Lebih Baik Beli Rumah Baru atau Membangun Rumah? Cek Jawabannya!

Mempunyai rumah merupakan impian bagi setiap orang. Namun, dalam mewujudkan impian tersebut tentu bukanlah perkara yang mudah. Bukan hanya perlu biaya yang jumlahnya tidak sedikit, kamu bahkan harus berpikir panjang dan bijak. Ini juga yang membuat sebagian besar orang merasa bingung antara beli rumah yang sudah jadi atau bangun rumah dari nol.

Nah, jika telah memikirkan berkali-kali namun kamu belum menemukan jawabannya, sebaiknya simak kelebihan dan kekurangan beli rumah maupun bangun rumah pada ulasan berikut ini.

Kelebihan Membeli Rumah 

Boleh dikatakan membeli rumah adalah pencapaian besar dalam kehidupan seseorang. Sebab ini merupakan sebuah langkah yang tidak hanya berdampak pada keuangan, tetapi juga pada kenyamanan dan kualitas hidup secara keseluruhan. Langkah ini juga menandai awal dari perjalanan menuju tempat yang kamu sebut dengan “rumah”. Sebuah tempat di mana cerita kehidupanmu akan terus berkembang bersama orang-orang yang kamu cintai.

Lantas apa sebenarnya kelebihan membeli rumah ini jika dibandingkan dengan membangun rumah sendiri?

  • Waktu yang Dapat Kamu Sesuaikan

Membeli rumah yang sudah jadi memungkinkan kamu untuk segera memiliki tempat tinggal. Kamu tak perlu lagi menunggu proses pembangunan selesai. Hal ini tentunya sangat cocok bagi kamu yang telah memiliki kesiapan dana dan  ingin segera menetap, memiliki waktu yang terbatas dan memiliki dana yang telah siap. 

  • Biaya Awal yang Lebih Rendah

Meskipun harga jual rumah yang sudah jadi sangat bervariasi, dalam banyak kasus, biaya awal untuk membeli rumah yang sudah ada lebih rendah dibandingkan dengan membangun rumah baru. Hal ini karena kamu tidak perlu memikirkan biaya pembangunan, perizinan, atau biaya tambahan berkaitan dengan proses membangun rumah dari awal.

Artikel Terkait  Hal-hal Apa yang Harus Dilakukan Cewek saat Cowok Marah?

Kekurangan Membeli Rumah

Nyatanya, bukan hanya ada kelebihan saja, membeli rumah juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah:

  • Desain Terbatas 

Kamu mungkin harus mengorbankan beberapa preferensi desain karena rumah yang sudah jadi mungkin tidak sepenuhnya sesuai dengan keinginanmu. Bisa jadi kamu akan melakukan beberapa perubahan besar yang tentunya memerlukan biaya tambahan dan mungkin tidak sedikit nominalnya.

  • Perawatan dan Perbaikan 

Rumah yang sudah ada mungkin memerlukan perbaikan dan pemeliharaan tambahan, terutama jika rumah tersebut sudah tua atau pernah ditinggali sebelumnya. Ini bisa menjadi beban tambahan secara finansial dan cukup memakan waktu ketika proses renovasi. 

Kelebihan Membangun Rumah 

layanan bank digital beli rumah baru

Mungkin kamu berpikir ah, daripada membeli rumah lebih bagus membangun dan merenovasinya dengan mendesain rumah sesuai keinginan. Tak ada salahnya jika kamu berpikir seperti ini sebab membangun rumah sendiri memberikan kamu banyak kebebasan untuk menentukan pilihan. Salah satunya adalah kamu bisa punya rumah sesuai dengan tipe idamanmu. 

