatkan keuntungan dan pemasukan loh, yuk tunggu apalagi bisa dilakukan dirumah. Bisa dilakukan di sela pekerjaan rumah sembari bersantai sekaligus memberikan dampak yang positif.

Satu pemikiran pada “Suka Merawat Tanaman Hias? Perhatikan Hal Ini”

Tinggalkan komentar