Penurun Panas Demam Alami pada Bayi dan Balita

Panas demam anak adalah reaksi alami tubuh yang berusaha untuk melawan virus atau infeksi. Demam tidak dianggap sebagai sebuah penyakit tetapi biasanya merupakan gejala dari sebuah gangguan kesehatan atau infeksi. 

Bagian dari otak yang disebut hipotalamus berfungsi untuk mengontrol suhu tubuh kita. Saat tubuh menghadapi penyakit atau virus tertentu, maka hipotalamus akan meningkatkan suhu tubuh untuk meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh dalam memerangi infeksi.

Orang tua mana yang tidak panik ketika buah hati kita tiba-tiba badannya panas demam tinggi,apalagi disertai dengan batuk pilek pasti semakin risau ya kawan cantik?

Karena bayi dan balita menjadi lebih rewel tentunya para orang tua pasti akan panik, cemas, khawatir sehingga justru tidak mampu mengatasinya dengan baik, jangan dulu panik ya kawan cantik, penting banget bagi setiap orang tua untuk mengetahui cara penanganannya yang lebih efektif dan efisien.

Apa Penyebab Panas Demam Bayi dan Balita?

Demam rentan terjadi pada bayi dan balita. Kebanyakan demam pada anak disebabkan oleh infeksi atau penyakit tertentu, namun bisa dikarenakan hal lain berikut adalah beberapa penyebab panas demam pada bayi dan balita.

Tubuh Si Kecil Melawan Kuman Penyakit

Suhu tubuh yang tinggi dapat mempersulit bakteri dan virus penyebab infeksi untuk bertahan hidup. Oleh karena itu, bisa jadi demam pada anak merupakan bentuk pertahanan tubuh yang berarti baik.

Disebabkan Imunisasi

Bayi demam setelah imunisasi memang bisa terjadi pada beberapa imunisasi. Hal ini biasanya muncul setelah anak mendapatkan vaksin-vaksin tertentu, seperti vaksin campak, vaksin DPT dan vaksin meningitis B. Demam setelah imunisasi umumnya muncul 24 jam setelah vaksin diberikan dan berlangsung sekitar 1–2 hari.

Artikel Terkait  Pilihan Obat Vertigo yang Bagus di Apotik

Sakit

Flu disertai batuk ,ketika bayi dan balita sedang flu berat, radang amandel juga dapat menyebabkan tubuh si kecil demam, selain itu juga bisa terjadi karena infeksi lainnya yang disebabkan virus dan bakteri.

Seperti yang kita tahu, daya tahan dan kekebalan tubuh bayi masih sangat lemah. Oleh sebab itu, mereka lebih sering dan lebih mudah terkena demam, pilek serta batuk. Namun, kawan cantik tidak perlu khawatir, ada banyak cara untuk mengatasinya.

Cara Menurunkan Panas Anak, Cepat dan Aman

penurun panas demam anak alami

Obat mungkin bisa jadi solusi terakhir untuk mengatasi demam dan pilek pada bayi, tapi itu opsi terakhir. Jangan terlalu sering memberi obat pada bayi ketika ia sakit, terutama pada bayi berusia di bawah 2 tahun.

Sebelum menjatuhkan pilihan mengatasi demam dan pilek pada bayi pada obat, bisa mencoba melakukan perawatan alami di rumah yang jauh lebih aman dibanding obat. Bahkan, perawatan ini juga sangat mudah dilakukan.

Cara Alami Redakan Demam pada Bayi dan Balita

Berikut cara mengatasi demam dan pilek pada anak yang praktis dan aman, serta bisa dilakukan di rumah.

  1. Saat panas demam terjadi pada bayi sebaiknya moms rutin memberikan asi kepada si kecil 
  2. Apabila panas demam disertai batuk dan pilek Moms bisa Menggunakan Penyedot Ingus.
  3. Kompres menggunakan Daun dadap serep (daun herbal alami yang biasa digunakan sebagai pertolongan pertama saat balita terkena panas demam yang tinggi).
  4. Terapi uap dengan menggunakan air hangat dan minyak telon/minyak kayu putih supaya pernapasan menjadi lebih lega.
  5. Usahakan bayi dan balita tetap mendapatkan udara yang dingin,dingin dalam arti masih dalam suhu yang normal.(jaga kamar tetap dalam kondisi sejuk)
  6. Balurkan bawang merah dan juga minyak telon.
  7. Memakai pakaian yang tidak terlalu tebal dan tertutup.
  8. Rutin lap atau mandikan bayi dan balita dengan air hangat.
  9. Pastikan anak dalam kondisi istirahat yang cukup.
  10. Bayi dan balita harus diberikan asupan makanan yang bergizi.
Artikel Terkait  Aman Beli Obat Online Berkat PSEF SehatQ

Kondisi yang kerap dialami oleh bayi ketika ia demam dan pilek adalah ingus yang terus menerus keluar dari hidung. Bagi orang dewasa, masalah ingus mungkin bisa diatasi tanpa perlu bantuan orang lain. Berbeda dengan bayi yang belum bisa melakukan hal tersebut sendiri.

Ketika berurusan dengan ingus bayi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orangtua. Salah satunya dengan alat penyedot ingus khusus untuk bayi. Membersihkan ingus bayi dengan alat ini jauh lebih aman dibanding dengan cara konvensional, seperti mengusap ingus dengan kain atau tisu.

Hal yang Perlu Diwaspadai saat Anak Panas Demam

Panas demam pada anak memang sering naik turun ya moms,terkadang sudah lega panas mulai turun tapi ternyata panas kembali meninggi. Kenali dan waspadai jika panas pada anak sudah melebihi batas wajar. Seperti ketika Anak mulai Dehidrasi, kejang-kejang, sesak nafas,hilang kesadaran sebaiknya segera bawa bayi dan balita ke bidan terdekat ya moms. Agar segera mendapatkan penanganan lebih lengkap.

Tinggalkan komentar