Oleh karenanya bisa dikatakan membangun rumah dengan merupakan pilihan terbaik. Apalagi pilihan untuk membangun rumah menawarkan beberapa kelebihan, diantaranya:

  • Desain Sesuai dengan Selera 

Salah satu keuntungan terbesar membangun rumah adalah kamu punya kemampuan untuk sepenuhnya menyesuaikan desain rumah sesuai dengan keinginanmu. Sebut saja mulai dari tata letak hingga bahan bangunan, semuanya bisa kamu atur sesuai dengan keinginan dan budget yang sudah kamu simpan dalam sebuah bank digital

  • Kualitas Baru 

Meskipun banyak rumah siap huni berada dalam kondisi baru, namun biasanya tetap memerlukan beberapa perawatan. Sementara itu, ketika membangun rumah, umumnya kamu tak memerlukan perawatan di tahap awal karena semua komponen dan sistemnya baru. Dengan begitu kamu dapat mengurangi biaya perbaikan jangka pendek.

Artikel Terkait  Model Baju Bridesmaid. Kenali Kriteriamu, agar Pas dengan Pakaian Ini!

Kekurangan Membangun Rumah

Membangun rumah memang cenderung lebih memuaskan namun tak bisa dipungkiri membangun rumah juga punya kekurangan yang harus kamu pertimbangkan, yakni: 

  • Biaya Awal yang Lebih Tinggi 

Membangun rumah baru biasanya memerlukan investasi awal yang lebih besar daripada membeli rumah yang sudah ada. Apalagi jika kamu menginginkan fitur-fitur khusus berbasis teknologi atau ingin menggunakan bahan bangunan yang mahal. 

  • Memakan Waktu Lebih Lama 

Berbeda dengan membeli rumah yang sudah jadi, proses membangun rumah bisa memakan waktu. Utamanya jika terjadi keterlambatan atau masalah konstruksi. Mau tak mau, kamu harus selalu mengawasi proyek konstruksi dan ini bisa sangat menyita waktu juga menuntut perhatian lebih.

  • Lokasi Belum Tentu Terjamin 

Jika membangun rumah baru di lahan kosong, tidak ada jaminan bahwa lingkungan sekitarnya akan tetap sama seperti yang kamu harapkan di masa depan. Bisa saja terjadi perubahan infrastruktur atau perkembangan baru dan ini tentunya dapat memengaruhi kualitas hidup di area tersebut.

Nah, dari ulasan mengenai membeli atau membangun rumah ini, sebaiknya kamu pertimbangkan cara bijak sebelum mengambil keputusan. Jika memiliki dana yang cukup kamu bisa membangun rumah dari nol. Namun, apabila dana terbatas, it is better jika kamu membeli rumah yang sudah jadi, kemudian merenovasinya secara perlahan. Alasannya sudah pasti lebih hemat dan dana yang kamu butuhkan bisa diatur budgetnya. 

Apalagi saat ini sudah ada digibank by DBS, layanan bank digital yang bisa bantu kamu untuk renovasi rumah dengan digibank KTA cukup approval 60 detik. Dana yang diberikan hingga 200 juta ke rekening digibank kamu, yang mana dapat langsung digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari bayar interior designer, beli bahan dan perlengkapan rumah dan lain sebagainya. 

Artikel Terkait  Bau Toilet? Ini Dia Pemicunya

Kalaupun kamu harus bayar kontraktor atau vendor, kamu bisa memanfaatkan transfer gratis tanpa kuota ke bank masa saja. Begitu juga jika kamu ingin membayar tagihan yang jelas-jelas sangat praktis karena sudah terhubung dengan rekening digibank by DBS. So, cukup isi saja saldomu nanti tagihan akan terpotong otomatis. 

Bukan hanya itu, bank digital digibank by DBS ini juga sudah dilengkapi dengan fitur digibank QRIS, kamu jadi lebih sat set saat membayar di kasir untuk setiap pembelian kebutuhan interior rumah di beberapa merchant. Untuk berbelanja di e-commerce pun jadi lebih gampang. Tinggal to up e-wallet dengan dana yang kamu miliki memakai Fitur Bayar & Beli. Jadi tunggu apa lagi, yuk gunakan digibank by DBS, info lengkapnya cek di sini!


Ingin produk/website Anda kami ulas? Silahkan klik tombol dibawah ini


Tinggalkan komentar